Kamis, 10 Februari 2022

KELAS INFORMATIKA BERSAMA KOGTIK PGRI

KELAS INFORMATIKA BERSAMA KOGTIK PGRI

RESUME PERTEMUAN KE 4

SABTU,5 FEBRUARI 2022

PUKUL 13.00-16.00

 NARASUMBER ; FEBI FERRIADI


Alhamdulillah sudah sampai pada pertemuan ke-4, mulai tanggal 5 februari 22, yang dinarasumberi oleh seorang guru hebat.

Narasumber   kita bernama FEBI FERRIADI seorang  penulis buku dan guru hebat pengajar di smk , ahli mikrokontroler ahli robotik , PADA JENJANG SMK, PENGAJAR DI SMK  2 TASIKMALAYA .

 Materi yang akan dibahas meliputi:

1. membahas mengenai konsep dasar  informatika,  (logika dan informatika serta  peta minda). 2. Pengolahan informasi Digital (mengetik 10hari,  perangkat lunak pengolah angka, perangkat lunak pengolah data, poerangkat lunak pengolahan presentasi, selanjutnya Buku Digital) 

3. Komunikasi dan kolaborasi dalam jaringan (kewargaan digital, internet safety, virus komputer, creative commons))

4. Visualisasi konsep ( pasca produksi, sinopsis, memproduksi video ,musik digital, alur proses pembuiatan video, creative commors, teknik penelusuran)

berikut link , sebagai materi  pelengkap, semoga bermanfaat

https://youtu.be/-3Avfmcf7gs



SALAM SEHAT SALAM LITERASI

ALGORITMA DAN PEMPROGRAMAN PASCAL DAN DAMPAK SOSIAL TIK(KELAS X SMA)

KELAS INFORMATIKA SMA BERSAMA KOGTIK PGRI

RESUME PERTEMUAN KE 2

SABTU, 29 JANUARI 2022

PUKUL 13.00-16.00

TEMA:  ALGORITMA DAN PEMPROGRAMAN PASCAL 

                DAN DAMPAK SOSIAL TIK(KELAS X SMA)

Narasumber:  Syamsuarsdi, Spd, S.Kom dan Heni Mulyati, S.Pd, M,Pd



 

 KELAS INFORMATIKA SMA BERSAMA KOGTIK PGRI

Alhamdulillah sudah sampai pada pertemuan ke-3, diselenggrakan  pada hari Sabtu, 29 januari 2022, pukul 13.00-16.00 WIB.  Materi yang sangat menarik ya tentunya, Dengan Narasumber hebat yang mengisi acara  webiner.
Berikut Profil Heni Mulyati, M.Pd Beliau adalah seorang ibu Muda berparas cantik dengan ilmu dan pengalaman yang sudah diakui,dengan segudang prestasi. Beliau adalah Ibu Heni Mulyati, M.Pd.
 Beliau lahir di Cilacap, 11 Januari 1982, menamatkan pendidikan S1 dan S2 dari UNJ pada bidang bimbingan dan konseling dengan IPK  sangat memuaskan 3,83  dan 3,71 Ternyata beliau masih satu  almamater dengan om Jay.
Beliau seorang pembicara handal dalam berbagai forum seminar, Pelatihan, konferensi, dan Kursus. Dalam dunia kepenulisan, beliau tercatat sebagai Tim Penulis Buku Informatika untuk SMA kelas X, XI, dan XII penerbit Andi. Koordinator Tim Buku Panduan (Literasi Media: Kurikulum, Panduan Fasilitator, dan Panduan Materi Narasumber) bekerja sama dengan Internews dan didukung USAID.
Jurnal ilmiah yang telah diterbitkan, antara lain:
Publikasi Jurnal Pelatihan Keterampilan Sosial untuk Mengatasi Kecemasan Sosial Pada Anak Menjelang Bebas di LPKA dalam Jurnal Edukasi (Jurnal Bimbingan dan Konseling) Vol. 6 Nomor 1 Januari 2020 dengan Nomor ISSN 2460-4917 (edisi cetak), dan (e-Journal) 2460-5794. tahun 2019.
Publikasi jurnal: In Search of Indonesiaan-Based Digital Literacy Curriculum through TULAR NALAR.Penulis: S.I. Astuti, H. Mulyati, & G. Lumakto Presented at The 3rd Social and Humaniora Research Symposium 2020 (Sores 2020), Bandung, Indonesia, October 24. tahun 2020.
Publikasi jurnal: Constructing TULAR NALAR: A Digital Literacy Curriculum for Specific Themes in Indonesia.Penulis: S.I. Astuti, H. Mulyati, & G. Lumakto Presented at the …

