28 Februari 2022, Resume ke -19
Tanggal :Jumat, 25 Februari 2022
Pukul : 19.00 -21.00 WIB
pertemuan : ke- 19 (Daring Via WA)
Tema ;PEMASARAN BUKU
Narasumber : AGUS SUBARDANA S.E, M.M
Moderator : RALIYANTI
Alhamdulilllah Telah sampai pada pertemuan ke-19, Materi malam ini merupakan materi yang sangat menarik karena berhubungan dengan tugas akhir dan perkembangan materi sebelumnya sehingga menerbitkan buku dan mampu memasarkan buku solo di Pelatihan Belajar Menulis Bersama PGRI, Sapaan hangat sebagai pembuka yang moderator suguhkan dalam pelatihan belajar menulis PGRI asuhan Om Jay sang guru bloger Indonesia. Moderator yang kita kenal beliau Raliyanti, sosok ibu yang sangat berbakat, merupakan seorang penulis, dan sudah menerbitkan banyak buku antologi, buku solo, beliau seorang sosok baik hati, ramah penuh peduli, Dan Narasumber malam ini adalah " Agus Subardana, S.E, M.M" Beliau seorang yang sangat berpengaruh, Seorang Direktur marketing Andi Publisher yang lahir diyogyakarta pada bulan Sepetember tanggal 11 tahun 1973. Semua tentang beliau bisa baca pada link tertaut http://penerbitandi.com/
Berbicara tentangmnerbitkan buku tidak luput dimana kita mampu memasarkan buku secara baik dan benar dan materi ini sangat menari, bagaimana cara agar pemasaran buku dimasa pandemi? lalu Masa pendemi ini pemasaran buku di Indonesia kira-kira turun atau naik ? Silahkan simak sharing ilmu dan shaering pengalaman Narasumber Hebat "Agus Subardana " akan dibahas secara detail dalam pemasaran buku di seluruh Nusantara ini. Yuk kita simak materi yang sangat menarik ini
PROFIL NARASUMBER
Nama : Agust. Subardana, S.E., M.M.
Jabatan : Director of Marketing Andi Publisher
Tempat /Tgl Lahir : Yogyakarta, 11-09-1973
Status : Menikah
Istri : Retno Th.
Anak :Herjuna S. dan Tanusaputra
Hobby : Membaca , dan Marketing.
Hp / w.a : 08112936680
Pendidikan- S1 Management, Universitas Mercu Buana Yogyakarta 1998
- S2 Magister Management Merketing , Fak . Ekonomi Universitas Satya Negara Jakarta 2012
Riwayat pekerjaan
- Sekretaris Umum Pusat Pelayanan Usaha Kecil dan Menengah (PPUKM) se-DIY 1997 -1999
- Supervisor Madical Representative PT. Metiska Farma Jakarta 1999 -2003
- Area Manager Marketing PT. Dobeli Jakarta 2003 -2005
- Manager Marketing Penerbit ANDI OFFSET Yogyakarta 2005 – 2012
- Direktur Marketing Penerbit ANDI OFFSET Yogyakarta 2013 – sekarang
- Dosen kelas Malam (18.00 s.d 22.00 wib) STIE Wiyata Mandala 2014 – 201
- Understanding Business : Brand Management: Integrated Communication Marketing (IMC)
Penerbit ANDI adalah nama salah satu lini usaha CV. ANDI OFFSET. Produknya adalah buku-buku komputer, IT, Teknik Umum dan buku pegangan matakuliah mahasiswa di jurusan Ilmu Komputer. Sejak awal didirikan, Penerbit ANDI konsisten dalam kiprahnya di dunia penerbitan. Fokus ada pada buku komputer dan manajemen, disamping buku umum lainnya. Seiring berjalannya waktu serta komitmen perusahaan terhadap konsistensi kualitas, buku-buku terbitan Penerbit ANDI semakin mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat. Peningkatan mutu buku dilakukan baik dengan penyaringan naskah para penulis lokal, maupun bekerja sama dengan penerbit-penerbit luar negeri yang terkenal seperti Prentice Hall yang sekarang menjadi Pearson Education Asia, McGraw-Hill, John Wiley, MacMillan, Bengk Karlof, Harvard, dll, serta didukung sumber daya penerbitan dan percetakan yang baik(https://id.linkedin.com/company/andi-offset).
Buku adalalah sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Merujuk keepada laporan Nielsen BookScan ICM, penjualan buku di secara global hingga akhir 2021 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Di tengah melesunyacbahkan terpuruknya bisnis di berbagai industri di tanah air akibat pandemi Covid-19, industri penerbitan buku sekala Global justru tumbuh secara pesat. Melihat pada data tersebut dari berbagai genre buku yang mengalami kenaikan adalah genre “Food & Drink” yang pertumbuhannya mencapai 33% atau menjadi 2,8 juta Euro. Selanjutnya, pada genre Fiksi tumbuh 9% (menjadi 7,1 juta Euro), genre Leisure & Lifestyle tumbuh 37% (menjadi 1,4 juta Euro), genre Personal Development tumbuh 11% (menjadi 2,2 juta Euro), dan genre Children & Young Adult Non-Fiction tumbuh 15% (menjadi 1,5 juta Euro).
