Senin, 21 Februari 2022

KELAS INFORMATIKA

KELAS INFORMATIKA BERSAMA KOGTIK PGRI

RESUME PERTEMUAN KE 6

SABTU, 19 FEBRUARI 2022

PUKUL 13.00-16.00

JUDUL: AYO BELAJAR INFORMATIKA DENGAN SCTRACH

 NARASUMBER ; BUDI HARTANTO


Daftar hadir kelas informatika di https://s.id/XnAa, digunakan untuk peserta yang masuk kedala kelas informatika,, dan narasumber hebat siang ini"BUDI HERTANTO"
Alhamdulillah sudah sampai pada pertemuan ke-6, diselenggarakan  pada hari Sabtu, 19 februari 2022, pukul 13.00-16.00 WIB.  Materi yang sangat menarik ya tentunya, Dengan Narasumber hebat yang mengisi acara  webiner sabtu ini  dimana kelas informatika ini dilaksanakan setiap 2x dalam seminggu  tepatnya hari kamis dan hari sabtu. Narasum ber  kegiatan webiner hari sabtudengan bapak BUDI HARTANTO, dengan ditemani moderator hebat "" Eko Adi Saputro kedua duanya adalah Guru  TIK SMP,  Terdapat dorprize yang sangat menarik Dari penerbit andi Yogyakarta .  inform asi  pendaftaran  kelas informatika  bisa menghubungi Om Jay  di Nomor WA 08159155515, Bisa klik https://www.gurupenggerakindonesia.com/ayo-belajar-informatika-di-kelas-informatika/                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       
Berikut CV Narasumber :





Untuk yang belum menyimak bisa melihat materi yang tertinggal buka link  KLIK di kompasiana, milik om jay
https://www.gurupenggerakindonesia.com/ayo-belajar-informatika-di-kelas-informatika/
Untuk melihat rekamannya  di https://youtube.com/wijayalabs atau di channel TV ANDI
Untuk materi youtub, bisa disimak materi youtube nya -                                                                  https://youtu.be/gpMjIonTreY 

Dokumentasi kegiatan webiner  pada zoom


SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

Jumat, 18 Februari 2022

KONSEP BUKU NONFIKSI

 FEBRUARI 2022, RESUME KE -15, penulis Sri W

PELATIHAN BELAJAR MENULIS BM 23-24

RESUME KE-15

Tanggal          :Jumat, 18 Februari 2022

Pukul              : 19.00 -21.00 WIB

pertemuan     : ke- 16 (Daring Via WA)

Tema              : KONSEP BUKU NONFIKSI

Narasumber  : MUSIIN,M.Pd

Moderator     :   Dail Ma'Ruf M.Pd

Alhamdulilllah Telah sampai pada pertemuan ke-16 ,dengan materi yang menarik buat para penulis membuat materi ini wajib disimak.  ditemani dengan  narasumber hebat Bertema" KONSEP BUKU NONFIKSI"Dibawakan oleh Musiin,M.Pd beliau adalah seorang alumni belajar    menulis dengan segudang prestasi , bisa kita liat pada Cv beliau, didampingi Dengan  Moderator Hebat Pak dail, sungguh kolaborasi yang sangat menarik,. 2 tokoh hebat saling bersinergi memeberi motivasi luar biasa kepada para penulis. Apa saja sich yang akan dibahas malam ini.

Sebelum menulis buku, kita diharuskan menemukan alasan kuat mengapa ingin menjadi  seorang penulis. Kita akan membahas bagaimana cinta dalam menulis, bagaiman beliau berhasil mengalahkan ketakutan dari dirinya Sendiri. Ketakutan yang menjadi momok yang mampu  merendahkan potensi kita dalam  menulis , semua akan dikupas abis, dalam materi malam ini, wah  pkoknya materi malam ini, sangat- sangat menarik buat disimak. Materi ini sangat menarik, karena menyangkut hal yang terjadi pada diri saya, bagaimana banyak sekali yang ingiin ditulis , dengan ketakutan yang besar pada diri ini membuat, jiwa berperang, semoga materi ini lebih memotivasi penulis agar bisa memjadi penulis handal dan bertalenta serta berkarakter, yuk kita simak materi beliau.

 Berikut Cv Beliau


Berikut beberapa Hasil Karya Narasumber"MUSIIN, M.Pd" 



MasyaALLah Deretan- Deretan buku-buku di rak tengah amerupakan karya alumni gelombang 8 yang berhasil masuk ke penerbit mayor, Penerbit Andi. Waw Prestasi yang sangat membanggakan. 

Tema yang beliau angkat menjadi buku  adalah pendidikan. Ide berasal dari berita di media massa,  mengamati lingkungan serta diperkuat dari materi di Prof EKOJI Channel dengan judul Digital Mindset (The Key to Transform Your Organization) yang tayang pada tanggal 20 Maret 2020.Referensi berasal dari data dan fakta yang saya peroleh dari literasi di internet. Terimaksih Narasumber, informasi yang sangat bermanfaat.

