Senin, 28 Maret 2022

POINT BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT

 11 MARET 2021, RESUM KE - 24

Pukul              : 19.00 -21.00 WIB

pertemuan     : ke- 24 (Daring Via WA)

Tema              : Point Buku  Pada Kenaikan Pangkat

Narasumber   :Dr. H. Imron Rosidi, M.Pd

Moderator     : Mr. Bam

        Alhamdulilllah Telah sampai pada pertemuan ke-24,  Materi malam ini  hampir dikata materi pamungkas  tinggal 6 pertemuan lagi dan juga merupakan materi yang sangat menarik karena berhubungan dengan  tugas  akhir dan so pasti tips nya hanya dapat kita dapati di Pelatihan  Belajar Menulis Bersama PGRI, Sapaan hangat sebagai pembuka yang moderator suguhkan dalam pelatihan belajar menulis PGRI asuhan Om Jay sang guru bloger Indonesia. Moderator yang sudah kita kenal sellalu menemani perjalanan menulis kita, beliau adalah Mr Bams yang selalu  hadir menemani  kita bersama di belajar menulis (BM 24)PGRI , materi "Luar biasa ya materi malam ini yang mana Point Buku Pada kenaikan  Pangkat seperti biasa diriingi dengan salam pembuka, pemaparan materi, tanya jawab dan disertai penutup, Dan lebih menariknya lagi Narasumber hebat kita malam ini adalah "Dr. H. Imron Rosidi, M.Pd"Untuk melihat rekam jejak beliau, silahkan membaca tautan di bawah ini.

 CV . Dr. H. Imron Rosidi, M.Pd


        Beliau merupakan Guru SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan merupakan sekolah terbaik dikabupaten Pasuruan. Sekolah ini berdiri pada tahun 1981. Dari sisi usia SMA Negeri 1 Bangil masih cukup muda, namun demikian memilki semangat tumbuh dan berkembang pesat. Beliau bagian dari tim penilai pangkat guru pusat dari golongan IVb keatas dan juga sebagai ketua tim penilai Provinsi jawa Timur. akan membahas tuntas tentang cara mendapatkan poin buku pada kenaikan pangkat PNS juga bagaimana cara menyusun buku yang berasal dari penelitian.  link tertaut Narasumber sebagai berikut:

https://radarbromo.jawapos.com/features/04/12/2021/imron-rosidi-kepala-sman-1-bangil-yang-produktif-menulis-buku/

Point Buku pada kenaikan pangkat

1.presentasi di forum ilmiah

2.Laporan Hasil Penelitian

3. Tinjauan Ilmiah

4.Tulisan Ilmiah Populer

5.Artikel Ilmiah

6.Buku  Pelajaran

7.Modul atau diklat

8.Buku dalam Bidang Pendidikan

9. Karya Terjemahan

10. Buku Pedoman  Guru


        Siapa pun bisa menulis asal mau, apalagi bagi seorang guru menulis bukanlah hal baru, guru biasa menulis kelengkapan sekolah. Dari rpp, silabus, program semester program tahunan dan lain sebagainya. Itu sudah modal dasar untuk bisa menulis. 

         Sebagai seorang guru, dimas asekarang ini diwajibkan  untuk menulis  karya tulis bisa berupa openelitian tindakan kelas  ataupun Buku. Kemampuan menulis sendiri merupakan faktor yang sangat penting dalam proses menyusun sebuah buku apa pun. Tanpa kemampuan tersebut seorang guru pastinya tak akan mampu membuat buku yang baik. 

        Narasumber mengatakan bahwa" Naik pangkat itu mudah, asal kita mampu memenuhi unsur  publikasi ilmiah dan karya inovatif ada 10 jenis PI dan 4 jenis KI. Semua bisa kita penuhi apabila kita memiliki kemampuan menulis dan meneliti"

 Tiga Unsur  Dalam Kenaikan Pangkat
  1.  Pengembangan diri
  2. Publikasi Ilmiah 
  3. Karya Inovasi
Pengembangan diri diperoleh dari kegiatan kolektif guru (KKG, MGMP) dan diklat fungsional guru. Diklat fungsional guru hrs dipilih agar bisa dinilai, yaitu yg diadakan oleh PT, lembaga diklat resmi, organisasi profesi guru. Pengajuannya dg mengusulkan laporan pengembangan diri yg dilampiri surat tugas dan sertifikat

1. Pengembangan Diri  ada 10 jenis. 
  1. Presentasi di forum ilmiah
  2. Laporan hasi penelitian (TPK0
  3. Tinjauan Ilmiah
  4. Tulissan Ilmiah Populer
  5. Artikel Ilmiah
  6. Buku pelajaran
  7. Modul/diklat
  8. Buku dalam bidang pendidikna
  9. Karya terjemahan
  10. Buku pedoman guru 