Bisa dilihat pada tampilan dibawah ini
Berdasarkan analisa pasar dan di ungkapkan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi), seperti yang dikutip dari situs resmi www.ikapi.org, industri penerbitan nasional terdampak cukup keras dalam terpaan pandemi. Lantaran, tutupnya toko-toko buku, sekolah-sekolah, dan pengadaan buku oleh dinas/perpustakaan.Ungkap Narasumber Berdasarkan hasil survei Ikapi, sebanyak 58,2% penerbit mengeluhkan penjualan yang turun lebih dari 50%. Separuh penerbit juga menyebutkan merosotnya produktivitas karyawan secara tajam dalam kondisi work from home (WFH) saat ini. Bahkan, sebanyak 60,2% penerbit menyatakan bahwa mereka hanya sanggup menggaji karyawan selama tiga bulan dan hanya 5% yang menyatakan sanggup bertahan sampai satu tahun. Jadi Industri buku di saat pandemi di indonesia mengalami penurunan yang dratis mencapai 50% hingga 80 %. Berbeda sekali dengan Penerbit ANDI Offset Yogyakarta, Alhamdulilah masih bisa bertahan dan bertumbuh, Wah sangat diacungi jempol salut untuk Penerbit Andi
“Meski demikian, Menurut Narasumber Kami penerbit ANDI Yogyakarta ada beberapa genre buku yang kontribusinya justru bertumbuh di masa pandemi. Antara lain, genre buku sekolah , buku anak, masak, self improvement, hukum, Bisnis, parenting & family, dan computing & technology,
Fenomena menarik di industri penerbitan buku pada masa pendemi adalah bertumbuhnya penjualan di kanal online dan Directselling .Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut Menurut Narasumber dikelompokkan menjadi katagori buku, salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ). Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 42 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 15.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori (dapat di kunjungi ke website kami : www.andipublisher.com ).
Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line) dan strategi pemasaran buku serangan Darat ( off line ), dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
1.Pentingnya Transformasi Digital
Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar , kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .
Adapun Manfaat Digital Marketing antara lain :
- Biaya lebih relatif terjangkau atau murah
- Daya Jangkauan sangat luas
- Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai katagori
- Komunikasi dengan Konsumen Lebih Mudah
- Lebih cepat popular
- Sangat Membantu Meningkatkan Penjualan
- Mudah di evaluasi dan di kembangkan
Strategi On Line ini kurang lebih ada lima stretegi yang kami lalukan Tutur Narasumber yaitu
1.Melakukan pengelolaan secara intens terhadap buku-buku best seller-nya, yang saat ini jumlahnya mencapai 100 best seller.
2.Kami Penerbit ANDI juga massif menggelar program Pre Order melalui toko buku online, e-Commerce, maupun reseller individu. “Tak hanya itu, kami juga menjual merchandise, e-book, hingga buat content.
3.Penerbit ANDI juga melakukan optimalisasi di semua lini produk, baik optimalisasi promosi, branding, hingga reseller. “Objektifnya, buku sudah bukan lagi untuk dibaca, melainkan sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat".
4. Penerbit ANDI juga melakukan optimalisasi stock produk melalui program bundling dan online. Penerbit ANDI Offset juga mengelola Dead Stock, yakni mengelola buku-buku yang tidak terjual melalui program diskon dan melakukan books fair / pameran buku secara On Line.
5.Kelima, Penerbit ANDI Offset juga mengelola Dead Stock, yakni mengelola buku-buku yang tidak terjual melalui program diskon dan melakukan books fair / pameran buku secara On Line.
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom , Live ..Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik, termasuk kelas kelas pelatihan Asuhan OM Jay PGRI , contohnya Kelas Informatika Dengan founder
Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ), menurut Beliau
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
1. Strategi Pemasaran di Toko Buku
2. Strategi pemasaran buku secara Directselling atau penjualan langsung dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun bisnis yang fleksibel dan berbiaya rendah
Rangkuman pertanyaan yang dibahas secara apik dan menarik oleh Narasumber salah satunya
1.Menurut Narasumber 3 jenis kerjasama...untuk terbit di ANDI Offset
Jenis Kerjasama yang pertama a. yaitu Kerjasama secara reguler , yaitu langsung mengirimpak naskah ke ANDI Offset dan naskah akan di nilai di penerbitan kami dengan nilai standar dari yang menentukan dan bila Naskah dinyatakan diterima maka akan di terbitkan tanpa biaya apapun . dan bila naskah Ibu di tolak berarti gugur.
b. Kedua yaitu kerjasama Perorangan , hal ini berdasarkan kebutuhan dari penulis dan naskah Ibu Kami terbitkan berdasarkan pesanan khusus dari Ibu Helmi , dengan kalkulasi harga berdasarkan Jumlah halaman, jenis kertas dan warna atau hitam putih..
c. Ketiga Kerjasama antar lembaga (Penerbit dengan Institusi) yaitu kerjasama Pecintraan Bersama dengan paket minimal 300 Exs untuk kebutuhan lembaga.
Jadi kesimpulan materi diatas maka Penerbit Andi sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Referensi
https://omjaylabs.wordpress.com/tag/agus-subardana/
https://id.linkedin.com/company/andi-offset
MASIH BANYAK HAL YANG HARUS DIPEJARI DALAM MEREANGKAI KATA DEMI KATA,JADI SELALU SEMANGAT UNTUK BELAJAR
SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI
Paket lengkap, mantap jiwa
BalasHapusTerimakasih, salqm literasi
HapusKeren banget resumenya Bunda Sri
BalasHapusTerimakaaih bu, slam literasi
HapusDitengah kesibukan namun tidak mengurangi kualitas bobot tulisan, keren patut ditiru. Wowo terdapat daftar pustaka. Tercantum sumber tulisan. Sungguh tulisan yang dapat dipertanggungjawabkan .
BalasHapusWah kereeen banget ini bunda Sri🤩
BalasHapusLuar biasa.ada referensi pula kereen
BalasHapusSalam literasi..mantap Bun, lengkap dan informatif.
BalasHapusLanjut semangat sukses slalu
BalasHapusBu Sri keren selalu tampilannya dan juga isinya
BalasHapus