Sabtu, 16 April 2022

BERKREASI LEWAT YOUTUBE DAN BLOG RITA WATI, S.KOM

Kelas Inovasi IGTIK PGRI
Tema     : Berkreasi Lewat YouTube dan Blog
Tanggal : Jumat, 15 April 2022 pukul 14:00 WIB
Pertemuan: ke-7
penulis  : Sri Wulandari





BERKREASI LEWAT YOUTUBE DAN BLOG



        Berkreasi lewat Youtube dan Blog bersama Narasumber Rita Wati, S.kom, sangat menantang kami sebagai seorang guru, lebih -lebih guru di era 2022 harus penuh dengan inovasi, kreatif dan harus terus belajar  dan berkarya serta belajar sepanjang hayat agar bisa dikenang, dalam dunia digital.


PROFIL NARASUMBER  RITA WATI S.Kom



Untuk mengetahui dan  mengunjungi siapa beliau, banyak sekali ditemukan pada mesin pencarian google. Salah satunya  bisa mengunjungi 

http://www.ritapinang.my.id/
https://www.cikgurita.com
https://catatangurumilenial.wordpress.com/


Berkreasi lewat youtube dan blog, link https://youtu.be/KKNzHPmIfi4





         Materi yang sangat menarik dan Unik, Beliau berbagi banyak hal mulai dari belajar membuat video pembelajaran dengan canva, cara merubah  tema di blog sesuai dengan tema pilihan  yang diinginkan, serta berbagi saran dan tips agar media pembelajaran dalam blog maupun di youtube selalu dilakukan, biarkan apa adanya tutur narasumber hebat kita. Banyak sekali ilmu yang diperoleh dari  webiner BERKREASI LEWAT YOUTUBE DAN BLOG RITA WATI, S.KOM, jika sahabat pembaca  tertinggal mengikuti materi, berikut tampilan link youtubenya. banyak sekali respon dari para peserta termasuk saya tentunya, terimaksih bu Rita, sukses selalu untukmu. Semoga kelak bisa sehebat Beliau, aamiin.

Kelas Inovasi IGTIK PGRI is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Berkreasi Lewat YouTube dan Blog
Time: Jumat, 15 April 2022 pukul 14:00 WIB

Join Zoom Meeting
https://us06web.zoom.us/j/89570169224?pwd=WWVINGRXZXV3Rk5uNXhncG1CZzM0Zz09

Meeting ID: 895 7016 9224
Passcode: PGRI




Semoga Bermanfaat


#KelasInovasi
#PGRI 
# Materi15April.pertemuan ke-7

SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI


Jawaban Kelas 4 Sd, Tema 8 (Pengertian dan ciri-ciri serta unsur-unsur cerita Fiksi)

Jawaban Kelas 4 Sd, Tema 8 (Pengertian dan ciri-ciri serta unsur-unsur cerita Fiksi)

Kegiatan Literasi disekolah Sdn sapeken 11


 

Pembelajaran tematik kelas 4 Sd tema 8, yuk kita mulai ke materi pembelajaran.

A. Pengertian  Cerita Fiksi

Cerita fiksi adalah merupakan karangan non ilmiah dalam artian dia bersifat imajinatif dari sebuah pengarang. Buku fiksi lebih kepada bagaimana seseorang menggunakan imajinasi mereka untuk menulis. Contohnya novel, cerpen. Cerita  Fiksi lebih kepada bersifat hiburan.

B.Mengapa Harus Belajar Menulis Fiksi?

1.Menulis Fiksi salah satu aspek yang dinilai dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah Literasi Teks Fiksi. Dengan belajar menulis fiksi, tentu seorang guru akan lebih mudah membuat soal latihan AKM bagi murid-muridnya.

2. Menulis fiksi merupakan cara asyik untuk menyembunyikan dan menyembuhkan luka. Dengan menulis fiksi, seorang guru bisa menyuarakan isi hatinya melalui tokoh-tokoh yang diciptakannya.

3. Cerita fiksi merupakan media pembelajaran alternatif yang menyenangkan bagi murid terutama menyangkut pengembangan karakter dan materi pengayaan.

4. Menulis fiksi bisa menjadi tambahan poin dan koin, terutama jika dikumpulkan menjadi sebuah buku.

C. Apa Saja Syarat Bisa Menulis Fiksi?

1.  komitmen dan niat kuat untuk belajar menulis fiksi, baik melalui postingan blog atau kompetisi.

2. kemauan dan kemampuan melakukan riset. Tujuannya agar tulisan menjadi lebih nyata. Misalnya, menyangkut latar tempat.

3. Banyak membaca cerita fiksi karya penulis lain. Hal ini akan memperkaya kosa kata dan juga menemukan gaya menulis.

4.Mempelajari KBBI dan PUEBI agar cerita yang ditulis sesuai kaidah kebahasaan.

5.Memahami dasar-dasar menulis cerita fiksi.

D. Apa Saja Unsur-unsur Pembangun Cerita Fiksi?

1. Tema yang merupakan ide pokok cerita. Kiat menemukan tema adalah yang paling dekat dengan kita. Bisa saja keluarga atau sekolah, pilih tema yang paling disukai dan kuasai. Hal ini akan memudahkan dalam menyelesaikan cerita.

2.Premis : ringkasan cerita dalam satu kalimat. Unsur-unsurnya terdiri dari karakter, tujuan tokoh, halangan/rintangan, dan resolusi. Contoh: Seorang penyihir muda berjuang melawan penyihir jahat, Contoh tersebut adalah premis dari novel Harry Potter. Ini salah satu film kesukaan, penulis menunggu seri klanjutan kisah anak Harry Potter.