2. Publikasi Ilmiah
Yaitu mengubah laporan penelitian dalam bentuk buku, Contoh : 
  • Buku pelajaran berISBN lengkap.
  •  Buku pengayaan contoh Modul atau diklat, buku pendidikan  karya terjemahan .
  •  Buku pedoman guru

 3.  Karya Inovasi ada 4 jenis
  1. Melakukan teknologi tepat guna
  2. membuat atau memodifikasi alat pelajaran atau peraga atau praktikum
  3. Mengikuti pengembangan penyusunnan standar, pedoman soal, dan sejenisnya pada tingkat nasional
  4. Menemukan atau menciptakan karya seni

   Karya Inovatif Terdiri dari 
  1. Buku Kumpulan Puisi
  2. Buku kumpulan cerpen
  3. Buku Novel

Buku Untuk kenaikan pangkat

1.  Buku Hasil penelitian  Ilmiah
  • Buku hasil penelitaian
  • Buku pelajaran
  • Buku pengayaan
  • Buku pedoman guru   
2. Karya 
  • Buku Kumpulan Puisi
  • Buku kumpulan cerpen
  • Buku Novel

Angka Kredit Buku

    1. Buku Hasil Penelitian
  • Berupa buku yang diterbitkan berISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP AK 4
   2. Buku Teks Pelajaran
  • Buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukan bagi peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu. 
  • BSNP. AK 6 berISBN AK 3 tidaak berISBN AK 1
Buku Bidang Pendidikan
  • Buku dalam bidang pendidikan merupakan buku yang berisi penegtahuan terkait dengan bidang kependidikan
  • Buku yang dicetak dan diterbitkan berISBN AK 3
  • buku yang dicetak dan diterbitkan tetapi belum berISBN AK 1,5
            Terdapat 3 unsur dalam kenaikan pangkat meliputi: PD, P1, dan KI.
Publikasi Ilmiah (PI) Dan perkembangan Diri (KD), PD merupakan pengembangan diri  yang diperoleh dari kegiatan kolektif guru seperti KKG, MGMp serta diklat fungsional guru. Diklat Fungsional Guru, dapat dinilai dari pengadaan lembaga diklat resmi, organisasi profesi guru dan di nilai dengan  PT. Pengajuannya dengan cara mengusulkan  laporan pengembangan dir yang dilampiri surat tugas dinas dan sertifikat.
            Golongan 3 PNS"Tidak diwajibkan membuat penelitian atau PTK" dan  Golongan 1V "wajib membuat laporan  penelitian dan tidak harus PTK"


Sistematika PTK meliputi:

BAB I PENDAHULUAN
BAB 11 KAJIAN TEORI
BAB 111 METODE PENELITIAN
BAB IV HASIL PENELITIAN
BAB V PENUTUP

Sistematika BUKU

BAB I PENDAHULUAN (DITULIS DARI BAB I DAN II)
   A. Latar belakang masalah
   B. Tinjauan pustaka
   C. Kerangka Teori
  1. Teori A
  2. Teori B
BAB II PENDEKATAN KAJIAN (DITUKIS DARI BAB III LAP PENELITIAN)
   A. Lokasi Penelitian
   B. Subjek dan Informasi Penelitian
   C. Pendekatan kajian
   D. Tehkhnik Analisa Data

BAB III GAMBARAN UMUM SISWA KELAS II TEKNIK KONSTTRUKSI BANGUNAN SMK 7 SEAMRANG (DARI BAB IV)
   A.Kondisi Sosial ekonomi siswa
   B. Prestasi Akademi siswa
   C. prestasi non Akademi siswa

BAB IV PENGGUNAAN CD INTERAKTIF DAN PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR AUTOCARD (DARI BAB IV)
   A. Hasil Siklus 1 dan Aaanalisa
   B. Hasil Siklus II dan Analisa

BAB V PENUTUP
Uraian simpuan dan saran


Hasil karya Buku, mampu mengusulkan naik pangkat  suatu organisasi guru dengan adanya sertifikat, dan mengusulkan, mengikuti syarat-syarat dalam membuat laporan penelitian.


Semoga Bermanfaat

SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

2 komentar:

Terimakasih atas kunjungannya,master master terhebat sahabat bloger🙏🙏

MERDEKA BELAJAR, MERDEKA MENGAJAR ALA GURU SD

Merdeka Belajar Ala Guru SD Merdeka Belajar menjadi salah satu gebrakan yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Tekno...

STATEGI MENANGKAL HOAKS