Menulislah setiap hati dan buktikan yang akan terjadi
Selamat pagi sahabat pembaca, pagi ini aku ingin bercerita tentang ombak. Berbicara tentang ombak. Melihat dari badan statistik meteologi dan geofisika. Ketinggian gelombang tujuh hari kedepan terhitung tanggal 15 junj -21 juni 2022 sudah diprediksikan oleh badan bmkg, bisa melihat tautan dibawah ini.
Kondisi perairan dilaut jawa, tentang gelombang memang cukup tinggi, terlihat pada kondisi dipagi ini dan hari - hari kedepannya.
Salah satu contoh besar intensitas gelombang diperairan pesisir pantai. Terlihat kondisi yang pagi ini di alami. Tanggul untuk menahan terjangan ombak roboh seketika, untung tidak semuanya akhirnya berdampak pada masuknya air secara bebas menuju darat.
Bagi warga pesisir diharapkan selalu warning atau waspada buat beberapa hari kedepan, terutama para nelayan dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, serta untuk para kapal yang akan bepergian ke laut bali, laut banyuwangi juga perairan sumenep sekitarnya,tetap perhatikan himbauan Bmkg dan persiapan alat pengaman di dalam kapal, untuk mencegah kemingkinan yang belum tua pasti.
Tadi pagi mencoba mengerjakan pekerjaan laki- laki, memperbaiki tanggul yang jebol, tujuannya sih simple walau hasilnya nanti gak tau. Hanya yang bisa dilakukan mengerjakan seadanya, angkat batu kecil - kecil lama rasanya tangan ini mengangkat batu tersebut,berat banget rasanya 😊, bukannya apa kemaren gak ada waktu menyuruh orang mengerjakan, kalo begini dicoba aja sendiri siapa tau berhasil. Selesailah sudah.
Untuk melihat berhasil atau tidak usaha tadi pagi, jawabannnya nanti ya..!!
Setelah itu bergegasnya menyiram tanaman, tujuannya takut kena air pasang, setidakya menjagamu sebelum terjadi apa- apa.
Semoga dirimu sehat dan tetap hidup tanaman.
Semoga semua baik- baik saja, kamu, aku dan alam kita bersahabat.
Tema ke-5 : Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Yang Terjadi
PANEN LAUT SURUTMU ANUGERAHKU
Assalamualaikum sahabat pembaca, pagi ini seperti biasa kegiatan mengajar di sekolah , ya tepatnya kegiatan praktek. Terlintas difikiranku menulis sedikit demi sedikit mencuri waktu saat jam istirahat, agar tidak tertinggal pengumpulan tugas menulis karna mengingat banyak jadwal nanti ke jam berikutnnya yuk semangat.
Banyak sekali cerita yang belum aku tulis, setelah memikir akhirnya teringat momen penting saat bersama adek menyusuri laut yang begitu kering, nah kembali teringat moment tersebut. Kalo laut lagi surut inget kerang laut atau siput laut dan moment laut surut aku manfaatkan bersama adek yang lagi liburan, yes akhirnya surut hari ke-3 , mulailah kami menjelajah pantai dengan hamparan lautan yang luas..dan hasilnya wah sungguh mengejutkan.....capek dan plastik yang aku bawa gak penuh - penuh juga,,,ahhh capek rasanya. Kantong plastiknya gak penuh-penuh. Ternyata banyak yang panen kerang laut hari kemaren_ kemarennya dan hari ketiga panen laut tinggal sisanya doang, gak apalah itung- itung shopping di laut 😄. Menikmati pemandangan biota laut sungguh indah, aku melihat sesuatu aku bolak balik ini apaya karang batu tapi badannya ikan,segera aku panggil adek yang tempatnya agak jauh denganku. Segera dia mendekatiku. Ohhhh katanya, itu ikan yang jika kamu injek kakiku akan kena racun alias kena bisa nya. Binatang ini juga dijual sama seperti tripang laut yang biasanya hasil laut dari tempat kami dibawa ke BALI, hasil olahan laut biasanya didistribusikan Ke Bali dan Pasar sekitaran banyuwangi atau surabaya, begitupun kulitnya hampir semua memiliki nilai jual. Berbicara hasil laut kami juaranya,mayoritas penduduk berbahasa bajo, untuk mendistribusikan hasil alam biasa kami Memilih BALI, banyak permintaan disana, namun sayang setelah pandemi covid-19 melanda dunia, permintaan menurun, dan berdampak pada mata pencaharian. Untuk kegiatan perdagangan biasanya kami juga Berbelanja disekitar Bali, Banyuwangi bahkan sebagian kecil Ke kota sumenep. Tapi kebanyakan lintas BALI dan BANYUWANGI.
Hasil akhir cuma bisa bermain - main, menikmati suasana alam yang bagiku begitu tenang.
