21 maret 2022, Resume ke-28
Pukul : 19.00 -21.00 WIB
pertemuan : ke- 28 (Daring Via WA)
Tema : TEKNIK PROMOSI BUKU
Narasumber :Akbar Zainuddin MM. MJW
Moderator : Widya Setyaningsih
CV AKBAR ZAINUDIN
Akbar Zainudin adalah Seorang trainer dan motivator nasional, beliau merupakan pendiri PT. EMJEWE Training & Coaching dan perusahaan penerbitan MJW group. Seorang Penulis dan berhasil menerbitkan 13 buku Motivasi. Beliau juga melahirkan maha karya yang luar biasa salah satuya The Power of Man Jadda Wajada. Semacam penyempurnaan dari Man Jadda Wajada seri pertama. Behasil di cetak ke-13 dan beredar 55.000 eksemplar. Seorang Trainer dan Motivator Man JAdda Wajada. kata-kata mutiara Man Jadda Wajada sendiri berarti“siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil” merupakan kata mutiara Arab yang dihapalkan di berbagai pesantren dan lembaga agama di Indonesia, dan Profil lengkap tentang beliau bisa ditemukan pada mesin pencarian google. Terbitnya sebuah buku Man Jadda Wajada- Membuat beliau berkeliling ke-33 Provinsi di Indonesia. Wah sungguh sangat menarik pastinya. Untuk mengenal lebih baik narasumber siapa beliau bisa jadi referensi- ya.
http://akbarzainudin.com/tentang/buku-ke8-uktub-panduan-lengkap-menulis-buku-dalam-180-hari/
IG: @akbarzainudin
Twitter: @akbarzainudin
FB: AkbarZainudinMJW
WA: 0857-1195-6118
TEKNIK PROMOSI BUKU
4 Strategi dalam promosi buku menurut Narasumber yaitu ;
1.Strategi Produk
2.Strategi Harga
3.Strategi Distribusi
4. Strategi Promosi
1. STRATEGI PEMASARAN BUKU
Strategi pemasaran, termasuk buku terdiri dari empat hal, yang biasa disebut sebagai 4P, yaitu Product (Strategi Produk), Price (Strategi Harga), Place of Distribution (Distribusi), dan Promotion (Promosi).
Sebelum membahas empat strategi di atas, yang perlu kita lakukan bahkan sebelum menulis adalah menentukan target audiens atau pembaca kita siapa. Karena strategi untuk anak-anak tentu saja berbeda dengan strategi untuk remaja, demikian juga untuk orang tua.
2.STRATEGI PRODUK.
Merupakan tanggung jawab penerbit. Sebagai Penulis lebih banyak memberikan masukan kepada penerbit siapa target pembaca, kebutuhan mereka terhadap buku kita. konsep buku yang akan diterbitkan nanti menyesuaikan dengan kebutuhan dari target audiens.
3.STRATEGI HARGA.
Menentukan harga buku juga biasanya menjadi tanggung jawab penerbit. Pada dasarnya penentuan harga buku, ada dua strategi. Pertama, adalah harga buku secara umum. Dan Kedua adalah buku dijual dengan harga premium (lebih mahal dibandingkan buku biasa).
Harga buku bisa dijual lebih mahal jika mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan buku-buku yang lain. Misalnya hard cover, ditambah bonus-bonus (voucher seminar, workshop, dan lain-lain)
4. STRATEGI DISTRIBUSI
Distribusi secara umum dibagi menjadi dua: distribusi tradisional dan distribusi non tradisional. Distribusi tradisional adalah melalui toko-toko buku, baik toko-toko buku jaringan nasional maupun toko buku lokal.
Sedangkan distribusi non tradisional, di antaranya adalah:
1. Melalui MLM (Multilevel Marketing)
2. Melalui Penjualan Langsung
3. Melalui Marketplace/e-Commerce (Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee,
5.STRATEGI PROMOSI
Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan, Mnurut Nrasumber Yaitu:
1. Launching buku. Adalah program untuk meluncurkan buku baru. Keterampilan berbicara yang baik di depan umum (public speaking). Agar pada saat kita ada acara ataupun rekaman di Medsos dan YouTube, menjadi menarik bagi calon pembaca.