Judul tema "KONSEP BUKU NONFIKSI", kita ulas dengan  pengertian buku nonfiksi adalah  buku yang ditulis  berdasarkan kenyataan. Diman  nonfiksi ini menjelaskan fakta-fakta yang terjadi . dimana buku non fiksi lebih menyampaikan kepada informasi, dimana ciri-cirinya berdasarkan fakta,inoformmatif, dengan bahasa yang lugas bersifat denotatif. Dimana pelatihan ini,diahrapkan mampu menjadi seorang bloger yang memiliki  motivasi dan semangat  dalam menulis sebuah tulisan ,ang pelaksaannya dilakukan secara online-WAG.

Alasan Narasumber menjadi penulis adalah sebagai berikut:

1.Mewariskan ilmu lewat buku.

2.Ingin punya buku karya sendiri yang bisa terpajang di toko buku online maupun offline.

3.Mengembangkan profesi sebagai seorang guru.

Terdapat 5 tahapan dalam penulisan buku NonFiksi meliputi: Pratulis, menulis draf,Merevisi draf, meyunting dan menerbitkan.

1.#.Pratulis merupakan tahapan seorang penulis  dalam memulai tulisannya. tahapan yang dicakup yaitu: Menentukan Tema, Menemukan Ide, Merencanakan  Jenis Tulisan, Mengumpulkan Bahan Tulisan, bertukar fikiran,,menyusun daftar,meriset, membuat mind mapping serta menyusun kerangka. Tema ditentukan hanya satu untuk menulis buku nonfiksi, contoh parenting.  Karena itu Pilihlah tema yang kita kuasai. Untuk melanjutkan dari tema menjadi sebuah ide yang menarik, penulis bisa mendapatkan dari berbagai ide dan dalam menulis meliputi: pengalaman pribadi,pengalaman orang lain, berita di media sosial,  fb,twiter, whatsapp,instagram,status wa, membaca buku,serta pengalaman pribadi dan sekitar kita.

Referensi penulisan buku bisa dari sumber berikut ini.

1 . Pengetahuan yang diperoleh secara formal , nonformal , atau informal ;

2. Keterampi lan yang diperoleh secara formal , nonformal , atau informal ;

3. Pengalaman yang diperoleh 

4. Penemuan yang telah didapatkan.

5. Pemikiran yang telah direnungkan

Tahap berikutnya membuat kerangka, Mengajukan disetujui untuk melanjutkan ke proses penulisan.

BAB 1 Penggunaan Internet Di Indonesia

A. Pembagian Generasi Pengguna Internet

B. Karakteristik Generasi Dalam Berinternet

BAB 2 Media Sosial

A. Media Sosial

B. UU ITE

C. Kejahatan di Media Sosial

BAB 3 Literasi Digital

A. Pengertian

B. Elemen

C. Pengembangan

D. Kerangka Literasi Digital

E. Level Kompetensi Literasi Digital

F. Manfaat

G. Penerapan Literasi Digital Pada Lintas Geerasi

H. Kewargaan Digital


BAB 4 Ekosistem Literasi Digital Di Nusantara

A. Keluarga

B. Sekolah

C. Masyarakat

BAB 5 Literasi Digital Untuk Membangun Digital Mindset Warganet +62

A. Perkembangan Gerakan Literasi Digital Di Indonesia

B. Literasi Digital Tanpa Digital Mindset Di Indonesia

C. Membangun Digital Mindset Warganet +62

Dalam menulis isi buku berdasarkan kerangka yang dibuat,  Refrensi ini bisa dilihat milik Pak Yulius Roma Patandean di Channel beliau (https://www.youtube.com/watch?v=eePQwyHAcjw&feature=youtu.be)

Beliau merupakan alumni gelombang 8 Langkah beliau sangat mujarab untuk menulis sebuah buku. Terimaksih informasinya bu narasumber

Dengan mengikuti langkah beliau, tulisan kita menjadi rapi dan tertata sejak awal. Daftar isi, kutipan, indeks dan daftar pustaka tertata secara otomatis.

Anotomi Buku

1. Halaman Judul

2. Halaman Persembahan (OPSIONAL)

3. Halaman Daftar Isi

4. Halaman Kata Pengantar (OPSIONAL, minta kepada tokoh yang berpengaruh)

5. Halaman Prakata

6. Halaman Ucapan Terima Kasih (OPSIONAL)

7. Bagian /Bab

8. Halaman Lampiran (OPSIONAL)

9. Halaman Glosarium

10. Halaman Daftar Pustaka

11. Halaman Indeks

12. Halaman Tentang Penulis

2.#.Menulis sebuah draf, artinya menuangkan konsep tulisan ke tulisan dengan bebas,dengan menampilkan ide tanpa mementingkan sebuah kesempurnaan

3.#.Merevisi Draf, merupakan rangkaian kegiatan direvisi mengenai  struktur penyajian dan tulisan, serta memeriksa gambar yang ditampilkan.

