4 Maret 2022
Pertemuan ke-1
Sigit Suryono, S Pd, M.Pd
4 Maret 2022
Pertemuan ke-1
Sigit Suryono, S Pd, M.Pd
Kelas Inovasi IGTIK PGRI
Tema :Giat Literasi DiUjung Pulau flores
Penulis : sri wulandari
Tanggal : jumat 20 mei 2022
Berbicara tentang Webiner giat literasi ini yang dimoderatori oleh lilis Ernawati, dengan Narasumber Hebat bernama Maksimus Masan Kian, Mengenai cv beliau siapa beliau silahkan simak pada akun youtube Fajar Trilaksono Banyak sekali cerita yang sangat menginspirasi pada materi kali ini, dimana beliau berjuang untuk menggiatkan literasi ini dengan niat yang tulus, sungguh sangat mulia hati pak maxim ini, disebuah kepulauan terpenci, tepatnya dipulau flores cerita beliau dimulai, banyak suka duka yang beliau rasakan , jatuh dan bangkit yang selama ini beliau rasakan dengan modal serta niat tulus akhirnya pak maksim mendapatkan seorang penerbit yang beliau sendiri rahasiakan, saat menggiatkan literasi ini dalam sebuah karya buku beliau selalu mengalami kemujuran, dan kemudahan dari deadline dari penerbit boleh dikata sangat dipermudah,samapi ke tahap menjadi sebuah karya yang menghiasi giat literasi dipulau flores, beliau juga menjaarkan bayak sekali pihak yang sangat terlibat dalam hal ini, dengan diberikan dukungan penuh akhirnya pak maxim bis amemperluas giat literasi ini dengan berkolaborasi bersama sehingga membentuk kelompok pendukung, sungguh mulia sekali niat beliau. sukses selalu pak maxim, semoga sukses bersama bapak dipulau flores dengan berkolaborasi penuh dari dukungan pihak terkait di pemerintah daerah di pulau diflores.
Materi webiner ini dapat disimak di channel youtube pak Fajar Trilaksono.
Materi yang sangat menginspirasi dan perlu menjadi contoh keteladann dari beliau, salam sehat dan salam literasi.
Berikut Beberapa dokumentasi materi Webiner bersama Narasumber
#SalamInovasi
#KelasInovasi
#Pgri
#pertemuanke-10
SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI
17 April 2022
Lomba Blog Satu Guru
Penulis : sri wulandari
ki hajar dewantara mengatakan: apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya dan bermanfaat bagi manusia didunia pada umumnya.
GURU JUGA BERPERAN DALAM SUKSES NYA SEBUAH CITA-CITA
Menulis secara sederhana adalah kebiasaanku. Mengolah bahasa secara baik mungkin kekuranganku, tetapi untuk berbagi cerita bersama rekan penulis hebat adalah impianku.
Seperti biasa awal masuk dan sekolah efektif telah dimulai pada tanggal 9 bulan April 2022. Berjumpa bersama kalian wahai muridku dengan kisah baru, banyak kegiatan bermanfaat yang kita lakukan bersama. Menelisik kegiatan selama ramadhan seperti pondok ramadhan, kegiatan halal bihalal, kegiatan kecil berbagi kado untuk berbuka, kegiatan memasak bersama murid-murid tercinta, berbuka bersama, bermain bersama dipantai, sampai sholat terawih berjamaah, bagiku kagiatan yang sangat berkesan untuk tahun ini.
Menjadi guru sempurna seperti keinginan murid tersayangku mungkin belum bisa terwujud, tapi gurumu berusaha menemani hari harimu dengan semangat baru, membawamu pada mimpi mencapai cita-cita masa depan kalian kelak. Saat menanyakan apa cita-cita kalian, masih banyak murid berfikir, ada juga merespon cepat dan bahkan masih ada beberapa murid yang belum terfikir akan cita-cita mereka dimasa depan. Fikiranku berkata jika murid ini tidak memiliki cita-cita, besarnya mereka akan seperti apa, dan disini peran guru sangat penting jika kita mampu membuat mereka bermimpi akan cita-cita, setidaknya mereka punya motivasi serta semangat dalam belajar, memberi arahan untuk menata pola fikir dan prilaku mereka terutama adab.