3. Alur atau plot :  struktur rangkaian kejadian dalam cerita. Terdiri dari pengenalan cerita, awal konflik, menuju konflik, konflik/klimaks, dan ending.

4.Penokohan : penjelasan selangkah demi selangkah detail karakter dalam cerita. Bisa digambarkan secara langsung, fisik dan perilaku tokoh, lingkungan, tata bahasa tokoh, dan penggambaran oleh tokoh lain.

5. latar/setting : penggambaran waktu, tempat, dan suasana.

6. sudut pandang : cara penulis menempatkan diri. Penggunaan sudut pandang dalam menulis cerita fiksi harus konsisten.

E.Bagaimana Kita Menulis Cerita Fiksi?

1. Niatkan dalam hati  untuk memulai dan menyelesaikan cerita fiksi. Permasalahan yang dihadapi oleh penulis adalah mengalami kebuntuan ide menyelesaikan tulisan fiksi.

2. Perbanyak membaca cerita fiksi karya orang lain untuk menambah referensi berupa ide/gagasan/tema, teknik menulis, pemilihan kata, dan gaya penulisan.

3. Terkait ide dan genre. Catat segera ide cerita yang terlintas di kepala agar ide tidak hilang begitu saja. Pilih genre yang disukai dan kuasai.

4.Outline/kerangka karangan.

Kerangka disusun berdasarkan unsur-unsur (pembangun cerita fiksi)

Menentukan tema agar pembaca mengerti(lingkup cerita fiksi kita)

Membuat premis sesuai tema

Menentukan uraian alur/plot berdasarkan  unsur-unsurnya

 Menentukan penokohan kuat berdasarkan

jenis dan teknik penggambaran watak tokoh dengan baik

Menentukan latar/setting dengan

menunjukkan sisi eksotis dan detail

Memilih sudut pandang penceritaan yang unik

5.Mulailah menulis.

Membuka cerita dengan baik (dialog, kutipan, kata unik, konflik)

Melakukan pengenalan tokoh dan latar dengan baik dengan cara memaparkan secara jelas

kepada pembaca

Menguatkan sisi konflik internal dan eksternal tokoh

Menggunakan pertimbangan logis agar tidak cacat logika dan memperkuat imajinasi

Memilih susunan kalimat yang pendek dan jelas

Memperkuat tulisan dengan pemilihan kata  (diksi)

Membuat ending yang baik

Ciri-ciri cerita Fiksi:

1. bersifat  imajinasi, dari  ceritanya bersifat imajinatif, salah satu contohnya seperti Harry Potter,

Contoh lain seperti cerpen dongeng hingga novel

2.ceritanya kebenarannya  ada bersifat relatif dan tidak mutlak

3.  bahas yang digunakan bersifat konotatif

4.Sismatika penulisan baku. 

5.Memiliki amanat atau pesan moral

Jenis-jenis teks fiksi 

1 .fiksi Stories

2.Fiksi biografis

3..fiksi sains. 

4.cerita pendek atau cerpen

5.novelet

6.novel

7.cerita anak

8.dongeng

9.fabel

10.hikayat

11.legenda

12.mite

13.cerita perumpamaan



Semoga Bermanfaat

#kelas4tema8pembelajaran subtema1

#Ceritafiksi

#ciriciri

#kuncijawaban 

#kelas4sd

#Literasisekolah

Minggu, 10 April 2022

INOVASI PEMBELAJARAN MODEL BU EMI

 8 April 2022, Resume ke-6

penulis : Sri wulandari




Narasumber : Emi Sudarwati, SP.d

 Moderator  : Leni Priska


        Narasumber  yang membersamai  malam 8 april 2022 beliau adalah bu Em Sudarwati, SP.d, Seorang peraih juara 1 Inobel Nasional serta seorang penuis buku, beliau juga merupakan Guru Bahasa Jawa yang mengajar di SMP 1 Baureno, Bojonegoro. Beliau adalah seorang  pegiat Literasi Guru dan lebih dari 519 buku ber-ISBNterselip nama beliau,waw prestasi yang sangat membanggakan. Beliau menyabet gelar lomba INOBELNAS tahun 2016, dengan Email: emilme2011@gmail.com.

Mencari tentang siapa Bu Emi Sudarwani bisa dilakukan didalam mesin pencarian google, banyak sekali prestasi-prestasi yang menarik tentang beliau.

        Pengertian INOBELNAS: Inovasi Pembelajaran Nasional, menciptakan sebuah karya inovasi yang orisinil sangat diperlukan. dalam mengikuti kegiatan tersebut harus berdasarkan karya sendiri. Inobelnas mampu menciptakan Karya Tulis Ilmiah

 Narasumber bu Emi Sudarwani merupakan finalis Inobelnas di Jakarta  bersama 102 finalis  seluruh guru di tanah air, sungguh menakjubkan bukan.

 Terdapat 3 kata kunci dalam menulis Inobel yaitu

1.Similarity :kemiripan atau kesamaan suatu naskah dan hindarilah plagiarisme

2.Sitasi : Pengutipan dengan gaya salingkung

3. INovasi: Ciptakan sebuah trobosan baru dengan cara yang berbeda

menghasilkan sebuah karya  sendiri dan beliau telah melahirkan para menulis muda, anak didik beliau banyak menjadi seorang penulis  handal , Wah sangat menjadi ispirasi buat kami. Semoga mampu melahirkan  tulisan-tulisan yang sangat bermanfaat apalgi jika bersama sama menghasilkan karya  bersama-sama peserta didik, sungguh cita-cita yang sangat luhur.


