Senin, 27 Juni 2022

MENERIMA BANTUAN TIK UNTUK SD

 SENIN, 27 juni 2022

Tema : Menerima Bantuan TIK  untuk SD 

Assalamualaikum sahabat pembaca  sudah genap ke hari ke -18. Kegiatan menulis yang diselenggarakan Oleh founder kita bapak Wijaya Kusuma atau lebih dikenal OM Jay, mengajak kami untuk menulis setiap hari dan tantangan ini sudah sampai dihari ke - 18.

Tantangan lomba menulis blog, menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi bagian ke -18, Kegiatan pagi ini penerimaan raport siswa disekolahku, dan kegiatan disusul dengan  makan bersama dialam terbuka, sang surya menemani dengan panas cahaya nya , menamnbah suasa panas pagi ini, syukurlah masih bersahabat dengan panas ini anugrah dari pencipta harus dinikmati. Tidak perlu memakai sunblock, nikmat panas juga sehat.

Alhamdulillah kegiatan makan makan bersama murid- murid berlangsung sukses dan bahagia terpancar dri wajah anak anak. Pantai yang indah dengan sejuta cerita.

Kami kembali melakukan kegiatan menata raport didalam kantor.  Pagi ini telah datang juga Penerimaan , Bantuan TIK  meliputi : 

15 Laptop, 1 Router, 1 Infocus, 1 HDMI



Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan secepatnya dipergunakan. Terima kasih terhadap TIM Terkait yang sudah memberikan bantuan kepada sekolah kami.


SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI


#Tantangan menulis dalam blog bagian ke -18

#Lomba blog bersama OM JAY

#Menulislah setiap hari dan buktikan yang akan  terjadi

Minggu, 26 Juni 2022

MINGGU CERIA DITUNDA YA

Minggu, 26 juni 2022

Tema : MINGGU  CERIA DITUNDAYA


Tantangan lomba menulis blog, menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi bagian ke -17

Assalamualaikum sahabat pembaca  sudah genap ke hari ke -17, sudah setengah bulan lebih ya tanpa terasa. 

Kegiatan menulis yang diselenggarakan Oleh founder kita bpak Wijaya Kusuma atau lebih dikenal OM Jay, mengajak kami untuk menulis setiap hari dan tantangan ini sudah sampai dihari ke - 17.



Alhamdulillah kegiatan perapotan bersama wali murid berjalan lancar, saat ini belum bisa menuangkan ide tulisan dikarenakan si adek sakit , begitu demanya tadi turun dengan santainya aku tertidur dengan pulas,bangu bangun tepat jam 02.33 akupun terbangun mendengar suara orok, kaget aja begitu melek si adek ternyta , biasanya gak begini modelnya,  saat aku pegang demamnya tinggi, sontak panik untuk Pertolongan pertama  saperti biasa parasetamol dan plester kompres menemani nya, cukup cemas ya buat ibu ibu seprofesi saya , jika anak demam hatipun kacau tidak karuan.

Buat bapak ibu  mohon dijaga kesehatan anak anaknya, karena kesehatan itu mahal harganya. Cukup sekian tulisan saya, mohon maaf mentok ide,jika keadaan seperti ini terimakasih. Semoga kita selalu dalam lindunganALLAH SWT dan sellalu selalu diberi nikmat sehat.


SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

# Tantangan menulis dalam blog bagian ke- 17

# lomba blog om jay

#menulislah setiap hati dan buktikan yang akan terjadi bagian ke -17

 



Sabtu, 25 Juni 2022

JUM'AT PADAT

 Sabtu, 25 juni 2022

Tema : Jum' at Padat

Tantangan lomba menulis blog, menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi bagian ke -16

Assalamualaikum sahabat pembaca  sudah genap ke hari ke -16 ,sudah setengah bulan ya tanpa terasa. 

Kegiatan menulis yang diselenggarakan Oleh founder kita bpak Wijaya Kusuma atau lebih dikenal OM Jay, mengajak kami untuk menulis setiap hari dan tantangan ini sudah sampai dihari ke - 16.

Nah cerita di jumat malam,  aku mendapatkan 2 tantangan menulis bersama para bloger legarunal dan  lomba menulis dalam blog, tanpa fikir panjang semua tugas tersebut selesai juga aku kerjakan, alhamdulillah semua berkat keinginan dan semangat  memanfaatkan waktu sebaik mungkin, itulah pesan guru kita OM Jay.