Salah satu contoh yang saya lakukan memberi motivasi dan memberi inspirasi dari kisah diri sendiri, bagaimana jatuh bangunnya menjadi murid yang berprestasi dikelas sampai kejenjang pendidikan tinggi. Semua perlu komitmen dan semangat kuat untuk menjadi seseorang yang bermanfaat kelak, baik untuk diri dan untuk lingkungannya, seperti filosofi ki hajar dewantara. Berbicara Tentang Satu Guru, bisa di akses pada link berikut
Materi webiner nguping - 4 Satu Guru, pada kamis 31 maret 2022 jam 19.30 - 22.00 merupakan materi yang sangat menarik banyak arahan dari para pakar hebat dengan narasumber beliau bernama Dr fahruddin Faiz, S.Ag, M.Ag bersama Dr.Cepi Riyana, M.Pd.
Menurut Dr.Cepi di dalam Merdeka Belajar point penting yang dirangkum, hakikatnya bagaimana pendidikan itu harus harmoins, kemampuan knowledge, skill, pembentukan karakter, dan penanaman ahlak pada Murid.
Guru dan Murid harus memiliki rambu-rambu tentang memaknai Merdeka Belajar agar tidak kebablasan atau salah arah, yaitu terletak pada kunci "Dimana kebebasan tersebut ada batasan dan bertanggung jawab, salah satu contoh: Merdeka Belajar Hasyim Ashari menekankan pada Nilai Etik,Paradigma Etika berupa prilaku. Tidak kalah penting rambu-rambu harus diterapkan agar tepat memaknai arti Merdeka Belajar itu sendiri, Mengacu pada Sila ke-5, Budaya atau kultur, Keimanan yang artinya aturan pada AL-Qur'an sangat diperlukan sebagai perisai dalam memaknai Merdeka Belajar .
Menurut Dr. Faiz didalam memaknai Merdeka Belajar , mari dan atur barisan posisikan teknologi sebagai alat yang mempermudah pekerjaan kita dan Harapan beliau jangan sampai kita sebagai pendidik di peralat oleh teknologi itu sendiri. Seperti Ki Hajar Dewantara dan Hasyim As'ari, sejatinya menjadi seorang guru diharapkan mengajar dari hati ke hati dan mari belajar hati-hati karena sejatinya peran pendidik tidak bisa diganti oleh teknologi.
Penguasaan Teknologi harus betul-betul bijak, bukan hanya sebagai alat yang bisa memperbudak penggunanya, namun lebih ke hal kebaikan, semoga Teknologi ini mampu mendekatkan kita kepada kebaikan dan mendekatkan pada sang maha pencipta sesuai tuntunan agama, tutur Dr.Cepi
Memotivasi semangat belajar Murid, setiap guru memiliki tips dan trik yang berbeda di setiap guru untuk mengajar dan mencerdaskan anak didik bangsa. Menjadi guru yang mampu menampilkan sumber belajar yang bervariatif adalah salah satu cara guru untuk mewujudkan merdeka belajar. Salah satu contoh mengenal karakteristik murid dalam menerima pembelajaran sangat diperlukan oleh murid kita. Mengenal karakteristik murid cukup beragam dan sebagai seorang guru wajib bijak, gaya belajar beragam murid wajib kita fahami contohnya:
1. Gaya belaja visual
Karakter murid yang lebih mudah mengenal belajar dengan melihat visualisasi materi.