Berikut link Review materi  bisa dilihat di.

https://www.youtube.com/watch?v=l6OgA2Gu-I4






Semoga bermanfaat



#KelasInovasi
#PGRI 
# Materi8April.pertemuan ke-6

SALAM SEHAT DAN SALAM  LITERASI

Sabtu, 09 April 2022

MENGGIATKAN KEMBALI PERMAINAN TRADISIONAL SAAT PTM TERBATAS DI PAUD

 11 Maret, Resume Ke-2

 

Tanggal          : 11 Maret 2022

Pukul              : 19.30 -21.00 WIB sampai selesai

pertemuan      : ke - 2  (Daring Via Zoom)

Tema                : Menggiatkan Kembali Permainan Tradisional Saat PTM Terbatas Di PAUD

Narasumber   :  HIndah Setianingsih

Moderator      : Sunarmi


        Alhamdulillah sudah sampai pada pertemuan ke-2 , yang  memotivas untuk ikut kedalam KELAS INOVASI PGRI GELOMBANG 1 .  
Mengingat peran penting kita sebagai  seorang guru pencetak karakter  generasi bangsa , bangsa indonesia, Kelas ini memiliki  peran dalam pengembangan  diri, dan menysusun pembelajaran abad-21 sehingga guru harus terus berinovasi, berkolaborasi sehinnga mampu mencetak generasi hebat, menyesuaikan dengan kurikulum merdeka belajar  dengan Tema malam ini yang di saksikan ditayangan Zoom  maupun di youtube, serta bisa di simak dengan narasumber yang membersamai Hindah Setianingsih S.Pd, MPd.
        Berikut  tentang narasumber beliau  seorang  Motivator berasal  dari bojonegoro, bU indah setyaningsih  seorang guru paud, dan mengajar d TK Kartini pacol.
 Banyak prestasi yang beliau ukir, salah satunya Juara Favorit membaca  nyaring tingkat nasional tahun 2018, juara ketiga  membuat video paud keresidenan, Peserta terbaik TK inovatif dan inspiratif pada masa pandemi, lomba juara 1 bercerita sekabupaten bojonegoro, juara gerak dan lagu pelajar pancasia tahun 2021  tingkat nasional 2021.
         Permainan tradisional  merupakan permainan warisan nenek moyang. Beruntunglah saya masih bisa menikmati permainan tradisional bersama teman-teman petak umpet slah satu contohnya, karena beberapa faktor-fakor yaang sangat mendukung permainan tradisional ini hampir dikata punah pekerjaan orangtua,lokasi ,dan  efek keadaan zaman yang mulai berubah akibat perkembangan zaman dan perkembangan teknologi sangat mmemicu kendala ini. Materi  malam ini akan membahas cara menggiatkan kembali permainan tradisional ini.

Beberapa aspek pengembangan pada permainan tradisional

1.Nilai agama
2. Fisik motorik
3. kognitif
4.Seni
5.Bahasa
6. Sosial Emosional

 Macam- macam permainan tradisional 
1. Engklek
2. Lompat Tali
3. Baklak
4.Blanthik atau pate lele
5.Kucing dan Tikus
6. Obat Dhelik atau petak umpet
7.Sledhur-sledhur atau ular naga
8.Sapu Tangan
9.  
10. Cublak-cublak suweng
11. Bekel
12. Gotri ala
13. Congklak atau dakon
14.pasaran atau permainan jual beli
15. Silahkan-silakan
16.permisi Tuan atau nyonya
17. pong-pong golong
18.Ndas, gulu, cucuk, cakar,combel
19. Tong-tong mukiji
20.Dolanan gendong-gendongan
  
        Hendaknya semua permainan tradisional  kearifan lokal budaya bangsa  perlu digalakkan lagi sehingga perlu dilestarikan karena merupakan permainan tradisional nenek moyang yang tidak harus punah termakan zaman, Karena sejatinya kalau bukan kita generasi pelestari, siapa lagi yang akan peduli.
Permainan tradisional dimasing-masing daerah sangat berbeda dari pola bahasanya tapi sejatinya  sama, sangat indah karena kita tahu budaya bangsa yang beragam membuat budaya bangsa  juga berbeda sesuai daerah dan kebudayaannya masing-masing.

Review ulang materi dalam link youtube.

https://www.youtube.com/watch?v=kYnsRC2rb8o




 Semangat selalu penggerak pelestari permainan tradisional

 Semoga bermanfaat



SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

Rabu, 06 April 2022

LITERASI SPIRITUAL GURU FILOSOFI PENDIDIKAN KH. HASYIM ASY'ARI(MERDEKA BELAJAR)

Materi  Nguping-4 SatuGuru, 31Maret 2021


 

Materi Satu Guru tanggal 31 Maret 2022  sangat berkesan kenapa tidak, banyak hal-hal dan pelajaran berharga yang bisa kita  dapat dari sharing ilmu 2 Narasumber Hebat Beliau Merupakan seorang Doctor,  Fahruddin Faiz atau dipanggil dengan Dr. Faiz dan  Cepi Riyana atau Dr. Cepi, Kedua Narasumber hebat telah memberi pengarahan seperti apa Merdeka Belajar Ssungguhnya.