untuk menyimak materi secara lengkap, berikut link 












    SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI









Rabu, 09 Februari 2022

kelas informatika

 KELAS INFORMATIKA

  RESUME PERTEMUAN KE 2

SABTU, 15 JANUARI 2022

PUKUL 13.00-16.00

Kelas pertama  dimulai pada tanggal 15 januari 2022, dan dihadiri oleh narasumber hebat diantara MARIA SUMAKUL, ABDULLAH CH,  FIRMAN ADITYA, BAMBANG SUSETYO  dll  DENGAN 51 PASTISIPAN, DAN  TIVI ANDI, kegiatan berjalan lancar,aman sampai ke materi penutup. Dengan mengisi daftar hadir https://bit.ly/presentasikelasinformatika01.








Berikut link tentang resume  ,bisa dilihat pada

https://www.kompasiana.com/wijayalabs/61fe3542b4616e0d034ad3d3/kelas-informatika-kogtik-pgri

SALAM SEHATSALAMLITERASI






kelas informatika


KELAS INFORMATIKA BERSAM KOGTIK PGRI

  RESUME PERTEMUAN KE 2

SABTU, 22 JANUARI 2022

PUKUL 13.00-16.00

Narasumber: Putranto Kharisma Adhi Kusumo, S.kom

Moderator: Teh Wiwin



Berikut presentasi  kelas informatika .pptx yang diselenggarakan oleh  para narasumber hebat dan ahli dalam bidangnya . , merupakan pertemuan yang dinarasumberi oleh   Putranto Kharisma Adhi Kusumo, S.kom dan ditemani moderator cantik beliau adalah teh wiwin ,yang membuat acar tersebut semakin menarik pastinya. silahkan bisa mengakses materi kelas informatika, akses nya dalam link youtube : 

https://www.youtube.com/watch?v=nAFf7dcuXEo









https://www.youtube.com/watch?v=nAFf7dcuXEo














KIAT MENULIS CERITA FIKSI

RESUME KE-11

KIAT MENULIS CERITA FIKSI 



Tanggal          :Rabu, 9 Februari 2022

Pukul              : 19.00 -21.00 WIB

pertemuan     : ke- 11 (Daring Via WA)

Tema              : KIAT MENULIS CERITA FIKSI 

Narasumber  :SUDOMO, S.Pt 

Moderator     :BUNDA HELWIYAH


KIAT MENULIS CERITA FIKSI

 Alhamdulillah sudah sampai pada pertemuan ke 11, pertemuan ini dimoderatori oleh     dan di Narasumberi oleh Sudomo, S Pt beliau seorang  perternakan yang mampuni dibidang literasi, banyak sekali  tulisan -tulisan beliau  dan banyak lagi buku solo yang diterbitkan. Dan malam ini  dimoderatori oleh  bunda helwiyah, wah bunda helwiyah sosok yang saya kenal pribadi yang sangat sederhana, ramah, seorang ibu yang memiliki jiwa menulis yang luar biasa. tema malam ini  tersaji sangat menarik, diawali saan hangat bunda helwiyah bersama Narasumber membuka pembelajaran dengan Tema :''KIAT MENULIS CERITA FIKSI''  Banyak sekali pertanyaan yang hadir difikiran terkait buku non fiksi ini. Dengan bergabung bersama belajar menulis - BM24 PGRI asuhan Bapak WIJaya Kusuma yang kerap dipanggil Om Jay beliau juga tokoh inspiratif kami seorang motifator  bagi kami peserta BM24. senoga dengan belajar bersama teman dan narasumber bisa mengantarkan menjadi seorang penulis cerita fiksi. Menulis cerita fiksi tidak lepas dari kegiatan menyampaikan tulisan.

Cerita Fiksi adalah  sebuah karya sastra  berisi cerita  rekaan yang didasarkan pada imajinasi, fantasi dan bukan berdasarkan  kejadian nyata. Walaupun sifatnya  imajinasii tetapi   disajikan dalam  dengan latar belakang  dan suasana yang nyata. Dasar dari cerita fiksi ini didasarkan pada pandamgam, pemikiran, penilaian pengarang denagn peristiwa -peristiwa  sekitarnya.