Berikut dokumentasi hasil laut
Dokpri
Hewan lunak
Dokumentasi bersamamu
Dokpri
Hari mendekati sore, akhirnya aku memutuskan untuk pulang, membawa seafood laut seadanya.
Sesampai dirumah seafood dimasak dengan air laut supaya ,seafood nya keluar jadi untuk mencongkelnya cukup gampang, selanjutnya diolah, untuk sementara waktu agar gampang dan cepat disantap, seafood bersih langsung dioseng atau bisa juga di pecek sambel, atau kuah lodeh isi seafood, rasanya muantep tenan.
Hasil dari perjalananku dilaut kering, semoga berkenan.
MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN YANG AKAN TERJADI
HITUNG MUNDUR KE BELAKANG
Ceritaku mundur ke belakang, kegiatan PAS SEMESTER 2 telah selesai, dan kegiatan praktek murid masih dilaksanakan, ditambah kegiatan pentas seni yang akan dilaksanakan tanggal 20 juni 2022. Kegiatan ini cukup memakan waktuku memguras energiku, walaupun demikian semangatku bersamamu wahai murid membara bersama kalian. Selaku wali kelas untuk menyelesaikan tugas utama menyelesaikan raport masih membutuhkan tenaga ekstra, wahai badan tetaplah bersamaku sehat- sehat ya kamu.!!
Kegiatan PAS selesai dihari jum'at lanjut ke ujian praktek. Hari sabtu kegiatan disekolah kami yaiti olahraga dilaksanakan, Seru ya dengan segala warna.
Untuk kegiatan disekolahku,memang begitu padat ditambah lagi kegiatan dirumah yang memakan waktu juga bersama anak. Mulai dari kegiatan masak ditambah nganter anak sekolah sore(M.I atau Madrasah Ibtidaiyah), kegiatan setelah asar dengan waktu bersamaan, pertama latihan lepas pisah yang anakku diberi mandat membaca doa di TK dan kedua yaitu melatih murid disekolah dengan waktu bersamaan bisa dibayangkan perasaan bingung dan melelahkan, tapi untung aja jarak TK dan SD 2 masih berdekatan,masih bisa dilaksanakan bersamaan.
MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN APA YANG AKAN TERJADI
Ceritaku ke dua ini dimulai dari perjalananku kekota semenep, walau dikata itu kabupatenku tapi akupun jarang berkunjung jika bukan kepentingan mendesak, maklum lokasi kotamu sangat jauh.
Saat itu perjalananku mengurusi berkas yang masih kurang,jujur sich mau gak mau perjalanan menyusuri kotamu harus aku penuhi, demi menyelesaikan syarat atas kelulusan PPPK Tahap 1, penetapan NIP.
Sebagai pendatang, kami satu rombongan berangkat, menuju kotamu( sumenep), uang seadanya kami bawa, karena info. dari koordinator kecamatan tanggal awal februari menyesuaikan dengan jadwal kapal yang tak menentu, kami harus tiba lebih awal sebelum acara, apalagi kondisi sesampainya disana kami belum mendapat kepastian kapan berlangsungnya penyerahan SK NIP PPPK.
Dengan perasaan cemas menghitung kembali uang disaku, jika bermalam dihotel terus uang ini tidak akan cukup gumanku dihati. Akhirnya kami cek out tepat 3hari bermalam dan mencari penginapan lebih murah, agar bajet yang udah dibawa mencukupi perjlanan kami dikotamu.
Hari demi hari terlewati, minggu berganti minggu genap hampir 20 hari meninggalkan tugas untuk memdapatkan penyerahan.
https://youtu.be/r7BiaDxdpIc
Rasa jenuh mulai menghantui, dompet telah menipis,semua rombongan tahap satu memiliki keluhan yang sama yaitu finansial,kami tinggal ditempat asing dan bener dikata orang bahwa sejelek- sejeleknya rumah sendiri,, lebih terasa enak dan nyaman untuk digunakan, berbanding terbalik dengan kalimat seindah- indahnya rumah orang asing, tetap tidak enak,karen kita tidak leluasa untuk bergerak? Betulkan, bagaimana menurut sahabat pembaca,setuju kan!!
Mulailah perjalanku menyusuri jalan yang begitu padat, sesampainya dikantor capil kami harus mencari fotokopian untuk memfotocopy beberapa lembar untuk diajukan, sembari menunggu kami pun bercanda. Tiba di hari kelabu, bagaimana tidak perjalananku dimulai dengan membawa berkas akte lahir yang belum berbarcode, kepada KANTOR CAPIL Setempat. Pagi itu, aku ditemani sahabat ke kantor capil, sebenarnya tidak ada firasat buruk, cuma ada keanehan yang aku rasa, iya dompet biasanya setiap keluar, tas kecil selalu menemani perjalananku. Tapi hari ini tidak, seketika aku sadar, duh kok bisa tinggal guman hati, mungkin saat itu prasaaan terburu -buru menghantuiku, jadi berantakan deh jadinya.