Lanjut ketugas raport, jujur kondisi badan belum pulih total tapi tugas harus bisa aku selesaikan, karena besok jam 08.00 raport kenaikan akan kami bagikan kepada para wali murid., tanpa terasa kantuk dan dikit pusing membuatku harus istirahat dipembaringan, tanpa sadar sudah terbangun , sontak terbangun dan mengucapkan doa sebelum melakukan aktifitas,setelah semua siap akhirnya aku melanjutkan tugas ke dalam kelas, karena pagi ini aku masih memiliki tugas bersama murid tercinta sebelum mereka naik ke kelas 5.

Kami membuat kerang laut  dan dibuat hiasan sederhana.







Walau terlihat sederhana tapi, kerang yang sudah tidak berfungsi ini bisa bermanfaat sebagai hiasan, jika di desain dengan apik.

Setelah membimbing mereka , aku beranjak keluar dari kelas menuju kantor, guna  tugas utamaku menyelesaikan raport. Singkat cerita raportpun selesai aku kerjakan, dan mempersiapkan diri untuk pertemuan besok dengan wali murid.

Menjelang isya, aku harus mengerjakan tugas berikutnya yaitu lepas pisah  TK BaBurahman, dan si adek kebagian tugas memakai baju adat, dengan semangaT 45, aku bergegas ke lokasi.



Acara berlangsung dengan meriah tanpa aku sadar, hape bergetar terus sesekali aku coba membuka ternyata 2 webiner telah lewat, tidak bisa menyimak dengan sempurna, apalah daya kita manusia punya keterbasan, serta kekurangan.

Ada kebahagian yang muncul dalam diri, buku hadiah dari mayor nani sudah aku terima, alhamdulillah, melihat tema dan covernya buku ini pasti luar biasa baru dterima  dipangkuan 


Selanjutnya tdai dapat hadiah kejutan lagi, yaitu mendapatkan keberuntungan lagi dapat buku dari Bu Sri Yamini, buku nya juga sangat bagus, tampilan judul dan cover yang menarik

Beruntung nya mendapatkan rezeki , alhamdulillah  terimakasih , cukup sekian penulisan kali ini, salam sehat salam literasi

# Lomba menulis blog setiap hari

#lomba blog OM JAY

# menulislah setiap hari dan buktikan yang akan terjadi bagian ke -16



Jumat, 24 Juni 2022

SAAT CEK OUT DARI OYO

JUMAT, 24 juni 2022

Tema : Saat Cek Out dari OYO

Tantangan lomba menulis blog, menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi bagian ke -15


Kegiatan menulis yang diselenggarakan Oleh founder kita bpak Wijaya Kusuma atau lebih dikenal OM Jay, mengajak kami untuk menulis setiap hari dan tantangan ini sudah sampai dihari ke - 15.


Bismillahirrohmanirrohim  sehabat pembaca kali ini saya bercerita sedikit perjalanan setelah dari dinas perhubungan di surabaya, rencana menambah  cek in  untuk bermalam di OYO sirnalah sudah, telepon dan chat terus berdering, mengisyaratkan aku harus pulang karena berkas dan tandatanganku dibutuhkan saat melengkapi berkas PPPK. Perlengkapan Pemberkasan PPPK Tahap 1 memang dikata agak ribet, tidak semudah tahap 2 kemaren