Narasumber Sutomo, S.Pt atau dipanggil dengan sebutan pak momo adalah seorang  penulis resume  kelas menulis  dalam bentuk resume, wah sangat menarik buat disimak. berikut tulisa -tulisa beliau  dalam karya-karya fiksinya 

www .bianglalakata.wordpress.com

www.eigendomo.com

Berikut Cv  Supomo, Spt

Tempat, tanggal lahir  :  Sukoharjo, 27 Maret 1975, Seorang Guru IPA SMP Negeri 3 Lingsar Lombok Barat, Pendidikan terakhir  S1 Peternakan Universitas Diponegoro, Alamat lengkap jalan Adi Sucipto Gang Perjuangan RT 004 RW 023,   Lingkungan Baturaja Kelurahan Ampenan Tengah Kecamatan Ampenan Kota Mataram NTB , Nomor HP/WA    08175701827, Alamat blog pribadi www.eigendomo.comAkun media sosial  : a.         Facebook:Mazmo Lombok, b.Twitter /Instagram :  @momo_DM, Karya yang pernah dipublikasikan:

a.         Fiksi terdapat 10 prestasi, daan menulis 3 terbitan beliau untuk mempersingkat resume kali ini

1.      Menerbitkan kumpulan flash fiction 123 kata tentang ibu dan perempuan berjudul CERMIN melalui jalur self-publishing di Nulisbuku.com tahun 2011;

2.      Menerbitkan sekitar 30 judul antologi flash fiction/cerpen bersama penulis lainnya lewat jalur self-publishing di Nulisbuku.com tahun 2011 – 2014;

3.      Menerbitkan antologi flash fiction bersama penulis lainnya berjudul THE COFFEE SHOP CHRONICLES lewat penerbit PT By Pass tahun 2012;

Prestasi di bidang kepenulisan:

1.        Menjadi Juara III Lomba Menulis Puisi Kategori Umum Tingkat Provinsi NTB yang diselenggarakan oleh Lombok Post dan FIF UMC tahun 2007;

2.        Menjadi Juara 1 Lomba Penulisan Desain Pembelajaran Ketahanan Pangan Tingkat Provinsi NTB yang diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan Provinsi NTB tahun 2011;

3.        Menjadi Juara 1 Lomba Menulis Cerpen dari interpretasi foto setting tempat yang diselenggarakan oleh Travel Agent Eazy Travel Jakarta tahun 2012;

4.        Menjadi finalis dalam Lomba Menulis Cerpen tema Ramadan kategori Perorangan dan Kolaborasi yang diselenggarakan oleh Nulisbuku tahun 2013;

www.bianglalakata.wordpress.com dan www.eigendomo.com

Beliau dipercaya menjadi Ketua Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Lombok Barat, aktivitas menulis berubah menjadi seputar kiprah komunitas. wow sangat menakjubkan rekam jejak beliau.

A.Mengapa Harus Belajar Menulis Fiksi?

1.Menulis Fiksi salah satu aspek yang dinilai dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah Literasi Teks Fiksi. Dengan belajar menulis fiksi, tentu seorang guru akan lebih mudah membuat soal latihan AKM bagi murid-muridnya.

2. Menulis fiksi merupakan cara asyik untuk menyembunyikan dan menyembuhkan luka. Dengan menulis fiksi, seorang guru bisa menyuarakan isi hatinya melalui tokoh-tokoh yang diciptakannya.

3. Cerita fiksi merupakan media pembelajaran alternatif yang menyenangkan bagi murid terutama menyangkut pengembangan karakter dan materi pengayaan.

4. Menulis fiksi bisa menjadi tambahan poin dan koin, terutama jika dikumpulkan menjadi sebuah buku.

B. Apa Saja Syarat Bisa Menulis Fiksi?

1.  komitmen dan niat kuat untuk belajar menulis fiksi, baik melalui postingan blog atau kompetisi.

2. kemauan dan kemampuan melakukan riset. Tujuannya agar tulisan menjadi lebih nyata. Misalnya, menyangkut latar tempat.

3. Banyak membaca cerita fiksi karya penulis lain. Hal ini akan memperkaya kosa kata dan juga menemukan gaya menulis.

4.Mempelajari KBBI dan PUEBI agar cerita yang ditulis sesuai kaidah kebahasaan.

5.Memahami dasar-dasar menulis cerita fiksi.

C. Apa Saja Unsur-unsur Pembangun Cerita Fiksi?

1. Tema yang merupakan ide pokok cerita. Kiat menemukan tema adalah yang paling dekat dengan kita. Bisa saja keluarga atau sekolah, pilih tema yang paling disukai dan kuasai. Hal ini akan memudahkan dalam menyelesaikan cerita.

2.Premis : ringkasan cerita dalam satu kalimat. Unsur-unsurnya terdiri dari karakter, tujuan tokoh, halangan/rintangan, dan resolusi. Contoh: Seorang penyihir muda berjuang melawan penyihir jahat, Contoh tersebut adalah premis dari novel Harry Potter. Ini salah satu film kesukaan, penulis menunggu seri klanjutan kisah anak Harry Potter.

