1 maret 2022, sri wulandari
Public Speaking for Teacher
Tanggal :Selasa, 1 maret 2022
Pukul : 19.00 -21.00 WIB
pertemuan : ke- 5 (Daring Via Zoom)
Tema : Guru Manusia Di Masa Pandemi
Narasumber : Munif Chatif
Moderator : bu Daru
Alahmdulillah sudah sampai pada pertemuan ke-4, yang memotivas untuk ikut kedalam kelas pelatihan berani berbicara ini. berbicara tentang tema tentu terselit dalam benak perlukah melakukan public speaking?
Mengingat peran penting kita sebagai seorang guru pencetak karakter generasi bangsa , bangsa indonesia, sudilah kitanya kita memahami begitu dekatnya peran kita dalam penguasaan diri, berani berbicara atau public speaking for teacher,Dengan Tema malam ini yang saya saksikan ditayangan youtube, karena kendala mati lampu hampir 1 jam lamanya, Berjudul Guru Manusia Di masa Pandemi atau menjadi gurunya manusia wah materi ini sangat buat penasaran ditambah narasumber kita beliau Munif chatif, pengen tau siapa beliau dengan judul yang menawan Yuk simak materi yang aku rangkum buat kalian.
Beliau Bernama MUNIF CHATIF M. P.d adlah seorang Dosen FKIP UNUSA Surabaya, CEO Next Edu kolsultan Pendidikan, Pengembang Multiple Intelligences Reseach _MIR, IG: Munif Chatif, Beliau lahir 5 Juli 1969. Berikut Link Narasumber silahkan baca di https://id.wikipedia.org/wiki/Munif_Chatib
bermacam karya buku yang beliau terbitkan :
1. Sekolahnya Manusia
2.Gurunya Manusia
3. Sekolah Anak-Anak Juara
4. Guardian Angel
5. Kleasnya Manusia
6.Semua Anak Bintang
7. Parents Learn
8. Bella Sekolah Tak Perlu Airmata
Beberapa alasan yang kenapa siswa mengalami kendala dalam menerima pelajaran dan sangat sulit diterima dan harus dilakukan berulang-ulang salah satu penyebabnya:
faktor pertama, Maslah akademik, untuk mencari sumber pelajaran para siswa dimudahkan dengan adanya layannan gadget. Sedangan faktor kedua, dari bidang akademik meliputi gadget, pornografi yang semakin merajalela,, bullying atau pelecehan, serta terjadinya anti sosial tidak suka bergaul. tantangan sekali untuk kita para guru yang tugasnya sangat berat ditambah lagi dengan teknologi pendidikan atau revolusi 4.0 semua serba teknologi sehingga kita dituntut melakukan perubahan karena zaman dimana semua berbasis pada teknologi contohnya E-learning, E-Busines, E_commerce, E-employee, E-angriculture semua berbasis teknologi nah bagaimana, peran kita jika digantikan oleh teknologin itu sendiri, salah satu contoh teknologi robot yang disimak dalam webiner malam ini, sungguh sangat meresahkan tentunya,Lantas bagaimanas cara kita agar tidak bisa digantikan, solusi cerdasnya yaitu:
1. berperan menjadi orangtua yang mampu memberi nasehat kepada siswa dan siswi
2. Sebagai seorang guru harus memiliki kempuaan ilmu pengetahuan yang lebih salah satunya
3. dan kita sebagai guru, yang memeberikan pengetahuan, mampu sebagai orangtua yang memberikan nasehat maupun petuah bahkan menjadi sahabat serta mampu berbagi seperti sharing bmaupun curhat (the inspired Teacher)
sungguh tantangan bukan, dan sangat simple dan mudah jika jika praktekkan bersama solusi ini, yuk mulai praktekkan.
Dalam masa E -learning ini diperlukan kemmpuan khusus agar kita tidak tergantikan oleh tenaga robot yang sudah dikembangkan dinegara maju lainnya. lantas apa yang harus kita lakukan sebagai solusi atas masalah ini. salah satunya yaitu:
1. Sikap Guru teladan
2. Semua ank didik dilahirkan adalah seorang bintang
3, Kemampuan yang sifatnya seluas samudra
4. Anak cerdas dengan multiplre intelligence
5. masa Revolusi 4.0 guru dituntut harus ammpu memilki teknologi multiimedia
Berikut beberapa penjelas dari ke-5 solusi diatas:
1. Terdapat 2 sifat yang deimiliki guru: sikap seorang guiru yang memiliki watak keras dalam mendidik siswa akibatnya siswa akan menjauh terkesan tidak memperdulikan penjelasan guru dan lebih cenderung takut bahkan memunculkan prasaan bete.
2. Seperti apapun mereka, ambil sisi positifnya dimana tugas kita menggali bakat yang terpendam yang ada pada mereka dengan menstimulus mereka, menggali kreativitas yang terpendam pada masing -masing anak didik dan melakukan problem solving
3. Ke4mampuan sseluas samudra makna kata yang sangat mendalam meliputi psiko afektif, psiko motorik dan psiko kognitif
4. Re merupakan pengertian dari kecerdasan prilaku yang terus diulang-ulang dan mencakup 2 hal :a. Creative menciptakan gagasan sebuah konsep dengan tujuan untuk kemajuan
b. problem solving adalah kemampuan dalam menyelesaikan maslah atau mencari solusi atas hal yang terjadi
5. Terdapat 8 kecerdasan multiple intelligences (linguistik, mathematic, spesial visual, musical, kinestetis, interp[ersonal, naturalis ) dan perlu digaris bawahi bahwa untuk menjadikan mereka cerdas seperti harapan semua guru kita perlu melakukan dengan cara menstimulus mereka, menggali kreativitas yang terpendam pada masing -masing anak didik dan dengan problem solving.
Wah ilmu yang sangat bermanfaat, selamat memepraktekkan
Berikut bagi yang tertinggal dalam menyimak yuk, buka link nya di https://youtu.be/DrpP716k7Fs
Keterbatasan dalam merangkai kalimat bukan sebuah penghalang untuk menulis, Belajar dan konsisten bersama mentor -mentor hebat PGRI adalah solusi paling tepat.
SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI
Menjadi Guru Manusia di Masa Pandemi Bersama Munif Chatib https://www.kompasiana.com/wijayalabs/621ec0aabb44864e813bd692/menjadi-guru-manusia-di-masa-pandemi-bersama-munif-chatib mohon komentarnya di kompasiana, terima kasih.
BalasHapusterimakasih guru besar, salam sehat,salam literasi
HapusSangat keren sekali semoga kita bisa menjadi guru manusia yang menginspirasi dimanapun berada๐
BalasHapusterimaksih bu leni, slam sehat salam litersi
HapusResume nya mantap dan bermanfaat
BalasHapusterimaksih pak zaki, slam literasi
HapusPaparan yang begitu panjang, dapat diringkas dengan apik dan mudah dipahami. Luar biasa. ๐๐
BalasHapusterimaksih pak ajun,salam literasi
Hapuskomplit deh isinya
BalasHapusmakasih mbak windar, slam literasi
Hapus