2.Gaya belajar Auditori
Karakteristik murid yang belajar lebih mudah dengan mengandalkan pada sistem pendengaran dan mampu membahasakan materi dengan bahasanya sendiri
3. Gaya belajar kinestetik
Gaya belajar yang berfokus pada pembelajarannya dilakukan secara langsung misalnya latihan soal dan praktikum
4. Gaya Belajar Baca serta Tulis
Gaya belajar yang berfokus pada membaca dan menulis, contohnya latihan soal dan membuat rangkuman materi
Untuk menjadi guru yang mampu menciptakan suksesnya merdeka belajar guru diharap mampu melakukan dan terus berusaha dalam berinovasi agar guru mampu menciptakan pembelajaran lebih baik lagi, dan guru perlu dituntut untuk memiliki ketrampilan dalam penguasaan teknologi. Dalam kelas pelatihan menulis bersama Om Jay dan PGRI berupakan salah satu contoh bukti nyata guru untuk selalu berinovasi.
Pesan Ki hajar Dewantara:ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Artinya Di depan seorang pendidik harus memberi teladan dan contoh tindakan yang baik
Di tengah dan diantara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide
Dari belakang seorang guru harus memberikan dorongan dan arahan
Bangkit guruku,maju negeriku, indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh
Profil Penulis
Sri wulandari, S.Si adalah seorang guru pendidik,yang merupakan staff pengajar di SDN Sapeken 2,yang alhamdulillah lulus ASN PPPK 2021, Berdarah jawa dan bajo, ibu asal tuban senori jawatimur, bapak orang bajo sapeken jawatimur, tempat tinggalku di sebuah kepulauan ujung sumenep jarak tempuh 1malam setengah hari tepatnya, untuk sampai ke lokasi kami, menggunakan kapal laut, jika memakai pesawat jarak tempuh kurang lebih 30 menit. Berdomisili di Desa sapeken, kamp.bukut Rt/Rw 003/Rw 004, karangkongo, kec sapeken,kabupaten sumenep, provinsi Jawa Timur. Bahasa sehari hari kami mayoritas bahasa Bajo, bugis, mandar, sebagian kecil bahasa madura dan jawa.
Pendidikan terakhir di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakakarta (UIN SUKA), Fakultas Saintek, Jurusan Biologi.
Status sudah menikah, memiliki suami yang bekerja di Cruise Ship, Serta memiliki 2 anak ganteng juga cantik lahir dikota gudeg. Penulis tepatnya genap berusia 36 tahun
Karya- karya Antologi :
1. Melati Ditaman Hati
2.Gebrakan Motivator Literasi Digital
3.Menumbuhkan Budaya Literasi di Masa Pandemi
4.Melejitnya Potensi Menulis
Email :
1.gurumudabelajar.85@gmail.com
2.aisyahewamandiri@gmail.com
Fb: Sri Ayu Wulan
Instagram:
https://www.instagram.com/invites/contact/?i=xl8ry79v934k&utm_content=x2pzsv
Youtube : Wowowulan-ch
https://youtube.com/channel/UCjm6Rtwm3PUrZWHKarZfDAQ
https://www.kompasiana.com/sriwulandari6500
https://swulandarigawaikucoretankugmld21.blogspot.com
No hp=085331555141
#SalamSatuguru
#LombaBlogSatuguru
#SalamLiterasi
#kanalSatuguru
Kelas Inovasi IGTIK PGRI
Kelas Inovasi IGTIK PGRI
Di dalam modul ada materi tentang
1 Pengertian Blog
2 Bagian-bagian blog
3 Cara membuat blog
4 Cara menulis di blog
5 Mengenal tools/fitur pada halaman menulis
6 Cara mengedit Tulisan setelah diposting
7 Cara share postingan blog ke medsos
Syarat peserta mendapat sertifikat 32 jam yaitu:
1. Sudah mengikuti pembiayaan
2. Sudah follow instagram. Bukti sudah follow,
http://www.instagram.com/brianprasetyawan3. membuat postingan (tulisan) di blog tentang pengalaman mengikuti pelatihan kelas dasar blog.