3. Alur atau plot :  struktur rangkaian kejadian dalam cerita. Terdiri dari pengenalan cerita, awal konflik, menuju konflik, konflik/klimaks, dan ending.

4.Penokohan : penjelasan selangkah demi selangkah detail karakter dalam cerita. Bisa digambarkan secara langsung, fisik dan perilaku tokoh, lingkungan, tata bahasa tokoh, dan penggambaran oleh tokoh lain.

5. latar/setting : penggambaran waktu, tempat, dan suasana.

6. sudut pandang : cara penulis menempatkan diri. Penggunaan sudut pandang dalam menulis cerita fiksi harus konsisten.

D.Bagaimana Kita Menulis Cerita Fiksi?

1. Niatkan dalam hati  untuk memulai dan menyelesaikan cerita fiksi. Permasalahan yang dihadapi oleh penulis adalah mengalami kebuntuan ide menyelesaikan tulisan fiksi.

2. Perbanyak membaca cerita fiksi karya orang lain untuk menambah referensi berupa ide/gagasan/tema, teknik menulis, pemilihan kata, dan gaya penulisan.

3. Terkait ide dan genre. Catat segera ide cerita yang terlintas di kepala agar ide tidak hilang begitu saja. Pilih genre yang disukai dan kuasai.

4.Outline/kerangka karangan.

Kerangka disusun berdasarkan unsur-unsur (pembangun cerita fiksi)

Menentukan tema agar pembaca mengerti(lingkup cerita fiksi kita)

Membuat premis sesuai tema

Menentukan uraian alur/plot berdasarkan  unsur-unsurnya

 Menentukan penokohan kuat berdasarkan

jenis dan teknik penggambaran watak tokoh dengan baik

Menentukan latar/setting dengan

menunjukkan sisi eksotis dan detail

Memilih sudut pandang penceritaan yang unik

5.Mulailah menulis.

Membuka cerita dengan baik (dialog, kutipan, kata unik, konflik)

Melakukan pengenalan tokoh dan latar dengan baik dengan cara memaparkan secara jelas

kepada pembaca

Menguatkan sisi konflik internal dan eksternal tokoh

Menggunakan pertimbangan logis agar tidak cacat logika dan memperkuat imajinasi

Memilih susunan kalimat yang pendek dan jelas

Memperkuat tulisan dengan pemilihan kata  (diksi)

Membuat ending yang baik

Ciri-ciri cerita Fiksi:

1. bersifat  imajinasi dari pengarang

2.ceritanya kebenarannya  ada bersifat relatif dan tidak mutlak

3.  bahas yang digunakan bersifat konotatif

Buku fiksi lebih kepada bagaimana seseorang menggunakan imajinasi mereka untuk menulis. Contohnya novel, cerpen. Cerita  Fiksi lebih kepada bersifat hiburan.

Beberapa rangkaian sesi tanya jawab yang selalu mewarnai materi BM 24

1.Kendala dalam penulisan puisi ini merupakan Situasi bisa diatasi dengan menguatkan kembali motivasi dan komitmen diri dalam menyelesaikan tulisan. Kuatkan niatmemulai dan menyelesaikan. Hanya dengan ini, maka kita akan bisa menuntaskan cerita fiksi yang kita tulis.

2.   1.Yang perlu disiapkan selain outline adalah melakukan riset. Riset bisa dilakukan   melalui literatur terkait atau wawancara.Tujuannya agar apa yang kita tulis itu sesuai, terutama menyangkut kedaerahan.Khusus dalammenuliscerita rakyat, bisa saja langsung berkreasi dengan ide pokok.Tenang sajameskipun sudah banyak ditulis,tetapi setiap penulis memiliki gaya khasnya.Selain itu,cerita rakyat belum tentu  kebenarannya. Penulis pun bisa melakukan dekonstruksi.

     2.Dalam penulisannovel jika berdasarkan kehidupan nyata menurut saya perlu meminta izin.Hal ini selain terkait etika juga menyangkut royalti jika dikomersialkan.Namun,hal ini tidak mutlak.Bisa saja tanpa izin menggunakan nama jika memang murni cerita fiksi berdasarkan imajinasi.Cukup sekadar permakluman; 

    3.Bagaimana tips dan triknya untuk mengubah menjadi "Dalang" sehingga kita tahu situasi,dengan Sudut pandang akan lebih mudah jika ditentukan dari awal menulis.Hal ini akanmembuat lebih konsisten dalam menggunakannya

3.1.Motivasi menulis cerita rakyat karena memang narasumbermenyukainya.Saat ini diberbagai daerah masih banyak cerita yang masih berupa lisan. 