4.#.Menyunting Naskah Sesuai KBBI dan PUEBI, meliputi pengejaan, letak tata bahasa, diksi ,data dan fakta, serta legalitas dan norma.

5.#. Menerbitkan sebuah karya hasil penulisan. 

# Hambatan-hambatan dalam menulis 

1. Hambatan waktu

2. Hambatan kreativitas

3. Hambatan teknis

4. Hambatan tujuan

5. Hambatan psikologis

Cara mengatasii hambatan  menulis( Solusinya Dalam Diri Kita) 

 1.Banyak membaca

2.Mencari inspirasi di lingkungan sekitar, orang sekitar atau terkait dengan nara     sumber.

3.Disiplin menulis setiap hari.

4.Pergi ke pasar dan memasak. Ini menjadi mood booster untuk menulis lagi (kebetulan saya hobi memasak)

Dengan Pertanyaan  malam ini semoga, mampu membuka wawasan kita  dan mampu mengaplikasikannya, dalam kerja nyata, karena jawaban - jawaban narasumber, mampu mamotivasi  para penulis hebat dipelatihan BM 23-24 PGRI.

1.Kendala yang dihadapi Dalam Menulis fiksi  terutama dalam hal tanda2 baca, 

Menulislah sampai selesai, jangan sampai berhenti hanya karena faktor tanda-tanda baca.  Kita bisa minta bantuan teman,sebagai editor.

2.Mengenai kendala dalam penulisan, sebaiknya  banyak membaca materi-materi yang sesuai judul yang di ajukan. perbanyak membaca, insyaaallah muncul ide. Di saat ide muncul segera tuliskan, tayangan konten youtube juga sangat membantu.Tutur Beliau

3.Literasi Digital Nusantara. Meningkatkan Daya Saing Generasi Muda melalui Literasi (Karya bersama Prof Eko) Merupakan karya yang paling lari Manis, waw The best Buat narasumber.

4.Pada tahapan pra tulis terdapat  tahapan membuat  mind Mapping. bagaimana cara      membuat mind mapping tersebut dan bentuk kongkritnya .

Mind mapping adalah membuat peta konsep. Peta konsep merupakan kerangka tulisan atau bentuk awal dari tulisan kita. Peta konsep ini berisi ide utama, ide pendukung, sumber data, bentuk data yang kita tampilkan dll. Jadi ini mendodriong kita untuk berkreasi mengembangkan ide kita.






CLOSING STATEMENT

*Kesempatan yang kecil seringkali merupakan permulaan kepada usaha yang besar.Bapak Ibu kesempatan menulis dengan Prof Eko tidak akan datang 2 kali. Tiap kesempatan yang diambil adalah sebuah kesempatan untuk menang. Kesempatan yang kecil seringkali merupakan permulaan kepada usaha yang besar

*Mari kita menjadi PEMENANG DAN MENGUKIR NAMA KITA SEBAGAI BAGIAN DARI SEJARAH PERADABAN MANUSIA.

*Jadilah pemenang dalam kancah peradaban.


SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI


Rabu, 16 Februari 2022

MENULIS BUKU TERBAIK PERPUSNAS

18 FEBRUARI 2022, RESUME KE -14


PELATIHAN BELAJAR MENULIS BM 23-24

Tanggal          :Rabu, 16 Februari 2022

Pukul              : 19.00 -21.00 WIB

pertemuan     : ke- 14 (Daring Via WA)

Tema              : MENULIS BUKU TERBAIK PERPUSNAS

Narasumber  : D.r MUDAFIATUN ISRIYAH S.Pd, M.Pd

Moderator     :  WIDYA SETYANINGSIH

Alhamdulilllah Telah sampai pada pertemuan ke-14 ,dengan penuh semangat mengantar penulis mengikuti pelatihan malam ini. membuat materi ini wajib disimak. Moderator memberi sapaaan renyah dan hangat sehingga mampu membuat materi ini dengan sangat semangat, narasumber dan moderator malam ini meupakan  paket komplit, dengan gaya bahasa materi  malam ini tampil beda, malam ini  ditemani dengan  narasumber hebat Bertema"MENULIS BUKU TERBAIK PERPUSNAS "Dibawaikan oleh  beliau adalah D.r MUDAFIATUN ISRIYAH S.Pd, M.Pd. Sosok Berparas cantik seorang ibu energik, baik hati  yang memiliki segudang prestasi yang cukup dikatakan waw. Malam ini beliau  didampingi seorang moderator  Cantik siapa lagi kalo bukan, bu Widya Setyaningsih yang beberapa kalikesempatan pernah menjadi narasumber, sungguh kolaborasi yang sangat menawan. 