Syarat no 3 akan menunjukkan bahwa sudah:
- memiliki blog
- bisa menulis di blog
- bisa share link postingan blog dengan tepat
Jika teman teman tertinggal di group pelatihan kemaren silahkan buka link dibawah ini
https://www.youtube.com/watch?v=z8WXIJZRIv8&feature=youtu.be
Aku pun tidak ingin tertinggal dalam bertanya, mulai dari label dan seputar kendala blog aku. ditengah kegiatan padat dirumah tetap menyempatkan mengikuti pelatihan ini. Alhamduillah ternyata kendala yang selama ini dialami, sudah terjawab oleh masternya. Trimakasih banyak pak Brian semoga ilmu yang beliau sampaikan, bisa membuat blog kami semakin cantik dan menarik. Ilmu yang beliau berikan kepada kami semoga menjadi amal jariyah dan selalu berkah.
SALAM SEHAT DAN SLAM LITERASI
SUBTEMA 1 LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU
PEMBELAJARAN 1
GAYA DAN GERAK
Pengertian gaya dan gerak
Gaya adalah suatu kekutan yang mengakibatkan benda yang dikenainya mengalami gera, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk.
gaya juga dapat diartikan sebagai gerakan menarik atau mendorong, yang mampu mempengaruhi keadaa suatu benda.
Macam-maam gaya
1.gaya otot
2.gaya pegas
gaya listrik statis
4. Gaya Magnet
5.gaya gravitasi
6.gaya gesek
1.gaya otot adalah gaya yang dilakukan oleh gerakan otot kita, contoh: saat mendorong meja, menarik pintu
2. gaya pegas adlah gaya yang dihasilkan dari pegas atau karet, contoh: kegiatan memanah
3.Gaya listrik statis adalah gaya yang dimiliki benda bermuatan listrik, contoh; menggosokkan penggaris plastik ke rambut serta dekatkan ke potongn-potongan kertas kecil.
4.gaya magnet adalah gaya yang menyebabkan semua benda dibumi akan jatuh ke tanah, contoh:kelapa tua jatuh, mangga masak yang jatuh dari tangkainya
5.gaya Gesek
gaya gesek dihasilkan dari gesekan antara 2 benda, contoh: telapak kaki menyentuh lantai saay berjalan.
Pengertian Gerak
Gerak merupakan perubahan tempat , gerakan berpindah tempat. Dikatakan bergerak jika benda berpindah dari posisi awal
sifat-sifat gerak
Gerakan mendorong meja, kita mengacu pada posisi awal dinamakan gerak relatif atau gerakannya bersifat menjauh posisi tubuh., terjadi perubahan posisi meja setelah di dorong.
Selanjutnya apa yang terjadi saat meja ditarik, jawabannya meja tersebut akan bergerak
nah terus bagaimana dan apa yang terjadi pada meja saat ditarik? jawabnnya meja tersebut akan kembali ketempat semula brgerak mundur menuju subjek atau mendekati orang yang menariknya. . jadi gerakannya bersifat mendekat.
Perbedaan Gaya dan Gerak
Gaya dan gerak
1. Gaya mampu menyebabkan benda bergerak, gerak disebabkan adanya gaya
2.Gaya mempengaruhi bentuk benda baik berupa tarikan maupun adanya dorongan, sedangkan gesek tidak mempengaruhi bentuk benda
3. Adanya gaya menyebabkan benda bergerak, sedangkan benda bergerak belum tentu memiliki gaya
4. Gaya dipengaruhi oleh gerak, sedangkan gerak tidak dipengaruhi oleh gaya
#pengertian gaya
# jawaban kelas 4 tema 8
#kunci jawaban halaman 8,9 tema 8 kelas 4SD
#macam-macam gaya
#gaya dan gerak
Semoga Bermanfaat
SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI
Jawaban Kelas 4 Sd, Tema 8 (Pengertian dan ciri-ciri serta unsur-unsur cerita Fiksi)
Kegiatan Literasi disekolah Sdn sapeken 11
A. Pengertian Cerita Fiksi
Cerita fiksi adalah merupakan karangan non ilmiah dalam artian dia bersifat imajinatif dari sebuah pengarang. Buku fiksi lebih kepada bagaimana seseorang menggunakan imajinasi mereka untuk menulis. Contohnya novel, cerpen. Cerita Fiksi lebih kepada bersifat hiburan.