Setiap jalan aku bercanda, sampai saat itu helm pun aku bawa diatas kepala, keterlaluan bukan?Waduh spontan malu menemaniku, kenapa berat ya, ehh ternyata helm masih ada dikepala..seketika tawa temanku pecah, sempet mengirim gambar pada papa, bahwa sekarang lokasiku dikantor capil. Setelah urusan selesai kamipun beranjak pergi, dan sesekali aku menoleh orang2 yang memiliki kepentingan yang sama denganku. Perjalanan kami ditemani dengan candaan,ko ada yang aneh, ada yang kurang begitu,padahal lokasi penginapanku, uda dekat. Seketika astagfrullah alazim mbk hapeku dimana...dia kaget menJaqab ahhhh, suer hapeku ketinggalan..air mama mulai bercucuran, ini kota orang bagaiman atm semua berkas SK ada dihape tersebut. Aku kembali kekantor capil sambil berlinang air mata, pak tolong dibantu hape saya tertinggal disinj,tlong dicek di Cctv pak , banyak berkas pentingðŸ˜ðŸ˜.
Papa menelpon, hapeku ilang sambil wajah pucet, takut dimarahi karena hape itu pemberiannya. Papa membantu mengecek lokasi hp tersebut, ternyata titik koordinat hape bergerak menjauhi kota, seketika itu kita kejar sampai lokasi hape disebuah kawasan asing. Telpon berdering ke hape itu, tapi g ada yang angkat. Banyak beberapa orang yang peduli dengan kami membantu mencarikan.
Tips buat sahabat pembaca apapun kondisi keadaan dijambret atau ada barang yang hilang ingat jangan panik, wajib memakai ketenangan untuk memecahkan sebuah masalah.
Singkat cerita, hape itu dikembalikan oleh seorang malaikat dan sampai saat ini, aku gak tau siapa orangnya, siapapun anda semoga anda sekeluarga selalu dalam lindungan allah, selalu diberi kesehatan, keberkahan serta kemudahan dalam segala urusan aamiinn. Karena beliau yang mengambil hape itu dari si pencuri, dengan cara mengejar pencuri tersebut, terimakasih pak. Ingatlah pak, jika anda memudahkan hidup orang lain, Insya ALLAH jalan hidup anda akan selalu mendapat jalan yang baik dan dimudahkan.
Tema yang pertama kali akan ditulis benar - benar sangat manis, menceritakan pengalaman saat menjadi seorang anak kecil. Tantangan menulis ini membuatku teringat pada masa dahulu kala, zaman yang dimana aku dan zamanku tidak mengenal gadget, tinggal di sebuah pulau, yang saat itu listrik pun hanya hidup dimalam hari sampai jam 10- 12 malam, setelah itu mati lagi dan listrik akan menyala kembali sekitar azan subuh. Wah dapat dibayangkan bagaimana rasanya belajar saat listrik mati, apa yang ada dibenak kalian. Nah berdasarkan pengalamanku, jika ada tugas PR bahkan Ulangan, jika lampu mati biasanya sebagai alat bantu menghidupkan lampu, yaitu memakai lampu jadul yang diisi dengan gas atau lebih dikenal dengan lampu petromak. nah nilai seni nya kalo pas lagi bangun pagi ya!!
Dokpri
Untuk kegiatan sekolah seperti biasa sama dengan anak-anak zaman sekarang, banyak hal yang berbeda seiring dengan kemajuan zaman, mulai dari budaya yang masih kental, yang membedakan lagi jenis makanan dikantin tidak ada, yang ada hanya penjual jajanan tradisional, berbicara tentang permainan banyak sekali permainan yang bernuansa tradisisonal seperti petak umpet, lalapean, main kokoceran dan bahan digunakan dari kerang laut masih banyak lagi jenis permainan lainnya yang sekarang sudah punah, yang sebenarnya harus kita lestarikan.
Sepulang sekolah biasanya aku sich ikut-ikutan temen- temen cebur dan mandi dilaut, walau tidak bisa berenang tapi semangat bolangnya begitu kuat,sering banget aku mainnya di laut, ikut temen- temen berenang, ampe mendayung, pulang-pulang eh kenak marah ibu, maklum mungkin aku kategori anak bandel kali ya. kalo lagi surut laut, kegiatan kami berkarang mencari kerang laut, jadi kebanyakan masa kecilku banyak bersama alam, masa yang penuh cerita, penuh kebahagian dan belum mengerti tentang kerasnya sebuah hidup, yang aku tahu hanya kebahagiaan seperti bermain, makan, bersekolah dan bermain lagi dan jika malam mulai tiba barulah aku dirumah istirahat di kasur dengan ditemani sebuah kelambu mungil bersamaku, selamat tinggal masa kecilku, masih banyak cerita tentang masa kecilku yang masih melekat dalam ingatan,hanya bisa mengenangmu tanpa bisa kembali ke masa itu.