Dewasa ini, perkembangan pengajuan  ISBN , Perpustakaan nasional Nasioanal/ PERPUSNAS sebagai pengelola ISBN mengeluarkan 2.361.150 yang telah didistribusikan  kepada penerbit di seluruh indonesia.(Salemba, jakarta 18 November 2020).  masa  Pandemi covid-19 permohonana  ISBN semakin melonjak, bahkan permohonana ISBN 1.476 dan bertema covid-19, sumber ini tahun 2020. Perkembangan literasi menarik perhatian kita, dan sebagai penggiat  Literasi  PGRI bersama Omjay Dewasa ini , sangat membantu para guru  untuk mampu menulis dan mampu menerbitkan buku antologi sampai ke  penerbitan  buku solo, asalakn kita berlatih, tekun ,tetap bersemangat dan mampu konsisten insyaaallah kita mampu menerbitkan buku solo, lebih-lebih mampu menulis buku terbaik perpusnas seperti tema malam ini, sungguh sesuatu sekali.


Berikut CV Narasumber ditampilkan dalam  Gambar



Beliau adalah sosok multiatenta, bernama Dr. Mudafiatun Isriyah, S.Pd, M.Pd, lahir di lumajang, 21 April 1969, Riwayat pendidikan, pelatihan, dan riwayat prestasi dalam menulis buku, serta prestasi pemenang buku terbaik (perpusnas 13 september 2021) dan pengalam lain lain serta peran aktif dalam berorganisasi dengan PGRI dalam Penulisan Buku terdapat  5 terbitan buku beliau, keahlian dibidang konselor serta pengalaman kerja dan referensi. Wah Cv yang sangat komplit'.

Materi dimulai dari pengertian menulis.

A. PENGERTIAN MENULIS 

Menulis pada dasarnya merupakan suatu bentuk komunikasi berbahasa (verbal) yang

menggunakan simbol-simbol tulis sebagai mediumnya. Sebagai sebuah

ragam komunikasi, dalam menulis setidaknya terdapat empat unsur yang terlibat.


Menulis adalah  menulis merupakan salah satu kegiatan berbahasa,  tidak

semua orang terampil berbahasa dan menulis dengan baik. Menulis

Itu  tidak mudah, jngan juga dianggap suli apalagi menulis itu sebuah bakat.


B.TUJUAN MENULIS ANTARA LAIN

a. Mengubah keyakinan pembaca.

b. Menanamkan suatu pemahaman kepada pembaca.

c. Merangsang proses berpikir pembaca.

d. Menyenangkan dan menghibur pembaca.

e. Memberitahu pembaca.

f. Memotivasi pembaca


C.MANFAAT DALAM MENULIS 

 a Peningkatan kecerdasan.

b Pengembangan insiatif dan kreativitas.

c Penumbuhan keberanian.

d Pendorong kemauan dan keterampilan mengumpulkan informasi.

 Narasumber Menuliskan, yaitu Hairston (Nursisto, 1999: 8) juga mamaparkan beberapa manfaat menulis sebagai berikut.

a Sarana untuk menemukan sesuatu.

b Memunculkan ide baru.

c Melatih keterampilan mengorganisasi dan menjernihkan sebagai

konsep atau ide.

d Melatih sikap objektif pada diri seseorang.

e Membantu meyerap dan memproses informasi.

f Melatih untuk berpikir aktif


 Ide penulisan didapatkan dari berbagai sumber, antara lain dengan: membaca buku,

membaca jurnal ilmiah, berdiskusi, menghadiri seminar, mengamati fenomena di masyarakat,

atau berasal dari sumber lainnya.  Bila mendapatkan ide, tuangkan segera hasil menulismu di kertas, buku catatan atau media lainnya, jika telah siap dipublikasikan dan punya waktu memulai tulisan lakukan, agar tulisanmu bisa bermanfaatkan untuk umat manusia.

Salah satu penyebab mengapa orang tidak suka dan menghindar dari

menulis karena ia tidak memiliki pemahaman yang memadai mengenai apa,

mengapa, dan bagaimana menulis itu.

Berikut Narasumber mengatakan  bahwa ,memahami hakikat menulis yang diharapkan dapat membekali kita  dengan wawasan tentang konsep menulis dan konsep menulis sebagai proses

PROSES MENULIS DALAM KONSEP NYA

 1. menjelaskan pengertian menulis;

2. menguraikan manfaat menulis;

3. mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keengganan seseorang dalam menulis;

4. menerangkan mitos-mitos dalam menulis;

5. menemukan hubungan menulis dengan berbagai aspek keterampilan berbahasa lainnya;

6. menjelaskan pengertian menulis sebagai proses; serta

7. menjabarkan setiap fase dalam proses menulis

4 UNSUR PILAR  MATERI MALAM INI MENURUT NARASUMBER

Memiliku Keempat unsur itu adalah: 1. penulis sebagai penyampai pesan,

2. pesan atau sesuatu yang disampaikan penulis, 3. saluran atau medium

berupa lambang-lambang bahasa tulis seperti huruf dan tanda baca, serta

4. penerima pesan, yaitu pembaca, sebagai penerima pesan yang disampaikan oleh penulis.