Point penting penuturan Dr.Cepi  beliau  terangkan dalam Merdeka Belajar, essensinya bagaimana pendidikan itu harus harmoins, kemampuan knowladge,skil, pembentukan karakter , penanaman ahlak.

Rambu-rambu  yang harus dimiliki guru dan murid tentang memaknai Merdeka Belajar agar tidak kebablasan atau salah arah, yaitu terletak pada kunci “Dimana kebebasan tersebut  ada batasan dan bertanggung jawab, salah satu contoh: Merdeka Belajar Hasyim Ashari menekankan pada Nilai Etik,Paradigma Etika berupa prilaku. Tidak kalah penting rambu-rambu  agar tepat memaknai arti Merdeka Belajar, Mengacu pada: Pada Sila ke-5, Budaya atau kulture, Keimanan( Aturan pada AL-Qur’an  sangat diperlukan sebagai perisai dalam memaknai Merdeka Belajar) .

Dr. Faiz Mengatakan, Mari posisikan teknologi sebagai  alat yang mempermudah pekerjaan kita dan Harapan beliau jangan sampai kita sebagai pendidik diperalat oleh teknologi itu sendiri.

 Seperti Ki Hajar Dewantara dan Hasyim Asari sejatinya  menjadi seorang guru  Mari mengajar dari hati ke hati dan mari belajar hati-hati karea hsejatinya peran pendidik todak bisa diganti oleh Teknologi,Tutur dr.Faiz

Penguasaan Teknologi harus betul-betul bijak, bukan hanya sebagai alat yang bisa memperbudak penggunanya, namun lebih ke hal kebaikan, semoga Teknologi ini mampu mendekatkan kita kepada kebaikan dan mendekatkan pada sang maha pencipta sesuai (tuntunan Agama) , tutur Dr.Cepi.

Sekian, semoga Bermanfaat

Salam Sehat Dan Salam literasi



Senin, 04 April 2022

MERANCANG MENGEMBANGKAN DAN MEMUBLIKASIKAN INOVASI PEMBELAJARAN

 18 Maret 2022


        Materi pembelajaran Kelas Inovasi PGRI  pada malam ini telah smpai pada pertemuan ke-3  tanggal 18 maret bertema merancang mengembangkan dan memuplikasikan inovasi.  Pembelajaran, dengan narasumber " Edi Arham S" materi dimulai pada  jam 19.30 Live Via Zom dan bis a disimak Di Youtube. Alahmdulillah Saya menyimak di youtube karena kendala pemberkasan  di luar kota. Pak Narasumber kita pak Edi Arham, beral dari kota Konawe, Sulawesi Tenggara dan materi kita ditemani oleh  Bu Rifatun Salatiga. dan kelas ini merupakan kelas inisiatif pak Ajun Pujang Anom.

        Beliau menuturkan berbagi terkait pengalaman beliau keluar dari zona aman. kurang lebih 5 tahun  sejak 2017 beliau bertemu Om Jay, beliau bisa bertemu dengan guru-guru hebat.

Biodata  beliau lahir 9 juni 1979, Sd Negeri Laolata sejak  1 april 2008 sampai sekarang, desa laulata, kecamatan Sulawesi Tenggara. Organisasi wakil sekretaris umum Selawesi Utara, Ketua komunitas baca tulis, Guru prestasi terbaik 2017, Guru prestasi  inovasi pembelajar tingkat Nasional, Guru terbaik daerah kusus,  tahun 2018 pesesrta terbaik bimtek Pancasila dari kemendikbud dan masih banyak lagi prestasi keorganisasian beliau yang sangat menginspirasi.

        Inovasi Pembelajaran kan membahas menjadi 3, yaitu bagaimana kita menggali ide dan gagasan, Bagaimana kita mengembangkan dan  bagaimana kita mempublikasikan karya kita. Mengapa kita harus berinovasi? terjadi perubahn-perubahan dan stagnan dan harus terus berinovasi, merupakan keharusan.

1.Banyak menyelesaikan inovasi pembelajaran

2. Menuangngkan ide dalam bentuk nyata

3. Tuntutan pekerjaan(sangat bermanfaat dalam angka kredit untuk karya inovasi) 

4. Hiburan, berbasis TIK misal pada lomba inovasi pembelajaran berbasis TIK

Gambar Jenis Karya Inovasi Pembelajaran - Jenis Alat Peraga

Inovasi Pembelajaran Berasarkan Produk yang Dihasilkan ada 4, lihat pada gambar serta tahapan - tahapan Implementasi, Bisa disimak Secara lengkap dalam rekaman youtube.

tayangan di  https://youtu.be/aCMa0Ie-MBM


Rangkaian materi  sesi sharing, yang sangat menarik pada materi ini

1.Bagaiman kita harus berinovasi jika minat belajar siswa rendah, jawabannya perlu melakukan refleksi, cara kerja, metode mengajar, materi harus disesuaikan dengan materinya,melakukan refleksi dan hasil identifikasi.

2.Bagaiman trik atau cara memotivasi guru-guru yang menemukan inovasi agar mereka bisa tampil, jawabannya meningkatkan diferensiasi dan potensi yang dikembangkan, siasatnya untuk melihat kemampuannya, mengajak, mencari kelebihan orang-orang yang memiliki kemampuan IT.

3.Untuk bisa bicara dan menulis yaitu membutuhkan jam terbang  serta kebiasaan untuk memiliki kemampuan,Jika kemampuan hanya tersimpan di file dan di buku, tidak bisa tampil secara umum,  triknya yaitu menyampaikan apa adanya, daya idealis, peran tokoh setempat, mendesak mereka untuk bisa berbagi.