Tema : KUNJUNGAN BUPATI BERSAMA CERITA DISEKOLAHKU
Penulis :Sri Wulandari
LOMBA BLOG MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN APA YANG AKAN TERJADI
Tepat azan subuh , segera aku bergegas bangun pagi- pagi, seperti kegiatan rutinitas harianku yaitu menunaikan tugas di sekolah. Pagi ini pun terasa berbeda jam 05.20 harus sampai disekolah, harus cepetan, rasanya terburu-buru. Tapi itulah perintah, bergegas motorku melaju kencang,setelah sampai sekolahku mulai terasa ramai,senyuman candaan anak- anak disekolah menghiasi rasa pagi itu. Tiba-tiba Kruk- kruk ehhh ternyata perutku berbunyi, rasa laperku semakin menjadi jadi, tanpa fikir panjang ada penjual nasi bungkus yang berjual disekitar sekolah, aku mengambil 1 bungkus dan setelah dibayar, bergegaslah menyantap makanan itu, alhamdulillah akhirnya perutku sudah terisi. Alhamdulillah guman hati, Terlontar pertanyaan dari seorang teman,"sudah selesai Bu ?"akupun menjawab," Sudah Bu"kataku. Aku melanjutkan perkataannya,"cepat ya? maklum bu lagi laper, semalam nggak makan malam, ketiduran", ujarku. Sembari menyembunyikan rasa malu. Dengan penuh semangat seketika itu aku, bergegas melihat suasana sekolah dan menuju salah satu pintu kelas, anak-anak, apa kalian sudah makan?'' Tanyaku. "Sudah bu" jawab mereka kompak. Dengan seketika akupun menjawab, "alhamdulillah." mendengar jawanban dari anak-anak aku merasa senang" yuk persiapkan air gelas dan permen!"
Pagi ini adalah pagi yang sangat dinanti -nanti, karena pagi ini, orang besar akan berkunjung ke pulau kecil kami. Beliau adalah bapak BUPATI AHMAD FAUZI bersama wakil bupati beserta jajaran FORKOFIMDA, KADISDIK dan para kepala OPD tiba dipulau kami, 3 juni 2022. Antusias anak didik kami terlihat dari senyuman mereka. Setelah penyambutan bapak bupati, kami para pegawai dihimbau untuk mengikuti pengarahan bersama pak Agus Dwi Saputra, selaku kadisdik kami.
Pertemuan berlangsung bersama jajaran guru dan staff rombongan yang datang. Banyak sekali wejangan yang beliau berikan kepada kami,selaku guru yang ditugaskan dipulau terpencil ini. Mulai dari kendala signal, untuk mengakses program-program yang di luncurkan oleh kemendibud ristek, Absensi SIC yang akan digunakan untuk para pegawai, membahas mengenai NUPTK , Tunjangan kepulauan, SK serta memanfaatkan media sosial secara baik dan benar dan masih banyak lagi pengarahan yang beliaubagikan pada rapat 3juni 2022 bersam kami staff guru.
Beliau juga berkata, terkendala signal akan beliau bahas bersama Kominfo, Peran aktif kita untuk mensukseskan program guru penggerak sangat diperlukan, implementasi merdeka belajar walau dikata sulit namun kita wajib mengikuti program ini, beliau juga berkata perlunya mengassasement lidah kita, selaku guru pendidik. Mari berjuang bersama,menggerakkan program ini, sehingga menghasilkan produk yang semakin baik dalam mendidik anak didik kita. Ada Beberapa patah kata yang membuat saya teringat dengan pak agus, beliau berkata program yang kita bahas ini tidak akan berhasil apa -apa, jika kita tidak bersama- sama berjuang, tidak ada superman disini tapi kita adalah supertim. Sungguh sangat menarik pembahasan beliau. Beberapa jam sambutan beliau, tanpa terasa sesi telah berakhir, dan saya pun tidak tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, untuk memiliki dokumentasi bersama beliau.