     Dengan menjadikannya tulisan,setidaknya cerita tersebut akan abadi

   2.Seorang guru penggerak harus memiliki nilai kreatif, inovatif, mandiri,dan                      kolaboratif.Solusinya sesuaikan dengan aset yang ada sebagai kekuatan dan                potensi; 

  3.memulai tulisan berupa kutipan atau dialog tokoh utamanya 

  4. Pelajari, pelajari,dan pelajari.Saat membaca buku fiksi, tandai kata-kata yang             tumben Ibu tahu, langsung cari artinya di KBBI,Ini efektif. 

 5. Strateginya lakukan riset yang paling mudah melalui wawancara atau riset                    pengalaman pribadi. 

 

4.       1. Motivasi menulis cerita rakyat karena memang saya menyukainya. Saat ini di                berbagai daerah masih banyak cerita yang masih berupa lisan.

        Dengan  menjadikannya tulisan, setidaknya cerita tersebut akan abadi; 

        2. Seorang guru penggerak harus memiliki nilai kreatif, inovatif, mandiri,dan                     kolaboratif.Solusinya sesuaikan dengan aset yang ada sebagai kekuatan dan                 potensi; 

        3. memulai tulisan berupa kutipan atau dialog tokoh utamanya; 

        4.Apa clue supaya cepat, tanggap mencari kosa kata yang ada dalam KBBI dan                 PUEBI agar   cerita yang ditulis sesuai kaidah kebahasaan. Pelajari,pelajari,dan              pelajari. Saat membaca buku fiksi, tandai kata-kata yang tumben Ibu tahu,                        langsung cari artinya di KBBI,Iniefektif 

        5. Strategi menulis fiksi  lakukan riset yang paling mudah melalui wawancara atau riset     ibadi.

5.    Jika kita menulid resume ini jadi cerita fiksi maka bapak ibu naradumber hebat moderator juga peserta sebagai tokoh dalam cerita, kita bisa melihat pada https://bianglalakata.wordpress.com/2020/11/18/pahlawan-literasi-harapan-besar-dari-hal-kecil 

6.       Cara membuat alur cerita dan konflik yang menarik yaitu dengan membuat pembaca penasaran dan usahakan tidak cacat logika. 

7.       Bagaimana agar cerita fiksi menarik di hati Pembaca? Cara membuat alur cerita dan konflik yang menarik yaitu dengan membuat pembaca penasaran dan usahakan tidak cacat logika

     Merupakan perwakilan dari pertanyaan dalam pertemuan malam ini. Semoga mampu menjadi penulis  fiksi, semangat 

    

    SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI 

Senin, 07 Februari 2022

MENULIS ITU MUDAH

 RESUME KE-10

PELATIHAN BELAJAR MENULIS PGRI (BM 24)

Tanggal           :Senin,7 Februari 2022

Pukul              : 19.00 -21.00 WIB

pertemuan     : ke- 10 (Daring Via WA)

Tema              : MENULIS ITU MUDAH

Narasumber  : Prof. Dr. Nganium Naim

Moderator     : RALIYANTI


MENULIS ITU MUDAH

Tema dipertemuan ke-10 ini adalah "MENULIS ITU MUDAH"  DENGAN NARASUMBER ''Prof  Dr.Ngainum Naim Senin,& Februari 2022 beliau  ditemani oleh seorang moderator hebat bernama raliyanti Salam sehat dan semangat, sapaan hangat moderator kita mewarnai kebersamaan dalam pertemuan malam ini. Geliat semangat peserta kelas menulis gelombang 23 dan 24. Walau pun baru memasuki pertemuan ke-10 banyak rekan -rekan yang sudah menerbitkan buku solonya, Luar biasa tutur  Narasumber.

 Narasumber kita malam ini, Bapak Prof. Dr. Ngainun Naim. Beliau akan memberikan keyakinan kepada bapak ibu melalui materinya bahwa menulis itu mudah seperti tema saat ini “MENULIS ITU MUDAH”

Berukut  CV dari narasumber


https://ngainun-naim.blogspot.com/

Riwayat Singkat

Prof. Dr. Ngainun Naim lahir di Tulungagung pada 19 Juli 1975. Pekerjaan sehari-hari sebagai Dosen UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pendidikan dasar diselesaikan oleh Ngainun Naim di SDN Sambidoplang Sumbergempol Tulungagung (1988), kemudian melanjutkan ke MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung (1991), lalu melanjutkan ke MAN Denanyar Jombang yang ada di PP Mamba’ul Ma’arif (1994). Tahun 1994-1996 melanjutkan studi S-1 di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Karena satu dan lain hal, jenjang S-1 diselesaikan di STAIN Tulungagung (1998). Tahun 2000 melanjutkan jenjang magister di Universitas Islam Malang yang diselesaikan pada tahun 2002. Mulai tahun 2007 kuliah S-3 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang diselesaikan pada tahun 2011.