B.Mengapa Harus Belajar Menulis Fiksi?
1.Menulis Fiksi salah satu aspek yang dinilai dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah Literasi Teks Fiksi. Dengan belajar menulis fiksi, tentu seorang guru akan lebih mudah membuat soal latihan AKM bagi murid-muridnya.
2. Menulis fiksi merupakan cara asyik untuk menyembunyikan dan menyembuhkan luka. Dengan menulis fiksi, seorang guru bisa menyuarakan isi hatinya melalui tokoh-tokoh yang diciptakannya.
3. Cerita fiksi merupakan media pembelajaran alternatif yang menyenangkan bagi murid terutama menyangkut pengembangan karakter dan materi pengayaan.
4. Menulis fiksi bisa menjadi tambahan poin dan koin, terutama jika dikumpulkan menjadi sebuah buku.
C. Apa Saja Syarat Bisa Menulis Fiksi?
1. komitmen dan niat kuat untuk belajar menulis fiksi, baik melalui postingan blog atau kompetisi.
2. kemauan dan kemampuan melakukan riset. Tujuannya agar tulisan menjadi lebih nyata. Misalnya, menyangkut latar tempat.
3. Banyak membaca cerita fiksi karya penulis lain. Hal ini akan memperkaya kosa kata dan juga menemukan gaya menulis.
4.Mempelajari KBBI dan PUEBI agar cerita yang ditulis sesuai kaidah kebahasaan.
5.Memahami dasar-dasar menulis cerita fiksi.
D. Apa Saja Unsur-unsur Pembangun Cerita Fiksi?
1. Tema yang merupakan ide pokok cerita. Kiat menemukan tema adalah yang paling dekat dengan kita. Bisa saja keluarga atau sekolah, pilih tema yang paling disukai dan kuasai. Hal ini akan memudahkan dalam menyelesaikan cerita.
2.Premis : ringkasan cerita dalam satu kalimat. Unsur-unsurnya terdiri dari karakter, tujuan tokoh, halangan/rintangan, dan resolusi. Contoh: Seorang penyihir muda berjuang melawan penyihir jahat, Contoh tersebut adalah premis dari novel Harry Potter. Ini salah satu film kesukaan, penulis menunggu seri klanjutan kisah anak Harry Potter.
3. Alur atau plot : struktur rangkaian kejadian dalam cerita. Terdiri dari pengenalan cerita, awal konflik, menuju konflik, konflik/klimaks, dan ending.
4.Penokohan : penjelasan selangkah demi selangkah detail karakter dalam cerita. Bisa digambarkan secara langsung, fisik dan perilaku tokoh, lingkungan, tata bahasa tokoh, dan penggambaran oleh tokoh lain.
5. latar/setting : penggambaran waktu, tempat, dan suasana.
6. sudut pandang : cara penulis menempatkan diri. Penggunaan sudut pandang dalam menulis cerita fiksi harus konsisten.
E.Bagaimana Kita Menulis Cerita Fiksi?
1. Niatkan dalam hati untuk memulai dan menyelesaikan cerita fiksi. Permasalahan yang dihadapi oleh penulis adalah mengalami kebuntuan ide menyelesaikan tulisan fiksi.
2. Perbanyak membaca cerita fiksi karya orang lain untuk menambah referensi berupa ide/gagasan/tema, teknik menulis, pemilihan kata, dan gaya penulisan.
3. Terkait ide dan genre. Catat segera ide cerita yang terlintas di kepala agar ide tidak hilang begitu saja. Pilih genre yang disukai dan kuasai.
4.Outline/kerangka karangan.