Berbicara tentang Webiner giat literasi ini yang dimoderatori oleh lilis Ernawati, dengan Narasumber Hebat bernama Maksimus Masan Kian, Mengenai cv beliau siapa beliau silahkan simak pada akun youtube Fajar Trilaksono Banyak sekali cerita yang sangat menginspirasi pada materi kali ini, dimana beliau berjuang untuk menggiatkan literasi ini dengan niat yang tulus, sungguh sangat mulia hati pak maxim ini, disebuah kepulauan terpenci, tepatnya dipulau flores cerita beliau dimulai, banyak suka duka yang beliau rasakan , jatuh dan bangkit yang selama ini beliau rasakan dengan modal serta niat tulus akhirnya pak maksim mendapatkan seorang penerbit yang beliau sendiri rahasiakan, saat menggiatkan literasi ini dalam sebuah karya buku beliau selalu mengalami kemujuran, dan kemudahan dari deadline dari penerbit boleh dikata sangat dipermudah,samapi ke tahap menjadi sebuah karya yang menghiasi giat literasi dipulau flores, beliau juga menjaarkan bayak sekali pihak yang sangat terlibat dalam hal ini, dengan diberikan dukungan penuh akhirnya pak maxim bis amemperluas giat literasi ini dengan berkolaborasi bersama sehingga membentuk kelompok pendukung, sungguh mulia sekali niat beliau. sukses selalu pak maxim, semoga sukses bersama bapak dipulau flores dengan berkolaborasi penuh dari dukungan pihak terkait di pemerintah daerah di pulau diflores.
Materi webiner ini dapat disimak di channel youtube pak Fajar Trilaksono.
Materi yang sangat menginspirasi dan perlu menjadi contoh keteladann dari beliau, salam sehat dan salam literasi.
Berikut Beberapa dokumentasi materi Webiner bersama Narasumber
GURU SEBAGAI JEMBATAN KESUKSESAN BANGKIT INDONESIAKU 114
Sebagai pendidik mampu mengenali karakter dan kebutuhan murid. bagaimana cara kita memaknai dan menghayati pribadi kita sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar,karena kita tahu diera 4.0 murid - murid kita memiliki cara, gaya sendiri dalam menerima pembelajaran, menjadikan internet sebagai sumber ajar yang utama dan mereka bisa menjangkau pengetahuan sekalipun kita tidak mengajarkan. Walaupun demikian murid-murid masih membutuhkan pendididik untuk menuntun, prilakunya menjadi lebih baik, Karena sejatinya guru tidak bisa digantikan oleh kecanggihan teknologi zaman sekarang. Mengingat bagaimana kita menjadi guru, mengerti kebutuhan murid seperti apa, menjebatani bagaimana caranya agar mencapai tujuan dari merdeka belajar dalam mendidik murid menurut ki hajar dewantara . Memotivasi untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Membuat kelas bersama murid lebih terasa hidup dan menyenangkan boleh dikata gampang-gampag susah. Ada yang bilang susah,ada juga yang bilang gampang semua tergantung dari teknik kita mengajar sebagai seorang guru. Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, meliputi
1. Salah satu caranya menggunakan berbagai metode belajar yang menarik
2.Memotivasi murid meningkatkan semangat belajar adalah semangat ini harus dimiliki oleh gurunya terlebih dahulu, karena suasana kelas gurulah sebagai pelaku utama.
Dari kelas belajar menulis dengan didampingi founder hebat bapak Wijaya Kusuma atau lebih dikenal dengan panggilan Om Jay. Dimulai dari sinilah saya pribadi mengenal tentang perlunya guru untuk selalu belajar sepanjang hayat, selalu belajar berinovasi dan mampu memanfaatkan teknologi tepat guna sehingga guru mampu meninggalkan rekam jejak dalam dunia digital seperti sekarang ini.
3.Mengingatkan kembali cita-cita murid kita kedepannya seperti apa, memberi arahan, memberi gambaran begitu sangat pentingnya sebuah cita-cita yang hadir dalam diri mereka sendiri. Dari situlah jika mimpi mereka dipupuk sedari ini, insyaallah semua akan terarah dengan baik kedepannya dan tidak lepas dari peran orang tua dirumah, jadi perlunya kolaborasi antara murid, guru dan orang tua
agar tujuan anak sekolah itu sudah ada, setidaknya jika di pupuk, diwejangi, diarahkan minat dan bakatnya insyaallah murid didik kita akan menjadi lebih baik dan mampu mewujudkan merdeka belajar yang sesungguhnya sesuai dengan norma-norma agama dan menjembatani dengan perisai Al-Qur'an Insya Allah selamat dunia akhirat. Diharapkan Teknologi ada dalam genggaman dan mampu menjadi pengendali Teknologi yang tepat guna.
Banyak sekali informasi yang sangat menarik dan bermanfaat di kanal SatuGuru, jika tertinggal silahkan klik link di bawah ini.
Berbicara tentang mengajar itu menyenangkan, tidak luput dari rasa dalam diri pendidik itu sendiri, karena kita para pendidik masing- masing memiliki cerita yang berbeda- beda.