Publikasi

Buku

1.Ngainun Naim, Islam and Religious Pluralism: The Dynamics of Meaning Seize, (Tulungagung: SATU Press, 2020).

2.  Ngainun Naim, Mujamil Qomar, Aktualisasi Pemikiran Islam Multikultural dalam Membangun Harmonisasi Masyarakat, (Tulungagung: Akademia Pustaka, 2020).

3.  Ngainun Naim, Achmad Sauqi, Pendidikan Multikultural, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009).

4.   Ngainun Naim, Pengantar Studi Islam, (Yogyakarta: Teras, 2009).

5. Ngainun Naim, Teologi Kerukunan, Mencari Titik Temu dalam Keragaman, (Yogyakarta: Teras, 2011).

6.  Ngainun Naim, Menipu Setan Kita Waras di Zaman Edan, (Jakarta: Quanta, 2015).

7.        Ngainun Naim, Teraju, (Tulungagung: IAIN Tulungagung Press, 2017).

8.  Ngainun Naim, Metodologi Fiqh Indonesia, (Tulungagung: STAIN Tulungagung Press, 2008).

9.        Ngainun Naim, Literasi dari Brunei Darussalam, (Tulungagung: Akademia, 2020).

10.    Ngainun Naim, Spirit Literasi, (Tulungagung: Akademia Pustaka, 2019).

11.  Ngainun Naim, Proses Kreatif Penulisan Akademik, (Tulungagung: Akademia Pustaka, 2019).

12.    Ngainun Naim, Rekonstruksi Pendidikan Nasional, (Yogyakarta: Teras, 2009).

13.    Ngainun Naim, Menulis Itu Mudah, (Lamongan: Kamila Press, 2021).

14.    Ngainun Naim, Sejarah Pemikiran Hukum Islam, (Yogyakarta: Teras, 2011).

15.    Ngainun Naim, Spirit Literasi, (Tulungagung: Akademia Pustaka, 2019).

16.    Ngainun Naim, The Power of Writing, (Yogyakarta: Aura Pustaka, 2015).

17.    Ngainun Naim, The Power of Writing, (Yogyakarta: Aura Pustaka, 2017).

 

Chapter Buku

1.        Ngainun Naim, “Quantum Ramadhan”, (Malang: SPN, 2017).

2.        Ngainun Naim, “Goresan Cinta Buat Bunda”, (Yogyakarta: Aura Pustaka, 2017).

3.        Ngainun Naim, “36 Kompasianer Merajut Indonesia”, (Jakarta: Peniti, 2015).

4. Ngainun Naim, Kuliah Daring, Dinamika Pembelajaran Ketika Wabah Corona”, (Tulungagung: IAIN Tulungagung Press, 2020).

5. Ngainun Naim, “Dosen, Menulis, dan Belajar Online”, (Tulungagung: IAIN Tulungagung Press).

Jurnal Akademik dan Simposium

1.   Ngainun Naim, Abdul Aziz, Teguh, “Integration of Madrasah Diniyah Learning Systems for Strengthening Religious Moderation in Indonesia Universities”, dalam International Journal of Evaluation and Research in Education, Volume 11, Nomor 1, 2021 (Scopus).

2.Ngainun Naim, Mujamil Qomar, “Actualization of Liberal Indonesian Multicultural Thought in Developing Community Harmonization”, dalam Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS), Volume 9, Nomor 1, 2020 (Scopus).

3. Hanif Cahyo Adi Kistoro, Badrun Kartowagiran, Eva Latipah, Ngainun Naim, Himawan Putranta, Darmanto Minggele,Islamophobia in education: perceptions on the use of veil/niqab in higher education”, dalam Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, Volume 10, Nomor 2, 2021 (Scopus).

4.        Ngainun Naim, As’aril Muhajir, “Islamic Radicalism and Deradicalization Strategies: A Contribution of Nurcholish Madjid”, dalam Jurnal Ilmiah FUTURA, Volume 20, Nomor 2, 2020 (Sinta 2).