 Fungsi personal, yaitu mengekspresikan pikiran, sikap, atau perasaan

pelakunya, yang diungkapkan melalui misalnya surat atau buku harian.

2. Fungsi instrumental (direktif), yaitu mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain.

3. Fungsi interaksional, yaitu menjalin hubungan sosial.

4. Fungsi informatif, yaitu menyampaikan informasi, termasuk ilmu pengetahuan.

5. Fungsi estetis, yaitu untuk mengungkapkan atau memenuhi rasa keindahan.

Berikut Prestasi beliau yang ditampilkan, sangat menarik

Narasumber kita"Dr. Mudafiatun Isriyah, S.Pd, M.Pd" merupakan pemenang penulis terbaik perpusnas. apasih perpusnas, kita bahas sebentar ya, sebagai pengembangan materi .

Perpusnas merupakan semua jenis perpustakaan yang ada di indonesia yang bertugas  membina perpustakaan yang ada di setiap provinsi. Buku ini terdiri darfi  berbagai disiplin ilmu . Buku -buku tersebut  menjadi koleksi bahan pustaka.

ISBN  adalah kepanjangan Internasioanal Standard Book Number merupaka angka 13 digit sebagai pemberi kode unik secara internasional terhadap satu buku maupun  produk seperti buku yang diterbitkan oleh penerbit. ISBN adalah Badan Internasional yang berkedudukan di LONDON. Perpusnas  |merupakan badan Nasional ISBN yang tugasnya:  Berhak memeberikan ISBN kepada penerbit yang berada di wilayah indonesia dan Katalog dalam Terbitan. Menulis buku tebaik diperpusnas tidak lebih  adanya  proses pendaftaran penerbit, permintaan ISBN.

 Pertanyaan yang sangat antusian dari  peserta  terdapat 16 pertanyaan dan Berikut Bberapa pertanyaan yang  diuraikan secara singkat.

 Beliau memberi tantangan kepada peserta tentang penulisan Antologi self  healing dalam menulis, dan bu widya menjadi kurator, wah tantangan buat para peserta pastinya.

Menulis itu tidak perlu bakat, tulislah apa yang ada di otak kita, mencari ide bisa dimanasaja, bacalah literatur yang merupakan petunjuk  dalam menulis, jadilah penulis sejati jangan menjadi penulis plagiasi, kejar Novelti, smapi tulisan anda menjadi  pasion sejati. waw  petuah yang sangat manis dari narasumber malam ini.

Referensi:

1.isbn.perpusnas.go.id

2. Perpusnas.go.id/news-detail.php?lang=id&id=201118114618sd9LzHtrlA

SALAM SEHAT  DAN SALAM LITERASI


Senin, 14 Februari 2022

Proofreading Sebelum menerbitkan tulisan



14 ferbuari 2022


PELATIHAN BELAJAR MENULIS BM 23-24

RESUME KE-13

Tanggal          :Senin,  14  Februari 2022

Pukul              : 19.00 -21.00 WIB

pertemuan     : ke- 13 (Daring Via WA)

Tema              : Proofreading Sebelum menerbitkan tulisan

Narasumber  : Susanto, S.Pd

Moderator     : Muliadi, M.Pd


Alahdulilllah Telah sampai pada pertemuan ke-13 ,dengan tanggal yang cantik juga materi yang menarik buat para penulis membuat materi ini wajib disimak. Bertepatan tanggal 14 februari hari yang cantik dan hari ini ditemani dengan  narasumber hebat Bertema"Proofreading sebelum Menerbitkan Tulisan"Dibawaikan oleh  Susanto, S.Pd beliau adalah  Beliau lebih dikenal dengan nama Pak D, beliau seorang penulis yang berpegalaman, tokoh kreator  konten dan Editor. Beliau Seorang Guru SD di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatra Utara. Pak D  seorang alumni  kelas BM angkatan 15. Dan didampingi seorang moderatorHebat beliau adalah pak Muliadi,  seorang penulis hebat. Beriku CV Narasumber


Prorfeading Merupakan kegiatan yang selalu penulis lakukan sebelum mempublikasikan penulisannya, istilah lain  Prorfeading sebuah kegiatan memeriksa kesalahan dalam teks secara cermat dan teliti , tahapan paling akhir dari proses penulisan terakhir sebelum di publikasikan kekhalayak umum . Ada 2  tahap dalam Proofreading: pertama mengoreksi teks sendiri , kedua  menyewa seorang profesional.

Tugas seorang proofreader

1.Tugas seorang proofreader membetulkan ejaan atau tanda baca  dan memastikan bahwa tulisan yang di baca bisa diterima logika dan dipahami.

2.Mampu mengenali: apakah sebuah kalimat efektif  dan substansimudah dipahami oleh pembaca

3.Proofreader mendapatkan tugas untuk menguji-baca sebuah teks terjemahan. Output yang dihasilkannya adalah sebuah teks yang mudah dipahami meski bagi orang yang tidak mengetahui bahasa asal teks terjemahan tersebut.