Mari kita selalu berinovasi, mampu memanfaatkan teknologi dengan mendukung kurikulum merdeka belajar.
Salah satu caranya download platform merdeka belajar, aktifkan akun belajar.id, Platform merdeka Mengajar menawarkan berbagai fasilitas pembelajaran dengan mengerjakan tugas yang telah diperintahkan pada Platform tersebut, setelah menyelesaikan pelatihan, sertifikat otomatis akan terbit, biasanya masuk di e-mail akun belajar.id yang sudah aktif dan tersinkron secara otomatis.
Tepat pada tanggal 20 mei 2022, indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional atau lebih dikenal dengan HARKITNAS ke- 114. Mari bersatu bersama SATUGURU kita bangkitkan semangat guru dalam diri kita dihari HARKITNAS menuju MERDEKA BELAJAR bersama PLATFOM MERDEKA MENGAJAR, PROGRAM GURU PENGGERAK dan program lainnya yang diluncurkan oleh KEMENDIKBUD RISTEK.
Semoga HARKITNAS KE-114, diharapkan tujuan untuk mampu dan terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong masyarakat indonesia, agar kita mampu bangkit dari sengala keterpurukan selama pandemi covid -19, mari bangkit bersama, bangkit indonesianku bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. BHINNEKA TUNGGAL IKA berbeda - beda namun tetap satu juga yaitu PANCASILA.
Profil Penulis
Sri wulandari, S.Si adalah seorang guru pendidik,yang merupakan staff pengajar di SDN Sapeken 2,yang alhamdulillah lulus ASN PPPK 2021, Berdarah jawa dan bajo, ibu asal tuban senori jawatimur, bapak orang bajo sapeken jawatimur, tempat tinggalku di sebuah kepulauan ujung sumenep jarak tempuh 1malam setengah hari tepatnya, untuk sampai ke lokasi kami, menggunakan kapal laut, jika memakai pesawat jarak tempuh kurang lebih 30 menit. Berdomisili di Desa sapeken, kamp.bukut Rt/Rw 003/Rw 004, karangkongo, kec sapeken, kabupaten sumenep, provinsi Jawa Timur. Bahasa sehari hari kami mayoritas bahasa Bajo, bugis, mandar, sebagian kecil bahasa madura dan jawa.
Pendidikan terakhir di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakakarta (UIN SUKA), Fakultas Saintek, Jurusan Biologi.
Status sudah menikah, memiliki suami yang bekerja di Cruise Ship, Serta memiliki 2 anak ganteng juga cantik lahir dikota gudeg. Penulis tepatnya genap berusia 36 tahun.
Prestasi disekolah pembimbing OSN IPA Tingkat Kabupaten dan Kecamatan, Dan alhamdulillah 2 tahun berturut-turut tahun 2017 dan 2019 SDN SAPEKEN 2 mewakili OSN IPA tingkat kecamatan.
ki hajar dewantara mengatakan: apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya dan bermanfaat bagi manusia didunia pada umumnya.
GURU JUGA BERPERAN DALAM SUKSES NYA SEBUAH CITA-CITA
Menulis secara sederhana adalah kebiasaanku. Mengolah bahasa secara baik mungkin kekuranganku, tetapi untuk berbagi cerita bersama rekan penulis hebat adalah impianku.
Seperti biasa awal masuk dan sekolah efektif telah dimulai pada tanggal 9 bulan April 2022. Berjumpa bersama kalian wahai muridku dengan kisah baru, banyak kegiatan bermanfaat yang kita lakukan bersama. Menelisik kegiatan selama ramadhan seperti pondok ramadhan, kegiatan halal bihalal, kegiatan kecil berbagi kado untuk berbuka, kegiatan memasak bersama murid-murid tercinta, berbuka bersama, bermain bersama dipantai, sampai sholat terawih berjamaah, bagiku kagiatan yang sangat berkesan untuk tahun ini.
Menjadi guru sempurna seperti keinginan murid tersayangku mungkin belum bisa terwujud, tapi gurumu berusaha menemani hari harimu dengan semangat baru, membawamu pada mimpi mencapai cita-cita masa depan kalian kelak. Saat menanyakan apa cita-cita kalian, masih banyak murid berfikir, ada juga merespon cepat dan bahkan masih ada beberapa murid yang belum terfikir akan cita-cita mereka dimasa depan. Fikiranku berkata jika murid ini tidak memiliki cita-cita, besarnya mereka akan seperti apa, dan disini peran guru sangat penting jika kita mampu membuat mereka bermimpi akan cita-cita, setidaknya mereka punya motivasi serta semangat dalam belajar, memberi arahan untuk menata pola fikir dan prilaku mereka terutama adab.