Kerangka disusun berdasarkan unsur-unsur (pembangun cerita fiksi)
Menentukan tema agar pembaca mengerti(lingkup cerita fiksi kita)
Membuat premis sesuai tema
Menentukan uraian alur/plot berdasarkan unsur-unsurnya
Menentukan penokohan kuat berdasarkan
jenis dan teknik penggambaran watak tokoh dengan baik
Menentukan latar/setting dengan
menunjukkan sisi eksotis dan detail
Memilih sudut pandang penceritaan yang unik
5.Mulailah menulis.
Membuka cerita dengan baik (dialog, kutipan, kata unik, konflik)
Melakukan pengenalan tokoh dan latar dengan baik dengan cara memaparkan secara jelas
kepada pembaca
Menguatkan sisi konflik internal dan eksternal tokoh
Menggunakan pertimbangan logis agar tidak cacat logika dan memperkuat imajinasi
Memilih susunan kalimat yang pendek dan jelas
Memperkuat tulisan dengan pemilihan kata (diksi)
Membuat ending yang baik
Ciri-ciri cerita Fiksi:
1. bersifat imajinasi, dari ceritanya bersifat imajinatif, salah satu contohnya seperti Harry Potter,
Contoh lain seperti cerpen dongeng hingga novel
2.ceritanya kebenarannya ada bersifat relatif dan tidak mutlak
3. bahas yang digunakan bersifat konotatif
4.Sismatika penulisan baku.
5.Memiliki amanat atau pesan moral
Jenis-jenis teks fiksi
1 .fiksi Stories
2.Fiksi biografis
3..fiksi sains.
4.cerita pendek atau cerpen
5.novelet
6.novel
7.cerita anak
8.dongeng
9.fabel
10.hikayat
11.legenda
12.mite
13.cerita perumpamaan
Semoga Bermanfaat
#kelas4tema8pembelajaran subtema1
#Ceritafiksi
#ciriciri
#kuncijawaban
#kelas4sd
#Literasisekolah
8 April 2022, Resume ke-6
penulis : Sri wulandari
Narasumber : Emi Sudarwati, SP.d
Moderator : Leni Priska
Narasumber yang membersamai malam 8 april 2022 beliau adalah bu Em Sudarwati, SP.d, Seorang peraih juara 1 Inobel Nasional serta seorang penuis buku, beliau juga merupakan Guru Bahasa Jawa yang mengajar di SMP 1 Baureno, Bojonegoro. Beliau adalah seorang pegiat Literasi Guru dan lebih dari 519 buku ber-ISBNterselip nama beliau,waw prestasi yang sangat membanggakan. Beliau menyabet gelar lomba INOBELNAS tahun 2016, dengan Email: emilme2011@gmail.com.
Mencari tentang siapa Bu Emi Sudarwani bisa dilakukan didalam mesin pencarian google, banyak sekali prestasi-prestasi yang menarik tentang beliau.
Pengertian INOBELNAS: Inovasi Pembelajaran Nasional, menciptakan sebuah karya inovasi yang orisinil sangat diperlukan. dalam mengikuti kegiatan tersebut harus berdasarkan karya sendiri. Inobelnas mampu menciptakan Karya Tulis Ilmiah
Narasumber bu Emi Sudarwani merupakan finalis Inobelnas di Jakarta bersama 102 finalis seluruh guru di tanah air, sungguh menakjubkan bukan.
Terdapat 3 kata kunci dalam menulis Inobel yaitu
1.Similarity :kemiripan atau kesamaan suatu naskah dan hindarilah plagiarisme
2.Sitasi : Pengutipan dengan gaya salingkung
3. INovasi: Ciptakan sebuah trobosan baru dengan cara yang berbeda
menghasilkan sebuah karya sendiri dan beliau telah melahirkan para menulis muda, anak didik beliau banyak menjadi seorang penulis handal , Wah sangat menjadi ispirasi buat kami. Semoga mampu melahirkan tulisan-tulisan yang sangat bermanfaat apalgi jika bersama sama menghasilkan karya bersama-sama peserta didik, sungguh cita-cita yang sangat luhur.
Merdeka Belajar Ala Guru SD Merdeka Belajar menjadi salah satu gebrakan yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Tekno...