4. Membuat teks mudah dipahami pembaca dan tidak kehilangan substansi awalnya

Mengapa harus melakukan proofreading?

1.Proofreading merupakan tahapan penulisan yang sebaiknya tidak dilewatkan, Termasuk BLOG

2.Ketka "sedang" menulis, muncul keinginan agar tulisan ini harus sempurna. Sehingga, muncul kehawatiran: nanti tulisan jelek, tdak layak baca, banyak kesalahan ejaan, kalimatnya tidak pas, dan sebagainya. Akhirnya terjebak untuk segera memperbaiki. Beliau ibaratkan seperti proses membuat rumah. Betul juga ya

Proofreading penting dilakukan, sebelum tulisan diterbitkan.

Proofreader (meskipun dilakukan oleh penulis) bersifat netral. Seorang proofreader akan menilai karya penulis secara objektif. Oleh karenanya, proofreader bertindaklah sebagai seorang “pembaca”. Mudah dimengerti itu jawabannya.

Tugas Profreader Menurut Narasumber meliputi

Langkah Pertama

Merevisi draf awal teks, seringkali membuat perubahan signifikan pada konten dan memindahkan, menambahkan atau menghapus seluruh bagian.

 Langkah Kedua

Merevisi penggunaan bahasa: kata, frasa dan kalimat serta susunan paragraf untuk meningkatkan aliran teks.

Langkah Ketiga

Memoles kalimat untuk memastikan tata bahasa yang benar, sintaks yang jelas, dan konsistensi gaya. Memperbaiki kalimat kalimat yang ambigu.

Langkah keempat

1.  Cek ejaan. Ejaan ini merujuk ke KBBI, tetapi ada beberapa kata yang mencerminkan gaya penerbit

2.  Pemenggalan kata-kata yang merujuk ke KBBI

3.  Konsistensi nama dan ketentuannya

4.  Perhatikan judul bab dan penomorannya

Hindari kesalahan kecil yang tidak perlu misalnya typo atau kesalahan penulisan kata dan penyingkatan kata: memberi spasi (jarak) kata dan tanda koma, tanda titik, tanda seru, atau tanda tanya. Tanda-tanda baca tersebut tidak boleh diketik terpisah dari kata yang mengikutinya.

 Cara mudah melakukan proofreding terutama pada typo.

Bisa dilihat dalam akun youtube beliau

https://www.youtube.com/watch?v=tZZgrv5-JXo

 Apa perbedaan  Proofreading  dengan Editing

* Proofreding adalah kegiatan memeriksa  penulisan yang sifatnya kecil

*Editing adalah prose mengoreksi, merevisi sebauh teks melibatkan perubahan besar dalam  konten yang akan ditampilkan, perubahan struktur dan prubahan bahasa.

Orang yang melakukan profreading dinamakan  seorang proofreader, tugas profreader yaitu: Mengecek salah eja,tanda baca, tata bahasa, jarak, Berkenaaan dengan percetakan, penyelarasan serta font dan gaya penulisan. Jdi Profreading  hanya membenarkan kesalahan ejaan, tta bahasa dan tanda baca bukan kepada  isi naskah dan tidak berusaha agar penulisan kita mengalir dan enak dibaca,.

Beberapa contoh Aktifitas profreading

1. memeriksa apakah terdapat kesalahan dalam ejaan

 2.memeriksa  titik koma, koma, titik dua, titik koma, dll 

3. Mememriksa apakah kata-kata yang mirip satu sama lain, tetapi memilki arti yang berbeda

4. apakah tanda petik  telah benar digunakan.

5. memeriksa fungsinya  tanda hubung (-) dengan benar

 Tips dan Trik  Profreading meliputi:

1.Edit Tulisan anda terlebih dajhulu

2.jika kita keseringan membaca ulang penulisan kita bahkan berhari-hari  akan menghambat pada proses penulisan

3. Koreksi Cekatan

 4. Gunakan shorchut Digital

5,. Belajar dari kesalahan

6. Memilih layannan profreading

Pada proses  proofreading sangat dibutuhkan  oleh setiap  penulis. 

1. alasan naskah harus melalui ketidaksesuaian bahasa

2.menangkap kesalahan tata bahasa ang mungkin terlewatkan oleh penulis 

3. pastikan pesan yang ditulis sudah jelas

4. melindungi dari koreksi otomatis

5.membuat tulisan lebih baik

6. mengurangi bentuk kesalahan yang merugikan

7. membantu dalam menjaga reputasi kita

8. memberi tulisan yang lebih baik dan nampak profesional

9.Dua pasang mata lebih baik dari pada satu

10. keuntungan lebih banyak kita dapatkan

11.Mudah utntuk mengembangkan hubungan kerja sama  dengan Proofreader

12.tidak ada kerugian

Bebebrapa rangkaian pertanyaan  yang sebagian penulis uraikan dari hasil pemaparan Narasumber

1. Saat kita menulis ide hingga tuntas, sehingga kadang megabaikan ejaan dan kesalahan penulisan (typo). Tapi dengan  melakukan proofreading, kesalahan itu bisa diperbaiki. Kenapa g langsung dirubah saat menulis, hal tersebut ditakutkan takut ide dalam penulisan keburu hilang. Ternyata masalah ini terjadi pada semua penulis umumnya.