4. Bagaiman cara kita menuangkan gagasan atau inovasi belajar  pada kurikulum merdeka, prototipe,jawabannya  Terkait  esensinya darikurikulum berpusat pada murid, memilih bakat dan minatnya, kurikulum Merdeka Belajar  akan sukses Jika SDM Pengajar atau SDM guru-Guru sudah siap, Terkait matematika dan abhasa indonesia, lebih mengerucut lagi ke materi nya apa dan sub materinya dikerucutkan lagi, contoh materi pembelajaran dilingkungan sekolah disesuaikan misl membuat alat peraga secara nyata(coin, batu, membuat dalam video pembelajaran).

Semoga bermanfaat

SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI



Sabtu, 02 April 2022

TEKNIK BELAJAR BERBICARA YANG MEMULAU, SAMSUL RAHMAN, MA

Tanggal          :26  Maret 2022

Pukul              : 19.30 -21.00 WIB ( sampai selesai)

Tema                : Teknik Belajar Berbicara Yang Memukau

Narasumber   : Syamsul Rahman, MA


Narasumber merupakan Seorang Narasumber Hebat beliau sering membawakan seminar nasional dan seminar internasional, seorang Coach Mental Building, Untuk lebih mengenal beliau bisa dilihat daam mesin pencarian google.

Apa itu publick speaking,  bagaimana cara kita menyampaikan dengan baik.

Teknilk Public Speaking:

1. Variasi Suara(jangan sampai monoton, flad)

2.Ekspresi wajah (Bahagia jangan kaku,)

3.Kontak Mata( Pesan yang disampaikan akan tersendat contohnya: saat bicara memalingkan muka)

4. Bahasa Tubuh 

 Faktor Pembentuk Speaker

1. Terlahir Berbakat

2. Lingkungan

3. Latihan 

 Latihan merupakan suatu kesiapan, karna tanpa latihan akan turun tanpa penghormatan, karena sikap gagap.

 Keberhasilan  Public Speaker

1. Mentalitas (lakukan persiapan sebaik-baiknya, datanglah lebih awal, kenali siapa audiens baik jabatan, posisi)

2. Media (persiapkan materi sejak awal )

3. Materi (menggunakan  audio Visual ada alat bantu memiliki manfaat)

Klik baca tautan berikut:
Https://www.kompasiana.com/wijayalabs/623ea446ba21bc3a7e3ba762/teknik-belajar-bicara-yang-memukau. 
Untuk tanyangan youtube Bisa  buka tautan berikut:






Dokumentasi Pribadi Webiner

SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

Senin, 28 Maret 2022

KIAT MENYUSUN KARYA TULIS INOVASI PEMBELAJARAN

 25 Maret 2022, resume ke-4


Tanggal          : 25 Maret 2022

Pukul              : 19.00 -21.00 WIB

pertemuan      : ke - 4  (Daring Via Zoom)

Tema                : KIat menyusun karya tulis inovasi pembelajaran

Narasumber   : Umi Rosyidah


Alhamdulillah sudah sampai pada pertemuan ke-4, yang  memotivas untuk ikut kedalam KELAS INOVASI PGRI GELOMBANG 1 .  
Mengingat peran penting kita sebagai seorang guru pencetak karakter  generasi bangsa , bangsa indonesia, Kelas ini memiliki  peran dalam pengemabangan  diri,dengan Tema malam ini yang di saksikan ditayangan Zoom Serta bisa disimak
Narasumber yang membersamai UMI ROSYIDAH, MPd.I, untuk materi mendetail bisa membuka tautan link berikut.

https://youtu.be/uGe4IbQ9WZg



https://youtu.be/5Ug6tP5SKz4  
                                               
             




Dokumentasi  Webiner

        



Semoga materi  ini, dapat bermanfaat


#KelasInovasi
#PGRI Semakin Luar Biasa
# Materi 26 Maret.pertemuan ke-4

SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

POINT BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT

 11 MARET 2021, RESUM KE - 24

Pukul              : 19.00 -21.00 WIB

pertemuan     : ke- 24 (Daring Via WA)

Tema              : Point Buku  Pada Kenaikan Pangkat

Narasumber   :Dr. H. Imron Rosidi, M.Pd

Moderator     : Mr. Bam

        Alhamdulilllah Telah sampai pada pertemuan ke-24,  Materi malam ini  hampir dikata materi pamungkas  tinggal 6 pertemuan lagi dan juga merupakan materi yang sangat menarik karena berhubungan dengan  tugas  akhir dan so pasti tips nya hanya dapat kita dapati di Pelatihan  Belajar Menulis Bersama PGRI, Sapaan hangat sebagai pembuka yang moderator suguhkan dalam pelatihan belajar menulis PGRI asuhan Om Jay sang guru bloger Indonesia. Moderator yang sudah kita kenal sellalu menemani perjalanan menulis kita, beliau adalah Mr Bams yang selalu  hadir menemani  kita bersama di belajar menulis (BM 24)PGRI , materi "Luar biasa ya materi malam ini yang mana Point Buku Pada kenaikan  Pangkat seperti biasa diriingi dengan salam pembuka, pemaparan materi, tanya jawab dan disertai penutup, Dan lebih menariknya lagi Narasumber hebat kita malam ini adalah "Dr. H. Imron Rosidi, M.Pd"Untuk melihat rekam jejak beliau, silahkan membaca tautan di bawah ini.