                                           Dokpri
 
Dokpri

kami berencana berangkat jam 01.00 malam dari surabaya, tapi sayang akhirnya harus mundur 1 jam yaitu jam 02.00 tujuannya sich agar diperjlanan tidak macet. Kami sudah siap cek out dan akhirnya kami memesan  grab, kalo grab jam 02.00 memang susah ya, beberapa kali pesan gagal, dan akhirnya ada yang terima  orderan kami. Bergegas kami turun, oya di lobi penjaga tertidur pulas dan garasi ditutup rapat, fikir hati  kalo hotel tempat kami menginap biasanya ada satpam buat jaga dan ada sif malam  tapi kenyataan berbeda , mau nggak mau si  penjaga tetap kita banguni untuk cek out, jujur susah banget dibanguni diajak ngomong pun coba bayangkan, aduh pake cara bagaimana ya, akhirnya dengan berani aku tepuk- tepuk kakinya tetep gak bangun bangun, OMG perasaan kalo orang disentuh kakinya tangannya bahkan badannya bangun ya? Lah ini lo gak, ya Allah pake cara apalagi ini , biar mas nya bangun aku sudah ilang kesabaran sampe berulang ulang membanguni dengan menahan sabar sabarr lebih dari 5 menit banguni mas penjaga ini akhirnya baru bangun, itupun suara uda besar ditelinganya 不不不, maaf mas kami mau cek out, mas nya spontan bangun. Aku Ngakak dalam hati hhhhhhh不不不. Seumur umur dari gede sampe tua begini baru ketemu orang kayak begitu, maklum tuturku dLam hati Lias bicara sendiri mungkin baru tidur pulas, jadi lagi enak - enak nya bobok si mas nya.

Akhirnya kami keluar, waduh mobil nya sudah ada di bagian pos satpam, omg lupa kalo udah larut malam biasanya gang  masuk  ditutup ya akses kluar masuk, berarti salah strategi nich guman hati.



Next mobil  tersebut melaju mendekat setelah bercakap cakap bersama satpam ,selanjutnya, karena koper dibawa agak berat abis belanja, mobil pun menghampiri kami. Set masuk dah, sejenak supir nya tertegun diam aja,  bicara  sepatah dua patah kata. AKhirnya suara beliau sempet memecah keheningan malam dikota pahlawan itu, dan komunikasi antara kami terjadi, tujuan kemana, jawab suami bungorasih  pak, baik jawab beliau. Setelah tanya tanya sana sini ternyata beliau tentara, yang kalo malam dia  selalu  nerima orderan. Beliau bercerita akhir bulan 2021 beliau nerima orderan dari penumpang, di ajak  nganter ketujuan agak jauh dari kota surabaya,  beliau menjawab oke, akhirnya beliau ternyata kena modus kejahatan penumpang nya 2 laki laki, salah satunya minta berhenti dengan tujuan ingin kencing. MOBil pun berhenti, salah satu temannya  mengetuk dari luar,tapi beliau sang supir tidak merespon  saat mobil nya diketuk.Beliau merasa aneh  dari spion mobil salah satu teman memegang clurit yang disiapkan buat menggoroknya, dengan akal cerdik, 2orang begal ini berhasil dilumpuhkan, tentara aja dilawan, kalo menurutku ini namanya senjata makan tuan. Menurut beliau sudah kejadian kali ke -2 kali mengalami masalah begini. 

Wah bahaya juga ya, bepergian ditengah malam , secara dikota surabaya biasanya aman damai, tidak ada begituan hatiku berkata, maklum aku juga lama tinggal dikota ini jadi kaget saja dapat informasi seperti itu, bapak tersebut menurunkan kami, hati- hati mbak mas, jika ada yang nawarin macam macam jangan di gubris pesannya kepada kami, wah perasaan tambah gak enak, kena virus dari cerita pak tentara tadi. Sekian dulu cerita dariku semoga berkenan.


SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

#Lomba menulis blog bersama OM Jay

#Menulislah setiap hari dan buktikan yang akan terjadi bagian ke -15


Kamis, 23 Juni 2022

PERMAINAN TRADISIONAL

Kamis menulis

kamis, 23 juni 2022

Tema: permainan tradisional



Berbicara tentang permainan tradisional merupakn permainan yang aku sangat rasakan di zaman dahulu, yang sejatinya mulai terkikis oleh zaman dan kemajuan teknologi masa kini.

Beberapa aspek pengembangan pada permainan tradisional

1.Nilai agama

2. Fisik motorik

3. kognitif

4.Seni

5.Bahasa

6. Sosial Emosional

 Macam- macam permainan tradisional 

1. Engklek

2. Lompat Tali

3. Baklak

4.Blanthik atau pate lele

5.Kucing dan Tikus

6. Obat Dhelik atau petak umpet

7.Sledhur-sledhur atau ular naga

8.Sapu Tangan

10. Cublak-cublak suweng

11. Bekel

12. Gotri ala

13. Congklak atau dakon

14.pasaran atau permainan jual beli

15. Silahkan-silakan

16.permisi Tuan atau nyonya

17. pong-pong golong

18.Ndas, gulu, cucuk, cakar,combel

19. Tong-tong mukiji

20.Dolanan gendong-gendongan dll

Salah satu contoh diatas mengingatku dalam masa kecil yang indah, beberapa cerita yang akuningat dimasa kecilku 

1.salah satunya dimana saat aku main pasar pasaran atau permainan jual beli  minuman yang dibuat dari serbuk warna warni ditambah isian yang diambil dari buah kecil kecil pada tanaman liar sekitar kami. 