2. Kemampuan copywriting (membuat kata menarik untuk promosi dan penjualan). Ini salah satu keterampilan paling penting untuk menjual pada Abad 21.
3. Pemanfaatan teknologi informasi. Bagaimana memanfaatkan media sosial seperti YouTube, WA, IG, Facebook, Zoom, Webex, Google Meet, dan sebagainya. Karena eranya sekarang seperti itu. Kalau kita bisa memanfaatkan dengan baik, hidup akan lebih mudah
Beberapa Pertanyaan yang mewarnai pertemuan bersama narasumber yang dikupas secara mendetail dan menarik
1.Bagaimana caranya karya kita bisa booming dan di terima pasaran? Jawabannya tentukan audiens pembaca kita anak,remaja atau dewasa, tulislah sesuai kebutuhan mereka,insyaallah mereka akan membeli buku kita,
2.Bagaimana teknik promosi yang paling pas untuk pemula, yang belum memiliki penggemar ? jawaban: Perbanyak pertemanan di medsos dan pajang pada dinding sosmed kita, dan selanjutnya cipt dan teruslah menulis jangan memikirkan tidak ada yang laku, tugas kita hanya menulis sisanya kembalikan pada sang maha pencipta.
3.Bagaimana cara agar beberapa ide menulis buku solo yang berhubungan dengan cara mencari buku referensi secara On Line?jawabannya Mencari di Google: Jurnal+apa yang dicari fileytipe:pdf
Cara mencari buku referensi secara On Line Beliau melakukan 7 strategi pemasaran buku karya beliau. Jadi, bukan hanya teori, tetapi semuanya sudah dilakukan. Lalu kalau ditanya mana yang paling mengena, setiap program kita mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda.
Update status di IG, FB, dan YouTube biasanya akan lebih banyak membuat orang tahu. Nah, transaksi terjadi di WA. Jadi, cara kita menjawab di WA juga sangat berpengaruh.
Yang juga penjualannya banyak adalah saat kita mengadakan acara, baik online maupun offline. Sehabis seminar biasanya orang tertarik dengan apa yang kita bicarakan, lalu membeli buku kita.
Jadi, sebelum seminar saya selalu pikirkan program apa yang saya buat khusus buat seminar yang akan saya selenggarakan. Seperti malam ini, ada program untuk DIKLAT MENULIS, ada juga program untuk MENTORING menulis buku.
Beliau berkata lakukan semua yang bisa kita lakukan. Tidak perlu malu, tidak perlu berkecil hati, terus disabari, karena suatu saat pasti akan berhasil. Wejangan yang sangat membesarkan hati para penulis pemula, pastinya, terimakasih Narasumber.
Narasumber memiliki buku UKTUB menulis Buku dalam 180 hari, GRATIS KONSULTASI DAN MENTORING untuk penulisan 1 buah artikel. Artikel apa saja. Mulai dari ide, membuat outline, sampai tulisan sudah jadi saya akan review dan edit. Wah materi yg sangat mebangun semangat kita dalam menulis, beliau juga berucap, untuk pemesanan Harga Rp 100.000 belum termasuk ongkos kirim Pesan ke Ibu Ikoh di: 0857-1195-6118. Silhkan yang sangat membutuhkan informasi lebih lanjut.
Kalimat yang sangat menarik'' dari pertemuan ke-28
"Tugas kita bekerja, biarlah hasilnya kita serahkan kepada Tuhan. Tugas kita adalah membuat program sebanyak-banyaknya, melakukan promosi sebanyak-banyaknya, hasilnya biarlah menjadi wewenang Gusti Allah"
"Semua harus ditulis, apa pun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting, tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna”
"Genggam semua ilmu yang telah kita dapati selama ini, untuk menjadi bekal berkarya demi keabadian diri kita sendiri" Jangan lupa karya solo selalu dinanti"
Semangatsss
"Jangan pernah patahkan ikatan persaudaraan yang selama ini kita bangun dengan rasa saling berbagi, memotivasi"
SEMOGA BERMANFAAT
SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI
Super lengkaaap
BalasHapusWah..terimaksih bu sekjen..jadi semangat lagisalam sehat dan salam literasi
BalasHapus