Menulis itu mudah semua orang bisa menulis kapanpun dimanapun asalkan kita memiliki kemauan untuk menulis.

Seperti  pengembangan materi sebelumnya Sebagai penulis pemula tentunya  kita tidak terbiasa seperti penulis mahir lainnya. Sebagai penulis pemula dan bila sipenulis memiliki watak yag salling mengkritisi penulisannya sendiri, alhasil tulisan-tulisan kita tidak akan kelar-kelar nantinya. ada yang bilang menulis itu mudah asalkan kita tidak mudah mengkritik tulisan sendiri. Bisakah kita melalui hal tersebut

 Karena jika  sebagai penulis pemula, hendaklah  jangan terlalu ingin sempurna  di awal dalam menulis karena  penulis pemula  tidak akan pernah menemukan kesempurnaan dala penulisan jika kita tidak percaya pada diri sendiri, mulailahlah dengan keterbiasan dalam menulis semakin menulis setiap hari, akhirnya penulis akan mahir dengan sendirinya, Saya jadi ningat kalimat Om jay" menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi" sesuatu sekali

Trik kandala  penulis penulis pemula: Jika  penulis pemula mengalami kendala menulis dari    awal, *tips nya hendaklah sering mengulang tulisan atau kata lain rutinlah menulis setiap hari, 

*Mulai membangun keterbiasaan dalam menulis setiap hati yang seringkali narasumber- narasumber support kepada pelatihan belajar  menulis (BM 24) PGRI

* jangan  kritisi tulisan kita(jangan selalu berharap tulisan kita harus enak dibaca dan harus keliatan bagus) karena semua  berawal dari proses 

* menulislah terlebih dahulu sampai ketahap finishing dan barulah mengkritisi tulisan kita

*Jangan terlalu ingin cepat selesai  tapi targetkan penulisan  anda selesai.

 Jika sering menulis  otomatis akan memiliki pengalaman dan karakter dalam penulisan kita akan terlihat  seiring banyaknya tulisan yang sudah diciptakan. cara untuk menarik  poerhatian pembaca terletak pada akhir sebuah penulisan,jadi tetapkan semangat dalam menulis , tulisan kelak akan menemui takdirnya sendiri, jangan niatkan untuk berkompetisi tapi niatkan untuk  berbagi  hal yang bermanfaatkan dan semat mata niatkan seperti amal.

1.menulis itu mudah meliputi: sumber ide penulisan, tipe tulisan, bagaimana memulainya,mengatasi kebuntuan, tips menulis artikel, tips menulis buku, asah ketajaman

2. sumber ide tulisan 

*membaca buku, membaca buku apa saja yang mudah dipahami, perbanyak refrensi bacaan

* membaca situasi keadaan sekitar, perubahan apasaja yang terjadi dalam kehidupan *pengalaman pribadi,setiap pengalaman dapat dijadikan sebuah tulisan

*banyak mendengar, ikuti seminar, diskusibandingkan dengan pengalaman yang ada

*banyak bersosialisasi, banyak bergabung dengan komunitas, memperbanyak jaringan, dan menjaga hubungan baik.

 3. tipe-tipe tulisan: bertutur (update status, ngetwit); sharing (Blog dan cerita); how to (petunjuk praktis, belajar cepat);  akademis (jurnal dan opini)

 Kita berada dalam  Tipe tulisan  Sharing - Blog merupakan tulisan mpengalaman pribadi tanpa harus terikat dengan norma  yang dipakai dalam sebuah penulisan.

Benarkah menulis itu mudah? Menurut narasumber Jawabnya relatif.

Jawabannya menulis itu mudah, sulit, atau kadang mudah dan kadang sulit tergantung masing penulis.

LANGKAH LANGKAH "MENULIS ITU MUDAH"

1: UBAH POLA PIKIR.

: Bangun pemahaman, keyakinan, dan kesadaran bahwa MENULIS ITU MUDAH. Tanamkan dalam diri. Tanamkan terus sekuat-kuatnya. Saat menghadapi kesulitan jangan mudah putus asa, yakinlah bisa dan mampu menuangkan ide dalam kalimat, yakinkan diri sendiri bahwa menulis itu mudah.

2: BERLATIH MENULIS. Menulis itu bukan sekedar teori,banyak penulis yang basic  sekolahnya bukan berhubungan dengan menulis tetapi dengan menulis secara disiplin dan menulis setiap hari,mereka mampi menjadi seorang penulis. Jika ingin menjadi penulis yang sukses maka HUKUMNYA WAJIB MENULIS SETIAP HARI,walaupun itu hanya satu paragraf.dan tidak ada rumus instan dalam menulis semua berproses waw ide yang sangat menarik ya.