2.Petak umpet ya, jika malam permainan ini tidak lazim kita mainkan tapi itulah kami  dizaman tanpa ada lampu hanya ditemani sang rembulan petak umpet sukses kami zalankan tidak segan segan kami lari di pohon besar, semak belukar, ngumpet dirumah orang yang aku rasakan saat itu jiwa pemberani tidak ada rasa takut dilakukan sampai jam 9 malam

3.Lompat tali memakai karet, dengan ketinggian tertentu, dan akupun mampu meraihnya kala itu, padahal rasanya aku pendek.

4. Permainan dengan tongkat yang dibuat dari kayu dan dilempar sampai kejauhan, seperti permainan bisbol

5.membuat perahu dari bahan alam, bermain kelereng, semua permainan yang berasal dari bahan alam

Semua permainan yang merangsang saraf motorik anak dan masih banyak lagi sehudang manfaat seperti yang dibahas di bagian atas tulisan ini.

        Hendaknya semua permainan tradisional  kearifan lokal budaya bangsa  perlu digalakkan lagi sehingga perlu dilestarikan karena merupakan permainan tradisional nenek moyang yang tidak harus punah termakan zaman, Karena sejatinya kalau bukan kita generasi pelestari, siapa lagi yang akan peduli.

Permainan tradisional dimasing-masing daerah sangat berbeda dari pola bahasanya tapi sejatinya  sama, sangat indah karena kita tahu budaya bangsa yang beragam membuat budaya bangsa  juga berbeda sesuai daerah dan kebudayaannya masing-masing. Semangat selalu penggerak pelestari permainan tradisional.


Salam sehat  dan salam literasi

#kamis menulis

#permainan tradisional

#legarunal



BAPAK BLOGER WIJAYA KUSUMA MENUJU GELAR DOCTOR

 Kamis, 23 juni 2022

Tema : Bapak Bloger Wijaya Kusuma MenujuGelar Doctor

Tantangan lomba menulis blog, menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi bagian ke -14.

Kegiatan menulis yang diselenggarakan Oleh founder kita bapak Wijaya Kusuma atau lebih dikenal OM Jay, mengajak kami untuk menulis setiap hari dan tantangan ini sudah sampai dihari ke - 14. Alhamdulillah cerita hari ke-14  bertema webiner om jay menuju gelar doctor,alhamdulillah saya mendapat kesempatan menjadi peserta menyaksikan webiner tersebut. Melihat tim penguji pada zoom dan mulailah om jay diberikan beberapa pertanyaan, akhirnya teringat juga masa- masa saat kuliah begitu skripsi saat sidang skripsi, rasa gemeter, dredeg sampai tidak bisa tidur dengan nyenyak menjelang hari H. Melihat beliau guru besar kita Bapak Wijaya Kusuma yang dengan mudah menjawab setiap pertanyaan para penguji, dan dokumentasi saya tampilkan.








Disaat kegiatan berjalan, saya mencoba membuka siapa saja yang hadir pada acara webiner Om Jay, ternyata beliau- beliau yang saya dokumentasikan.

Alhamdulillah acaranya berjalan lancar, beliau didampingi oleh  NYonya Siti Rokaiyah dan Kedua Anak  gadis beliau, dilanjutkan dengan sesi foto bersama, sungguh keluarga  panutan, yang saling mendukung dan menginspirasi.
Mudah mudahan semangar saya  mengikuti webiner beliau, membakar semangat saya dengan mimpi untuk bisa melaksanakan niat melanjutkan S2 di salah satu UT Surabaya, Semoga impiannya dipermudah Aamiinn.




SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI

#tantangan menulis Om jay menulislah setiap hari dan buktikan yang akan terjadi
#Lomba blog menulis Om Jay
#Tantangan Lomba Blog bagian ke-14


















Rabu, 22 Juni 2022

TASAKKURAN

 Rabu, 22 juni 2022

Tema : Tasakkuran

Tantangan lomba menulis blog, menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi bagian ke -13


Kegiatan menulis yang diselenggarakan Oleh founder kita bpak Wijaya Kusuma atau lebih dikenal OM Jay, mengajak kami untuk menulis setiap hari dan tantangan ini sudah sampai dihari ke - 13

Alhamdulillah malam tasakkuran selesai dilaksanakan, kegiatan berjalan lancar dan kondusif kegiatan dimulai dari setelah sholat magrib selesai jam 22.00 malam, walau dalam kondisi batuk dan rasa badan tidak karuan tapi kegiatan tasakkuran ini membuat semangatku berkobar, mengingat ada tugas dan tanggung jawab yang harus aku laksanakan. Alhamdulillah semangat dalam diri membuat badan ini kuat. Kegiatan  berjalan begitu lancar tanpa kendala sedikitpun, alhamdulillah acara dimulai dari pembukaan, sambutan bapak pengawas, kepala sekolah bahkan sampai ke acara hiburan dan acara inti siswa-siswi kelas 6.



 
Dokpri.siswa kelas 4

Maklum semenjak pandemi covid- 19 melanda dunia dan indonesia, acara tasakkuran ini sangat dinanti- nanti baik keluarga dilingkungan sekolah bahkan dilingkungan masyarakat sekitar, maklum acara kami dilingkungan terbuka. Jadi khalayak umum juga bisa menyaksikan .Sebenarnya acara tasakkkuran ini, keinginan dan hajat  dari para wali murid yang begitu antusias. Alhamdulillah acara bisa dilaksanakan. 


                               Dokpri

Acara dimulai sambutan- sambutan, acara hiburan sampai ke acara inti penyerahan hadiah kepada siswa - siswi yang berprestasi. Beberapa dokumentasi kegiatan tersebut.



Moment bersama siswa kelas  6 dengan gaya ekspresi kebahagian.





Beberapa kegiatan pentas seni tari mengiringi kegiatan tasakkuran.

https://youtu.be/NgjWS0tKva0


Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, cukup sekian penulisan ini, salam sehat dan salam literasi.


 #Lomba blog Om jay

#menulislah setiap hari dan buktikan yang terjadi bahian ke -13

#tasakkuran

#sdn sapeken2

PAKET NYASAR

 Selasa, 21 juni 2022

Tema : paket aneh

Tantangan lomba menulis blog, menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi bagian ke -12.

Kegiatan menulis yang diselenggarakan Oleh founder kita bpak Wijaya Kusuma atau lebih dikenal OM Jay, mengajak kami untuk menulis setiap hari dan tantangan ini sudah sampai dihari ke - 12.

Selamat malam sahabat pembaca, tulisan ini ada tulisan yang tertunda karena setelah malam tasakkuran dan akupun harus rehat cepat setelah meminum obat tanpa sadar aju terlelap tepat jam 23.55 aku terjaga, mencuci muka dan hape yang aku mulai cas sedari tadi. WA mulai aku buka satu persatu, pertama begitu banyak getaran hape dan isi wa yang begitu banyak, tanpa fikir panjang aku belum menyelesaikan tantangan menulis ke-12. Setelah chat dengan kekasih hati belum mendapat balasan, akhirnya kuputuskan untuk menulis, tulisan yang begitu ringan, dan jemariku mulai menari dengan lincahnya.

Tepat tanggal 29 mei 2022 WA ku bergetar aku baca perlahan, salah satu ekspedisi pengiriman menjelaskan paket telah sampai kepada mereka, dan akan melakukan oper transit pengiriman, mohon maaf nama ekspedisinya aku rahasiakan, demi kenyamanan bersama. Kurir tersebut memberi no.resi dan nama ku dan harus melunasi pembayaran COD. senilai 1.200.000, wah nominal yang sangat fantasi menurutku, barang apa ya itu sampai aku harus melunasi pembayaran senilai  1.200.000.  Segeralah aku mengecek ke mesin telusur, secara zaman sekarang canggih sesuai perkembangan zaman.

                     sumber setatamuda
.