Salah satu contoh yang saya lakukan memberi motivasi dan memberi inspirasi dari kisah diri sendiri, bagaimana jatuh bangunnya menjadi murid yang berprestasi dikelas sampai kejenjang pendidikan tinggi. Semua perlu komitmen dan semangat kuat untuk menjadi seseorang yang bermanfaat kelak, baik untuk diri dan untuk lingkungannya, seperti filosofi ki hajar dewantara. Berbicara Tentang Satu Guru, bisa di akses pada link berikut
Materi webiner nguping - 4 Satu Guru, pada kamis 31 maret 2022 jam 19.30 - 22.00 merupakan materi yang sangat menarik banyak arahan dari para pakar hebat dengan narasumber beliau bernama Dr fahruddin Faiz, S.Ag, M.Ag bersama Dr.Cepi Riyana, M.Pd.
Menurut Dr.Cepi di dalam Merdeka Belajar point penting yang dirangkum, hakikatnya bagaimana pendidikan itu harus harmoins, kemampuan knowledge, skill, pembentukan karakter, dan penanaman ahlak pada Murid.
Guru dan Murid harus memiliki rambu-rambu tentang memaknai Merdeka Belajar agar tidak kebablasan atau salah arah, yaitu terletak pada kunci "Dimana kebebasan tersebut ada batasan dan bertanggung jawab, salah satu contoh: Merdeka Belajar Hasyim Ashari menekankan pada Nilai Etik,Paradigma Etika berupa prilaku. Tidak kalah penting rambu-rambu harus diterapkan agar tepat memaknai arti Merdeka Belajar itu sendiri, Mengacu pada Sila ke-5, Budaya atau kultur, Keimanan yang artinya aturan pada AL-Qur'an sangat diperlukan sebagai perisai dalam memaknai Merdeka Belajar .
Menurut Dr. Faiz didalam memaknai Merdeka Belajar , mari dan atur barisan posisikan teknologi sebagai alat yang mempermudah pekerjaan kita dan Harapan beliau jangan sampai kita sebagai pendidik di peralat oleh teknologi itu sendiri. Seperti Ki Hajar Dewantara dan Hasyim As'ari, sejatinya menjadi seorang guru diharapkan mengajar dari hati ke hati dan mari belajar hati-hati karena sejatinya peran pendidik tidak bisa diganti oleh teknologi.
Penguasaan Teknologi harus betul-betul bijak, bukan hanya sebagai alat yang bisa memperbudak penggunanya, namun lebih ke hal kebaikan, semoga Teknologi ini mampu mendekatkan kita kepada kebaikan dan mendekatkan pada sang maha pencipta sesuai tuntunan agama, tutur Dr.Cepi
Memotivasi semangat belajar Murid, setiap guru memiliki tips dan trik yang berbeda di setiap guru untuk mengajar dan mencerdaskan anak didik bangsa. Menjadi guru yang mampu menampilkan sumber belajar yang bervariatif adalah salah satu cara guru untuk mewujudkan merdeka belajar. Salah satu contoh mengenal karakteristik murid dalam menerima pembelajaran sangat diperlukan oleh murid kita. Mengenal karakteristik murid cukup beragam dan sebagai seorang guru wajib bijak, gaya belajar beragam murid wajib kita fahami contohnya:
1. Gaya belaja visual
Karakter murid yang lebih mudah mengenal belajar dengan melihat visualisasi materi.
2.Gaya belajar Auditori
Karakteristik murid yang belajar lebih mudah dengan mengandalkan pada sistem pendengaran dan mampu membahasakan materi dengan bahasanya sendiri
3. Gaya belajar kinestetik
Gaya belajar yang berfokus pada pembelajarannya dilakukan secara langsung misalnya latihan soal dan praktikum
4. Gaya Belajar Baca serta Tulis
Gaya belajar yang berfokus pada membaca dan menulis, contohnya latihan soal dan membuat rangkuman materi
Untuk menjadi guru yang mampu menciptakan suksesnya merdeka belajar guru diharap mampu melakukan dan terus berusaha dalam berinovasi agar guru mampu menciptakan pembelajaran lebih baik lagi, dan guru perlu dituntut untuk memiliki ketrampilan dalam penguasaan teknologi. Dalam kelas pelatihan menulis bersama Om Jay dan PGRI berupakan salah satu contoh bukti nyata guru untuk selalu berinovasi.