 CV . Dr. H. Imron Rosidi, M.Pd


        Beliau merupakan Guru SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan merupakan sekolah terbaik dikabupaten Pasuruan. Sekolah ini berdiri pada tahun 1981. Dari sisi usia SMA Negeri 1 Bangil masih cukup muda, namun demikian memilki semangat tumbuh dan berkembang pesat. Beliau bagian dari tim penilai pangkat guru pusat dari golongan IVb keatas dan juga sebagai ketua tim penilai Provinsi jawa Timur. akan membahas tuntas tentang cara mendapatkan poin buku pada kenaikan pangkat PNS juga bagaimana cara menyusun buku yang berasal dari penelitian.  link tertaut Narasumber sebagai berikut:

https://radarbromo.jawapos.com/features/04/12/2021/imron-rosidi-kepala-sman-1-bangil-yang-produktif-menulis-buku/

Point Buku pada kenaikan pangkat

1.presentasi di forum ilmiah

2.Laporan Hasil Penelitian

3. Tinjauan Ilmiah

4.Tulisan Ilmiah Populer

5.Artikel Ilmiah

6.Buku  Pelajaran

7.Modul atau diklat

8.Buku dalam Bidang Pendidikan

9. Karya Terjemahan

10. Buku Pedoman  Guru


        Siapa pun bisa menulis asal mau, apalagi bagi seorang guru menulis bukanlah hal baru, guru biasa menulis kelengkapan sekolah. Dari rpp, silabus, program semester program tahunan dan lain sebagainya. Itu sudah modal dasar untuk bisa menulis. 

         Sebagai seorang guru, dimas asekarang ini diwajibkan  untuk menulis  karya tulis bisa berupa openelitian tindakan kelas  ataupun Buku. Kemampuan menulis sendiri merupakan faktor yang sangat penting dalam proses menyusun sebuah buku apa pun. Tanpa kemampuan tersebut seorang guru pastinya tak akan mampu membuat buku yang baik. 

        Narasumber mengatakan bahwa" Naik pangkat itu mudah, asal kita mampu memenuhi unsur  publikasi ilmiah dan karya inovatif ada 10 jenis PI dan 4 jenis KI. Semua bisa kita penuhi apabila kita memiliki kemampuan menulis dan meneliti"

 Tiga Unsur  Dalam Kenaikan Pangkat
  1.  Pengembangan diri
  2. Publikasi Ilmiah 
  3. Karya Inovasi
Pengembangan diri diperoleh dari kegiatan kolektif guru (KKG, MGMP) dan diklat fungsional guru. Diklat fungsional guru hrs dipilih agar bisa dinilai, yaitu yg diadakan oleh PT, lembaga diklat resmi, organisasi profesi guru. Pengajuannya dg mengusulkan laporan pengembangan diri yg dilampiri surat tugas dan sertifikat

1. Pengembangan Diri  ada 10 jenis. 
  1. Presentasi di forum ilmiah
  2. Laporan hasi penelitian (TPK0
  3. Tinjauan Ilmiah
  4. Tulissan Ilmiah Populer
  5. Artikel Ilmiah
  6. Buku pelajaran
  7. Modul/diklat
  8. Buku dalam bidang pendidikna
  9. Karya terjemahan
  10. Buku pedoman guru 

2. Publikasi Ilmiah
Yaitu mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku, Contoh : 
  • Buku pelajaran berISBN lengkap.
  •  Buku pengayaan contoh Modul atau diklat, buku pendidikan  karya terjemahan .
  •  Buku pedoman guru

 3.  Karya Inovasi ada 4 jenis
  1. Melakukan teknologi tepat guna
  2. membuat atau memodifikasi alat pelajaran atau peraga atau praktikum
  3. Mengikuti pengembangan penyusunnan standar, pedoman soal, dan sejenisnya pada tingkat nasional
  4. Menemukan atau menciptakan karya seni

   Karya Inovatif Terdiri dari 
  1. Buku Kumpulan Puisi
  2. Buku kumpulan cerpen
  3. Buku Novel

Buku Untuk kenaikan pangkat

1.  Buku Hasil penelitian  Ilmiah
  • Buku hasil penelitaian
  • Buku pelajaran
  • Buku pengayaan
  • Buku pedoman guru   
2. Karya 
  • Buku Kumpulan Puisi
  • Buku kumpulan cerpen
  • Buku Novel

Angka Kredit Buku

    1. Buku Hasil Penelitian
  • Berupa buku yang diterbitkan berISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP AK 4
   2. Buku Teks Pelajaran
  • Buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu. 
  • BSNP. AK 6 berISBN AK 3 tidaak berISBN AK 1
Buku Bidang Pendidikan
  • Buku dalam bidang pendidikan merupakan buku yang berisi penegtahuan terkait dengan bidang kependidikan
  • Buku yang dicetak dan diterbitkan berISBN AK 3
  • buku yang dicetak dan diterbitkan tetapi belum berISBN AK 1,5
            Terdapat 3 unsur dalam kenaikan pangkat meliputi: PD, P1, dan KI.
Publikasi Ilmiah (PI) Dan perkembangan Diri (KD), PD merupakan pengembangan diri  yang diperoleh dari kegiatan kolektif guru seperti KKG, MGMp serta diklat fungsional guru. Diklat Fungsional Guru, dapat dinilai dari pengadaan lembaga diklat resmi, organisasi profesi guru dan di nilai dengan  PT. Pengajuannya dengan cara mengusulkan  laporan pengembangan dir yang dilampiri surat tugas dinas dan sertifikat.
            Golongan 3 PNS"Tidak diwajibkan membuat penelitian atau PTK" dan  Golongan 1V "wajib membuat laporan  penelitian dan tidak harus PTK"