Benar saja namaku tertera di alamat tersebut, tapi jujur ada keanehan, secara aku itu tidak pernah melakukan transaksi pembelian secara COD, namanya manusia rasa penasaran tetap ada, namun untuk mencegah dampak maupun resiko kebelakang nya seperti apa, akupun bergegas berkata, mohon maaf saya tidak pernah melakukan transaksi yang bersifat COD, begitu aku lihat dalam mesin telusur google, barang tersebut dari JAKARTA. Paket nyasar yang didalamnya aku tidak tahu itu apa, takutnya ada barang yang berbahaya mengancam keselamatan , akhirnya aku menjelaskan tidak pernah memesan barang dari jakarta, karena aku belajar untuk menjadi orang yang bisa menyelamatkan diri sendiri, dari segala kesalahan, sekedar berbagi info. terimakasih salam literasi.

#tantangan menulis om jay

#lomba blog menulislah setiap hari buktikan yang akan terjadi bagian ke-12

SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI


Selasa, 21 Juni 2022

MEMBUAT BUKU DARI BLOG

Senin, 20 juni 2022

Tema              : Membuat Buku Dari Blog

Narasumber  :  Deni Darmawan, Ms.Phia, Dan Maesyaroh 

MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN YANG AKAN TERJADI BAGIAN KE - 11

Materi yang dipaparkan oleh para narasumber hebat dan ditemani seorang founder belajar menulis beliau adalah bapak wijaya kusuma,ada juga pak dail dan lain-lain.

Sangat menarik materi ini  karena belajar langsung dari para penulis buku hebat, materi yang diselingi dengan kuis tebak wajah yang alhamdulillh saya langsung menjawab wajah beliau, dan masih banyak lagi kegiatan menarik.

Beliau Om Jay, Pak Dail juga mendapatkan hadiah berupa kaos, sayang aku hanya dapat buku heee. Ms.Phia banyaj berbagi cerita dalam webiner tersebut bagaimana beliau mampu membuat  dari semua resume menjadu buku dalam bahasa inggris, begitu pula bu Maysharoh menceritakan segala pengalaman beliau, sharing ilmu kepada kami bagaimana kedepannya Berkenaan dengan kegiatan para penulis, yang selalu bisa meluangkan waktu sibuk mereka, dan mampu menghasilkan karya yang dtunggu para pemirsanya. 


Sajian lengkap dan beragam makna dalam materi yang disajikan.

Menulis di Blog bisa dilakukan dimanapun, jika keadaan belum memungkinkan, simpan dulu dalam draf, kemudian jadikan sekitar kita Sebagai inspirasi menulis, dan menulislah dari hal yang paling kita anggap mudah.

 Guru Besar kita Om Jay  tidak menyia- nyiakan waktu bertanya kepada narasumber hebat  saat webiner tersebut. Beliau memberikan  Pertanyaan Kepada para pakar di Webiner Kombis, mengenai Konsistensi Menulis Setiap Hari.

Menurut Pak Deni Darmawan :Apapun yang kita kerjakan  seperti kegiatan menulis, hanya untuk mengharapkan Ridho Allah , Amal ibadah  dari Allah  Serta bergabung dengan Sahabat Bloger. Wah jawaban pak deni sungguh mulia sekali.

Menurut Ms.Phia: Cara mempertahankan konsistensi dalam menulis yaitu mambu membantu beliau saat fikiran lagi setres, karena beliau semasa kecil sudah jago dalam menulis dan suka membaca aerta mampu menghaailkan swbuah karya di waktu beliau kecil, bagi Ms. Phia menulis adalah kegiatan yang sudah menjadi hobi, menyempatkan menulis Dibuku setiap hari cukup  5 menit waktu yang sangat menarik jika beliau lagi sibuk. Wow luar biasa sekali, sering dari beliau.

Menjaga konsistensi  menulis yaitu mulai dari hal yang sangat mudah, contohnya menulis pengalamn setiap hari. Tutur Ms.Phia kepada kami.

Menurut Bu Maysaroh beda lagi ini, Merawat Konsistensi Menulis: menurut beliau lebih Kepada terapi batin, Tanpa menulis  terasa hampa ada yang hilang tutur beliau, dan setiap tulisan  perlu ditargetkan, dengan menulis mengobati kekosongan, wah sesuatu sekali.