Pesan Ki hajar Dewantara:ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Artinya Di depan seorang pendidik harus memberi teladan dan contoh tindakan yang baik
Di tengah dan diantara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide
Dari belakang seorang guru harus memberikan dorongan dan arahan
Bangkit guruku,maju negeriku, indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh
Profil Penulis
Sri wulandari, S.Si adalah seorang guru pendidik,yang merupakan staff pengajar di SDN Sapeken 2,yang alhamdulillah lulus ASN PPPK 2021, Berdarah jawa dan bajo, ibu asal tuban senori jawatimur, bapak orang bajo sapeken jawatimur, tempat tinggalku di sebuah kepulauan ujung sumenep jarak tempuh 1malam setengah hari tepatnya, untuk sampai ke lokasi kami, menggunakan kapal laut, jika memakai pesawat jarak tempuh kurang lebih 30 menit. Berdomisili di Desa sapeken, kamp.bukut Rt/Rw 003/Rw 004, karangkongo, kec sapeken,kabupaten sumenep, provinsi Jawa Timur. Bahasa sehari hari kami mayoritas bahasa Bajo, bugis, mandar, sebagian kecil bahasa madura dan jawa.
Pendidikan terakhir di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakakarta (UIN SUKA), Fakultas Saintek, Jurusan Biologi.
Status sudah menikah, memiliki suami yang bekerja di Cruise Ship, Serta memiliki 2 anak ganteng juga cantik lahir dikota gudeg. Penulis tepatnya genap berusia 36 tahun
Tema : Pengelolaan Blog kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa
Tanggal :Kamis, 28 April 2022 pukul 14:00 WIB
Pertemuan: ke-9
penulis : Sri Wulandari
Pada pertemuan ke-9, di kelas Inovasi Pembelajaran yang pada pertemuann ini, dinarasumberi oleh tokoh, pelopor, seorang Founder Menulis PGRI IGTIK siapa yang tidak kenal beliau, beliau seorang pemimpin Yang inspiratif , baik didalam rumah tangga beliau, di group maupun organisassi yang beliau pimpin seperti Komunitas menulis PGRI Beliau bernama" Dr Wijaya Kusuma, M.Pd kerap dipanggil dengan OM Jay" dan ditemani seorang ibu hebat, berbakat dan aktif sebagai Narasumber baik dalam kelas inovasi pembelajaran maupun Public Speaking, beliau adalah bu Rifatun.
Untuk mengetahui lebih dalam lagi siapa beliau "OM jay" dapat ditemukan dalam mesin pencarian Google. Alamat Website : https://www.wijayalabs.com ; https://gurupenggerakindonesia.com dengan Email : wijayalabs@gmail.com dan Wijayalabs@yahoo.com. Tentang beliau , prestasi beliau , keorganisasian beliau, penulis yang aktif, yang sangat banyak sekali jika diuraikan Siapa beliau, Bagi saya beliau adalah Gurunya Guru, tokoh inspiratif yang suka menebar kebaikan.
Tema yang diangkat" Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampila Menulis" baik Guru maupun Siswa. Dimana materi ini membahas bagaimana pengelolaan blog kolaboratif, langkah-langkah mengeola blog di internet, apakah blog dapat dijadikan media pembelajan untuk meningkatkan ketrampilan siswa dan guru, justru sangat menarik, yuk selanjutnya materi kita mulai.Hasil review Ulang Webiner Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampila Menulis" baik Guru maupun Siswa.
https://youtu.be/TzdPOzqDmdU
Inovasi yang beliau sudah buktikan dengan tema yang diusung, tujuan dan sasaran utama adalah guru dan siswa , dimana terdapat 3 permasalahn yang melatar belakangi penelitian ini, yang dimulai hampir 10 bulan penelitian, memberikan tugas mandiri, Tugas TIK, Posting di Blog bisa dilihat pada review youtube pada link diatas.Pendahuluan, rumusan masalah denagn rancangan blog kolaborasi siswa dan guru secara online,penelitian rancangan bisa dlihat pada gambar, bagaimana pembagian Siklus CAR, Hasil kolaborasi dengan siswa menghasilkan maha karya sebuah buku, bisa melihat hasil penelitian beliau pada grafik dimana peran guru untuk mengajak siswa suka menulis sangat dipentingkan serta keterlibatan semua keluarga besar disekolah baik para guru, kepala dan perangkat pendukung lainnya.
Jika mengalami kendala materi bisa disimak di youtube Fajar Trilaksono
Beliau adalah sosok yang selalu memotivasi para guru guru hebat, sehingga tidak jarang beliau banyak mencetak para guru multitalenta, menemui kesuksesannya sesuai bidangnya. Sepakat seperti kata Mr. Bams bahwa om jay adalah orang hebat yang menghasilkan orang-orang hebat pula. Menulis adalah senjatanya guru, agar kita bisa terdokumentasi apalagi di abad ini kita dituntut harus terus belajar tanpa memandang usia, selalu berinovasi mampu berkolaborasi sehingga mampu memnjadi guru inspiratif seperti yang telah Om Jay contohkan pada webiner ini. Om jay Adalah sosok Gurunya Guru Inspiratif.