Sistematika PTK meliputi:

BAB I PENDAHULUAN
BAB 11 KAJIAN TEORI
BAB 111 METODE PENELITIAN
BAB IV HASIL PENELITIAN
BAB V PENUTUP

Sistematika BUKU

BAB I PENDAHULUAN (DITULIS DARI BAB I DAN II)
   A. Latar belakang masalah
   B. Tinjauan pustaka
   C. Kerangka Teori
  1. Teori A
  2. Teori B
BAB II PENDEKATAN KAJIAN (DITUKIS DARI BAB III LAP PENELITIAN)
   A. Lokasi Penelitian
   B. Subjek dan Informasi Penelitian
   C. Pendekatan kajian
   D. Tehkhnik Analisa Data

BAB III GAMBARAN UMUM SISWA KELAS II TEKNIK KONSTTRUKSI BANGUNAN SMK 7 SEAMRANG (DARI BAB IV)
   A.Kondisi Sosial ekonomi siswa
   B. Prestasi Akademi siswa
   C. prestasi non Akademi siswa

BAB IV PENGGUNAAN CD INTERAKTIF DAN PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR AUTOCARD (DARI BAB IV)
   A. Hasil Siklus 1 dan Aaanalisa
   B. Hasil Siklus II dan Analisa

BAB V PENUTUP
Uraian simpuan dan saran


Hasil karya Buku, mampu mengusulkan naik pangkat  suatu organisasi guru dengan adanya sertifikat, dan mengusulkan, mengikuti syarat-syarat dalam membuat laporan penelitian.


Semoga Bermanfaat

SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

MENULIS BUKU AUTOBIOGRAFI

  09 MARET 2021, RESUM KE-23



Pukul              : 19.00 -21.00 WIB

pertemuan     : ke- 23 (Daring Via WA)

Tema              ;Menulis Buku Autobiografi

Narasumber  : Suparno, S.Pd,  M.Pd

Moderator     : Rosminiyati

        Alhamdulilllah Telah sampai pada pertemuan ke-23,  Materi malam ini  hampir dikata materi pamungkas  tinggal 7 pertemuan lagi dan juga merupakan materi yang sangat menarik karena berhubungan dengan  tugas  akhir dan materi ini sangat unik dan menarik dan so pasti tips nya hanya dapat kita dapati di Pelatihan  Belajar Menulis Bersama PGRI, Sapaan hangat sebagai pembuka yang moderator suguhkan dalam pelatihan belajar menulis PGRI asuhan Om Jay sang guru bloger Indonesia. Moderator yang sudah kita kenal sellalu menemani perjalanan menulis kita, beliau adalah bu Rosminiyati yang selalu  hadir menemani  kita bersama di belajar menulis (BM 24)PGRI , materi "Luar biasa ya materi malam ini yang mana kita bisa maupun mamp menulis buku autobiografi sebagai jejak sejarah kehidupan yang bisa diwariskan kepada anak cucu nantinya benar-benar membuat  kita  ingin mengenal seperti  apa Menulis Autobiografi sungguh materi  unik malam ini,  seperti biasa diiingi dengan salam pembuka, pemaparan materi, tanya jawab dan disertai penutup, Dan lebih menariknya lagi Narasumber hebat kita malam ini adalah "Suparno, M.Pd"Untuk melihat rekam jejak beliau, silahkan membaca tautan di bawah ini.


 CV NARASUMBER SUPARNO, S.PD, M.PD

        Narasumber  kita bernama SUPARNO kerap dipanggil dengan sebuta  Pak Parno, beliau memiliki kegemaran membaca sejak beliau duduk di bangku SD. Buku pertama hasil karya yang selesai dibaca beliau adalah buku tentang Thomas Alva Edison, Seorang penemu bola lampu pijar. 

Narasumber  Lahir di  kota Magetan,  25 Juli 1966, Lulusan D3 86  IKIP Surabaya,  S1 Wima Madiun , S2 Unipa Surabaya. Mengawali karir sebagai Konselor di SMP 2 Kawedanan pada tahun 1992. Kemudian tahun 2016  diangkàt sebagai Kepala Sekolah  di SMP 3 Kawedanan.  Tahun 2019 mutasi di SMPN 1 Takeran dan mulai  Maret 2021 mutasi di SMPN  2 Karangrejo Magetan. 

Beliau memiliki hobi menulis dimulai sejak 1986.Berikut beberapa buku  hasil  karya meliputi : a.Panduan belajar Excel, Perjuangan hidupku, Panduan Pranatacara  dan Pamedharsabda, Catatan harian seorang Kepala Sekolah, Catatan Kepala  Sekolah, Lulus Corona, Potensi  Desa Pojoksari ,Dharma Wanita dan Langkah Jitu  menulis bukuLulusan D3 86  IKIP Surabaya,  S1 Wima Madiun dan melanjutkan studi di kampus Unipa Surabaya .


MENULIS BUKU AUTOBIOGRAFI 

        Menulis Autobiografi, itu sangatlah penting, seperti yang telah beliau  paparkan. Menurut Narasumber  cerita orang-orang hebat itu menginspirasi.Sangat di sayang kan, jika kesuksesan kita dalam segala hal tidak tertulis dalam biografi. Jika kita mampu menuliskan dalam bentuk biografi akan bermanfaat untuk menginspirasi banyak orang termasuk keluarga dan anak cucu generasi berikutnya.  