2.Kiat kiat agar tulisan kita bisa di pahami orang dan tidak memiliki keselahan dalam ejaan dan menempatkan tanda baca yang pasSebelum menulis pasti kita memiliki tujuan. Lalu ide yang ada dijabarkan menjadi kerangka agar tujuan tadi tercapai. Setelah jadi, tulis saja terus sesuai kerangka yang dibuat. Setelah selesai. diamkan sebentar. Beberapa waktu kemudian, lakukan uji baca (proofreading), posisikan kita sebagai calon pembaca, membaca ulang tulisan apakah kita mampu memahami tulisan sendiri

3.Agar terhindar dari kesalahan ejaan atau tanda baca, gunakan 2 jimat. KBBI dan PUEBI.

istilah Jimat menurut narasumber beliau membagi link ini

https://ummumqz.blogspot.com/2022/02/jimat.html

4. Trik yang digunakan agar bisa  melakukan proofreader sendiri dengan teliti?

Untuk mengoreksi typo, lakukan seperti pada video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=tZZgrv5-JXo

Narasumber berkata, beliau belajar PUEBI dengan membuat flyer


5.Berapa kali idealnya proofreading dilakukan, sebelum tulisan di terbitkan? 

Mengingat  kadang terjadi juga tulisan sudah diterbikan baru ketahuan ada salah huruf, kurang huruf atau kesalahan lain. Yaitu Satu kali sesudah beberapa saat diendapkan.

Ulangi lagi, dan minta orang lain untuk membaca tulisan kita. Makanya sebelum jadi buku solo hasil menlis resume, Ibu meminta teman untuk menjadi editornya. Sebab, penerbit Indie biasanya menyediakan editor sederhana, artinya, naskah yang masuk harus benar-benar naskah yang fix.


Referensi:

1.https://native-proofreading.com/profreading-adalah-pengeditan/



SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI 

Jumat, 11 Februari 2022

MENGELOLA MAJALAH SEKOLAH

 


PELATIHAN BELAJAR MENULIS BM 23-24

RESUME KE-12

Tanggal          :Jumat, 11 Februari 2022

Pukul              : 19.00 -21.00 WIB

pertemuan     : ke- 12 (Daring Via WA)

Tema              : MENGELOLA MAJALAH SEKOLAH  

Narasumber  : WIDYA SETYANINGSIH

Moderator     :  MAESAROH


MENGELOLA MAJALAH SEKOLAH  

 Alhamdulillah sudah sampai pada pertemuan ke 12, pertemuan ini dimoderatori oleh  Seorang moderator canti yaitu maesaroh  dan di Narasumberi oleh Widya Setyaningsih beliau seorang  Peserta yang gigih , selalu membawa bumbu semangat   dalam menulis tutur moderator kita, merupakan peserta pertama yang lulus angkatan  21, seorang yang gigih dan mampu melahirkan karya perdananya yang begitu  manis  berjudul" laras-laras makna dalam puisi" wah sangat luar biasa narasumber kita malam ini. Dan malam ini   bersama Narasumber membuka pembelajaran dengan opening yang sangat menarik dan beliau menuturkan pengucapan istimewa kepada  founder kita dan sekaligus  guru bloger indonesia, belajar bersam dikelas menulis mengantarkan narasumber  memiliki karya buku sendiri,tepuk tangan buat narasumber hebat kita, berkat om jay juga saya bisa masuk kelas-kelas pelatihan PGRI bersama beliau,terimaksih  OM Jay, hormat saya.

A.PENGERTIAN MAJALAH SEKOLAH

majalah sekolah adalah majalah yang dikelola, dibuat dan diedarkan dikalangan sekolah.dari sekolah untuk sekolah

Secara umum Majalah Dinding adalah sebuah kegian ekstra kurikuler yang bisa melatih berbagai karakter contohnya majalah dinding sekolah murid seperti: orientasi masa depan, kerjasama, saling menghargai, perencanaan, kreatif, produktif, eksplorasi, konsisten.

APAKAH MAJALAH DI SEKOLAH ITU PENTING?JAWABANNYA SANGAT PENTING. Kita akan bahas fungsi majalah di sekolah

FUNGSI MAJALAH DI SEKOLAH

1.          Majalah sekolah sebagai sarana berekspresi dan berkreasi bagi siswa

Sangat bermanfaat dengan penugasan-penugasan sekolah terkait pembelajaran

2.          Melatih berorganisasi dan kerjasama di dalam tim.

Membantu siawa membentuk karakter dalam bekerja sama di dalam

sebuah tim redaksi. Sehingga mampu untuk diimplementasikan dikehidupan nyata

3.          Majalah sekolah bisa menjadi sarana publikasi sekolah yang sangat efektif

.sangat penting  antara lain mampu memperkenalkan sekolah, membantu kreatifitas

Guru dalam menulis juga siswa

LANGKAH LANGKAH MENERBITKAN MAJALAH SEKOLAH

1.      Menyatukan ide dan gagasan. Mencari teman-teman yang memiliki jiwa literasi dan

       organisasi.Membentuk susunan redaksi majalah

2. Mengajukan Proposal.

     Membuat proposal meliputi latar belakang, tujuan, susunan redaksi, anggaran dana dsbnya.