3. MEMBACA  point penting dari narasumber: Bacalah sedikit demi sedikit, Bisa satu dua halaman dulu Jika  yang penting, dicatat. Nikmati prosesnya. Prinsip saya dalam membaca: UTAMAKAN PAHAM, BUKAN KATAM.

4.MELUANGKAN WAKTU,keaibukan penulis bukan alasan tidak bisa menulis  Kuncinya ada di MANAJEMEN WAKTU,Mari atur waktu secara baik, Jangan MENUNGGU WAKTU LUANG tapi mari LUANGKAN WAKTU untuk menulis.

Jika setiap hari kita bisa meluangkan waktu setengah sampai satu jam untuk membaca dan menulis, hasilnya sangat luar biasa,penuturan narasumber bisa dipraktekkan bersama,ayo semangat..

5.rajin mengamati, mencatat, dan mengolah apa yang sudah dicatat menjadi tulisan. Misalnya saat Bapak Ibu melakukan perjalanan, catat apa saja yang menarik. Contohnya tulisan narasumber: https://www.spirit-literasi.id/2019/03/ternate-landmark-di-suatu-senja.html.

6.BELAJAR MENULIS KEPADA PENULIS

Berikut point penting yang mewakili pertanyaan-pertanyaan dari peserta BM 24

1.Tentang tata tulis para senior yang enak dibaca, itu persoalan JAM TERBANG. Semakin sering berlatih menulis, lama-lama tulisan akan enak dan mudah dipahami.

2. Terdapat  2 pertanyaan

1.   Bagaimana agar tulisan selesai dengan baik? Sebab baru 100 kata sudah mentok.

2. Bagaimana cara mudah menuliskan artikel yang menginspirasi?

3.  Apa saja strategi dan trik memulai tulisan agar lancar dan runtun. Seringkali saya menulis tidak runtun akhirnya tidak sesuai dengan tema. Malu rasanya setiap membaca tulisan yang tidak selesai

4. Cara mudah mengubah pola pikir agar kosa  kata untuk menyambung tulisan yang terputus bisa dilanjutkan

5.  Apa saja yang harus saya lakukan sebagai pemula agar gelora semangat  cair dengan baik

jawaban narasumber beliau percaya bahwa kebiasaan itu diawali dengan paksaan. Kita bisa jalan itu kan karena dipaksa orang tua. Kita bicara bahasa Indonesia kan juga karena paksaan. Nah, menulis itu awalnya harus juga dipaksa. Mari dengan sadar PAKSA diri kita untuk menulis. Paksa untuk menyelesaikan. Ingat kunci nomor 1 yang tadi telah d sampaikan narasumber . Nanti akan terbiasa. [2] Tetap berproses, berlatih, dan terus berlatih. Lama-lama akan mudah. [3] Lancar dan runtut itu hasil dari kebiasaan. Misalnya Ibu bikin outline.

6.Point 1:mengenai pola fikir, sebagi penulis pemula jika memiliki pola fikir kritis dan setiap tulisan harus terlihat baik dan perfect,baik dan sempurna,apakah ini akan menghambat penulisan kita,sebagi penulis pemula? Kalo point 2 kita diwajibkan menulis secara rutin agar terbiasa dan ini menjadi tantangan penulis pemula.

7.Cara berpikir semacam itu terbalik. Saya kebetulan Profesor Filsafat yang menyukai menulis he hehe. Jika ingin menulis, mulailah dari yang tidak ideal. Jangan mulai dari yang ideal. Nanti ndak selesai. Pokoknya menulis dulu. Begitu selesai baru disempurnakan. Jangan kebalik. Nanti tulisannya nggak selesai. 

8. Bagaimana cara membuka pola pikir rekan sejawat supaya mau menulis.

filsafat: mulailah dari diri sendiri maka orang lain akan meniru kita. Tugas kita menyampaikan, bukan mengubah orang. Jika kita memberikan teladan yang menarik, orang akan ikut kita. wah motivasi yang sangat menarik untuk kami.

 Om jay berkata" menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi" sesuatu sekali

CLOSING STATEMENT :yakinlah menulis itu mudah, gunakan 6 kata  kunci  dan praktekkan


Referensi :https://klcfiles.kemenkeu.go.id


SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

MERDEKA BELAJAR, MERDEKA MENGAJAR ALA GURU SD

Merdeka Belajar Ala Guru SD Merdeka Belajar menjadi salah satu gebrakan yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Tekno...

STATEGI MENANGKAL HOAKS