        Sejarah singkat di dunia ini, perjalanan hidup sehari-hari , sejatinya rekam dan abadikan hal-hal positif dan menginspirasi banyak orang maupun anak cucu kelak Dari sejarah perjalanan hidup kita, anak cucu akan belajar  untuk mencapai kesuksesan , sangat diperlukan, usaha keras, ketlatenan, komitmen, serta perjuangan besar. Kelak dikemudian hari  ada diantara  anak  cucu kita  yang cinta pada ilmu  pengetahuan dan ingin tahu  sejarah  perjalanan  kehidupan   kakek neneknya, uyutnya yang sangat menginspirasi. Saat itulah  buku   biografi sangatlah berharga. Jika kita melamar pekerjaan atau dipromokan ke jenjang pangkat yang lebih tinggi tentulah buku biografi bisa disertakan dan menjadi nilai plus bagi kita. Wah informasi yang sangat menarik untuk kami. 

 Contoh  Buku autobiografi  tentang perjuangan hidup beliau.


Buku  hasil  karya Narasumber

1. Panduan belajar  Excel

2. Perjuangan hidupku 

3. Panduan Pranatacara  dan Pamedharsabda.

4. Catatan  harian seorang Kepala Sekolah 

5. Catatan Kepala  Sekolah 

6. Lulus Corona 

7. Potensi  Desa Pojoksari 

8. Dharma Wanita

9. Langkah Jitu  menulis buku 

 

Berikut Beberapa  Rangkaian Prestasi  yang Beliau Raih, meliputi:

1. Lulusan  terbaik  jurusan PPB D3  IKIP Surabaya  th 1989

2.Lulus terbaik jurusan PPB S1 Wima th 1996

3.Guru Berprestasi  juara 2 Tk Kabupaten 

3. Nara Sumber  Nasional  Guru  Pembelajar  th  2016 sd. 1018

4. Pemimpin  redaksi majalah Tramedia th 2004 sd 2010

5. Pemimpin  Redaksi majalah  Pena Mageti th 2019 sd. 2020

Karya beliau sangat luar biasa selain sebagai seorang penulis berbakat beliau juga  seorang pendidik, Dapat dilihat rekam jejak beliau. Catatan -Catatan AutoBiografi  Narasumber. Pastinya bukan hanya  para  pembaca saja yang  akan membaca riwayat hidup dan prestasi beliau, tmelainkan sanak keluarga bahkan anak cucu beliau yang akan membacanya, yang akhirnya akan mampu menjadi sejarah kelak dimasanya.

Langkah-langkah Dalam Menyusun  Autobiografi :

1. Kita harus membaca dulu biografi dari orang lain yang selevel dengan kita atau biografi orang  

    ternama seperti buku biografi Jenderal Sudirman, dll.

2. Membaca buku biografi jangan hanya 1 tetapi maksimal 3 sehingga bisa menjadi pembanding untuk 

    kita.

3. Membuat outline atau kerangka tulisan, misalnya dimulai dari cerita kelahiran, masa depan sekolah 

    TK, SD, SMP, SMA, PT, bekerja, menikah, mempunyai anak, pergi jauh ke luar kota atau ke luar 

    negeri, dll.

4. Membuat jadwal menulis. Jadwal menulis yang telah kita buat harus kita taati sendiri.

5. Menyiapkan data pendukung, misalnya : foto, buku diary , dll. 

6. Mulai menulis per outline atau per judul. Tulislah biogarfi ini secara mengalir  saja, jangan diedit 

    dulu meski ada kesalahan. Teruslah menulis sampai selesai. Tulislah dengan akal pikiran dan penuh 

    perasaan. 

7. Semua  judul  sudah dibahas  kemudian  sisipkan  judul  yang terjeda tadi  sesuai  dengan

    urutan sejarah perjalanan kehidupan kita. Agar tampilan  buku  tampak  menarik  dan menginspirasi, 

    jika dalam suatu judul  ada frase , atau kata-kata mutiara yang menginspirasi  bisa dituliskan  di atas ,

    sebelum uraian  tulisan.

8. Lakukan editing dengan teliti dan semaksimal mungkin. Kemudian mintalah tolong pada teman

    untuk menjadi editor. 

9. Buatlah cover dan mintalah kata pengantar pada tokoh-tokoh terkenal.

10. Kirimkan kepada penerbit yang kita percaya, sebagai langkah terakhir. 


 Menulis Buku autobiografi jangan menunggu kita lulus sukses maupun berhasil dulu, karena masing-masing orang memiliki keistimewaan dan karakteristik yang berbeda-beda, karena kelak  perjalanan hidup bisa dibaca  dan bisa diwariskan  dan abadi,  tidak serta merta hilang terbawa angin, harta yang paling berharga adalah  ilmu yang diwariskan, an Belajar menulis itu ibaratnya seperti Naik sepeda, awalnya serius dan sampai jatuh dan menabrak. Menulis Autobiografi sngatlah penting seiring perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi, tinggalkan jejak kebaikan, buatlah rekam jejak agar tidak usang dui makan zaman.


Semoga Bermanfaat


SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

     



trik sulap penulis pemula

                LAUNCHING BUKU DAN TALK SHOW BERSAMA PAK KADISDIK                dokpri:  https://swulandarigawaikucoretankugmld21.blogspot....

STATEGI MENANGKAL HOAKS