Minggu, 17 September 2023

MERDEKA BELAJAR, MERDEKA MENGAJAR ALA GURU SD

Merdeka Belajar Ala Guru SD

Merdeka Belajar menjadi salah satu gebrakan yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi yaitu Nadiem  Makarim. Merupakan langkah yang tepat yang dilakukan sebagai wujud evaluasi  secara mendalam  dengan melihat kondisi sekarang  yang dimulai dengan adanya pandemic covid-19 dengan perlunya  perubahan dalam belajar dan mengajar.

Merdeka  Belajar merupakan wujud dari perubahan sistem pendidikan yang di desain dengan kemajuan dan sesuai tantangan zaman di era digital 4.0, dan tujuan ini  memang sangat mulia menurut perspektif penulis diman tujuan  dari merdeka mengajar demi menggali potensi dalam diri baik pendidik maupun peserta didik dan tujuannya semata mata meningkatkan  kualitas potensi pembelajaran yang disesuaikan dengan keadaan sekolahnya. Dengan berjalannya  konsep mengajar Ki Hajar Dewantara sejatinya pendidikan bertujuan untuk memanusiakan manusia, namun tetap menularkan nilai etika yang baik kepada semua peserta didik, yaitu terikat aturan etika, yang telah diajarkan dalam ajaran Al-Quran, misalnya selain mendidik tetap berfokus untuk memperbaiki tingkah laku serta kesopanan peserta didik kita. Jika diartikan sebaliknya memerdekakaan peseta didik sehingga mereka loss control  bertindak semaunya, nilai kesopanan kepada guru pun tidak ada, dan dalam berahlak baik pun tidak dimiliki peserta didik kita, pastinya sebagai pendidik kita perlu memberikan teguran –teguran kecil  sesuai dengan kondisi yang terjadi. Jika akhirnya  perlu tindakan lebih  sebaiknya kita melakukan rapat, dan memberi  informasi kepada wali peserta didik ,sehingga komunikasi dan kolaborasi tercipta dengan baik dan lebih mudah mewujudkan  tugas dan tujuan kita sebagai tercapai dalam  mencetak generasi dan penerus bangsa yang berkualitas dan berahlak mulia sebagai pelajar pancasila. Mengingat guru sebagai  Pengajar, fasilitator,  pembimbing serta menjadi motivator untuk generasi penerus bangsa ini.

Penulis banyak belajar akan kebutuhan  pengetahuan dan ketrampilan yang harus dimilki banyak guru dewasa ini, yaitu dengan berbagai pelatihan diacara zoom dan group penunjang lainnya, salah satu ontoh PMM dan KBMN PB PGRI. Penulis  menyadari banyak kekurangan yang harus saya pelajari. Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar yang diterapkan penulis masih sangat sederhana. Hal-hal kecil dilakukan didalam kelas  yaitu melakukan kegiatan MPLK untuk peserta didik baru naik kelas, seperti biasa memberi salam saat masuk  mengucapkan doa  doa ayat suci  alquran, agar tercipta imtaq seorang peserta didik pembelajaran aklak, menanyakan kabar dengan gaya  ice breaking dengan tujuan untuk menyenangkan mereka, gaya belajar demikian mungkin hal yang sudah biasa saat ini,  praktik baik P5 yang kami praktekkan hari sabtu kemarin wujud dari perubahan keil, membuat hiasan bahan stik ie ream, memberi nilai dengan memakai stempel lucu, menyanyikan lagu P5, ice breaking, disela sela pembelajaran, serta kuis wajib dilakukan untuk menambah daya ingat peserta didik terhadap numerasi dan mampu berfikir kritis sedangkan pada literasi memberikan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan, serta berkolaborasi bersama guru serta wali murid serta melakukan pembinaan terhadap peserta didik yang masih perlu pembinaan untuk yang belum mampu membaca.



                              Dokpri:Praktek Baik peserta didik kelas 4 SDN Sapeken II

Kemerdekaan bagi penulis, saat diri anda berjuang untuk berani melawan rasa takut dalam diri dan gali potensi dalam diri, jangan menyerah, jangan malu, lawan tanpa rasa ragu. Sejatinya dirimulah pemenang, kenali dirimu maka kamu akan melihat sehebat apa dirimu sebenarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya,master master terhebat sahabat bloger🙏🙏

MERDEKA BELAJAR, MERDEKA MENGAJAR ALA GURU SD

Merdeka Belajar Ala Guru SD Merdeka Belajar menjadi salah satu gebrakan yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Tekno...

STATEGI MENANGKAL HOAKS