3. Membuat rancangan majalah. Menentukan nama majalah, isi berita, pendanaan dll.

4. Mencari rekanan pendukung. Percetakan, sponsor dll


    PENGERTIAN MAJALAH  MENURUT  KBBI



langkah-langkah menerbitkan majlah sekolah ada 4 step  menurut |Narasumber
1. menyatukan ide dan gagasan

2. mengajukan proposal

3.membuat rancangan majalah

4.mencari rekaman pendukung


Susunan redaksi majalah sekolah bisa dilihat dalam slide 


Berikut  5 manfaat -manfaat majalah di sekolah menurut  narasumber


Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerbitkan majalah sekolah

1. membuat nama sekolah

2.menentukan artikel,tema dan 

3.Penggunanan bahasa yang dippakai

4. membuat pengajuan  ISBN, membuat  cover, biaya percetakan

Tujuan Diadakannya Majalah Sekolah

1. Di gunakan sebagai media  komunikasi

2. Di Gunakan sebagai media kreatifitas

3. Di gunakan sebagai media meningkatkat kreatifitas dan 

4.ketrampilan dalam menulis membangun  kebiasaan membaca

5. memanfaatkan waktu luang

6.Melatih kecerdasan berfikir melatih dalam bejerjasam dan berorganisasi

Beberapa bentuk  pertanyaan dengan jawaban di desain unik yang mewarnai pelajaran malam ini.

1.Mencoba membuat majalah sekolah, dengan minimnya biaya bos dan

Dan syarat membuat ISSN??

Caranya bisa dengan mencari sponsor untuk memasang iklan 

Mencari walimurid yang punya usaha dan butuh periklanan.

Dana dari siswa pribadi dengan sistem menabung, sebulan 2000 rupiah.

Terbitkan 6 bulan sekali untuk mengurangi pengeluaran.Tutur Narasumber

Syarat membuat ISSBN

Membuat seperti ini.

Surat permohonan di atas kertas kop surat, ditandatangi pimpinan dan distempel basah

Halaman judul.

balik halaman judul.

kata pengantar.

daftar isi.

Nama majalah.

2. Perbedaaan Buletin dan Majalah

buletin, lebih mengupas materi. Tidak ada berita.

    Kalau majalah lebih kompleks, bisa berita dan materi, rubriknya n dan lebih luas

☆buletin biasanya lebih tipis, temanya ringkas dan terbatas. Sedangkan majalah lebih tebal krn menyajikan banyak hal.

☆Buletin biasanya mengangkat suatu topik tertentu dan dipublikasikan dalam kurun waktu tertentu atau berkala, Sedangkan majalah kumpulan berita, cerita, artikel, dan iklan yang umumnya dicetak pada lembar kertas berukuran kuarto (A4) dan dijilid berbentuk buku serta diterbitkan berkala.

3. Semua berpulang pada pribadi masing-masing

    Sebagai pengagas kira harus bisa menjadi kompor penyemangat teman2 kita

    Gunakan wewenang kepala sekolah untuk memotivasi seluruh anak buahnya.

    Batu yg tertetes aer terus menerus tentu akan berlubang jua.

    Jadi jangan menyerah, tetap kobarkan semangat untuk membanggakan sekolah kita

    Kita hidup disekolah, kita berkarya di seolah, mendapatkan penghasilan dari sekolah.

    kita bisa bertemu keluarga baru di seolah. Ibaratnya sekolah adalah keluarga 

    kita yang kedua. Apa yang bisa kita perbuat untuk membesarkan sekolah kita.

    Inilah saatnya membuat sekolah kita bangga dengan adanya majalah sekolah

4. 1. Menurut narasumber yang perlu dipersiapkan sebelum terbitnya sebuah majalah 

     sekolah adalah personil (SDMNYA), Kemampuan (Skillnya), Pendanaan nya

     (BOS,  sponsor), Promosi, dan mempertahankan nya.

    2. Kesulitannya yang utama adalah memulainya, membuat semua mendukung, 

     sampai berdiri dan mempertahankan agar tetap eksis.


   CLOSING STATEMENT NARASUMBER 






SAALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

MERDEKA BELAJAR, MERDEKA MENGAJAR ALA GURU SD

Merdeka Belajar Ala Guru SD Merdeka Belajar menjadi salah satu gebrakan yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Tekno...

STATEGI MENANGKAL HOAKS