Jadi sebuah pertanyaan om jay, kepada beliau- beliau merupakan kunci keberhasilan untuk para pemula mengikuti jejak  OM Jay, Ms.Phia, Maesyaroh, Pak Deni Darmawan serta para penulis handal lainnya, yuk para penulis pemula semangat kita, yakin bisa memiliki jam terbang terindah seperti mereka.

Tips menulis buku, from resume to book,disaat kita kehabisan ide, menurut beliau: lakukan dengan cara membaca, mencari materi yang sama, browsing, , mencari sumber lain baik dibuku, internet, Dunia Digital perbanyak membaca, perhatikan Farafrase, kata pengantar, daftar pustaka, harus ada kutipan dan refrensi, Gunakan bahasa sendiri, menulislah dengan hati, menulislah dikala hati senang,  menulis dikala pagi merupkan cara  narasumber maysaroh dalam menulis.

Inilahh tips terindah buat kita para penulis pemula, semoga mampu mengikuti jejak beliau- beliau, terimakasih sharing ilmunya, berkah selalu.



Semoga bermanfaat


Salam Sehat Dan Salam Literasi


 #lomba blog menulislah setiap hari buktikan yang akan terjadi bagian ke - 11

# lomba blog Om Jay

#dairy



Minggu, 19 Juni 2022

MANAGAMENT WAKTU UNTUK GURU DI ERA DIGITAL

Hari dan tanggal : Minggu, 19 juni 2022

Tema : MANAGEMENT WAKTU UNTUK GURU DI ERA DIGITAL


Menulislah setiap hari dan buktikan yang akan terjadi bagian ke-10

Kegiatan menulis yang diselenggarakan Oleh founder kita bpak Wijaya Kusuma atau lebih dikenal OM Jay, mengajak kami untuk menulis setiap hari dan tantangan ini sudah sampai dihari ke - 10

Management Waktu Tanpa Motivasi

Waktu adalah sumber daya alam yang tidak bisa di reproduksi dan tidak dapat diambil alih. Management waktu adalah sebuah perencanaan kegiatan untuk mengatur dan meningkatkan penggunaan waktu dengan lebih efektif.

Om Jay berkata untuk menjadi pemenang yaitu bagaimana kita mampu megatur waktu itu sendiri.

Pada Hakikatnya kita adalah pemenang, di dunia ini, di dalam rahim ibu, ribuan milyaran sel sperma yang menuju sel telur, hanya 1 pemenang yang bisa membuahi sel Telur. Nah Dari sini kita perlu berfikir, jika selama hidup kita dikalahkan oleh  waktu , maka rugilah kita.

Management waktu harus kita miliki , siapa yang harus memiliki management waktu yaitu  para manusia  yang memiliki akal seperti para pekerja contohnya  manager, karyawan, serta para guru hebat ditanah air. Manfaatnya memanagement waktu mampu mengendalikan waktu yang kita miliki agar mampu mengatur waktu, dengan ingin produktif dan menghasilkan karya.

Dunia Dibagi menjadi 4 Yaitu:

1.Nyata  2.Maya 3. Mimpi 4.Fantasi

6 Tips Management Waktu:

1.Tingkatkan kemampuan

2.Belajar Untuk Selalu Fokus

3.Membuat Perencanaan

4. Berani Mengambil Keputusan

5.Menjadi Motivasi Diri

6.menyusun sekala dan prioritas

Managament Waktu Yang Lebih Efektif

1. Manfaatkan Teknologi Time Management

2.Rapikan Meja Kerja

3.Apresiasi Kebiasaan Baikmu

4.Menaikkan Standar Kerja

Karakter Managament Waktu Yang Sukses

1.Rencana  dan Prioritas

2. Delegasi

3.Eliminasi

Jadilah Guru Yang Sukses













Beberapa Rangkuman Materi Sesi webiner DGD- ORBIT 360. Semoga harapan dari guru besar kita, bapak Wijaya Kusuma,  mampu menghantarkan kami menjadi guru yang mampu memanagement waktu secara baik.


Salam sehat dan salam literasi

# lomba blog Om Jay

# menulislah setiap hari dan buktikan yang akan terjadi bagian ke -10






MENERIMA BANTUAN TIK UNTUK SD

 SENIN, 27 juni 2022 Tema : Menerima Bantuan TIK  untuk SD  Assalamualaikum sahabat pembaca  sudah genap ke hari ke -18. Kegiatan menulis ya...

STATEGI MENANGKAL HOAKS