Tema yang pertama kali akan ditulis benar - benar sangat manis, menceritakan pengalaman saat menjadi seorang anak kecil. Tantangan menulis ini membuatku teringat pada masa dahulu kala, zaman yang dimana aku dan zamanku tidak mengenal gadget, tinggal di sebuah pulau, yang saat itu listrik pun hanya hidup dimalam hari sampai jam 10- 12 malam, setelah itu mati lagi dan listrik akan menyala kembali sekitar azan subuh. Wah dapat dibayangkan bagaimana rasanya belajar saat listrik mati, apa yang ada dibenak kalian. Nah berdasarkan pengalamanku, jika ada tugas PR bahkan Ulangan, jika lampu mati biasanya sebagai alat bantu menghidupkan lampu, yaitu memakai lampu jadul yang diisi dengan gas atau lebih dikenal dengan lampu petromak. nah nilai seni nya kalo pas lagi bangun pagi ya!!
Dokpri
Untuk kegiatan sekolah seperti biasa sama dengan anak-anak zaman sekarang, banyak hal yang berbeda seiring dengan kemajuan zaman, mulai dari budaya yang masih kental, yang membedakan lagi jenis makanan dikantin tidak ada, yang ada hanya penjual jajanan tradisional, berbicara tentang permainan banyak sekali permainan yang bernuansa tradisisonal seperti petak umpet, lalapean, main kokoceran dan bahan digunakan dari kerang laut masih banyak lagi jenis permainan lainnya yang sekarang sudah punah, yang sebenarnya harus kita lestarikan.
Sepulang sekolah biasanya aku sich ikut-ikutan temen- temen cebur dan mandi dilaut, walau tidak bisa berenang tapi semangat bolangnya begitu kuat,sering banget aku mainnya di laut, ikut temen- temen berenang, ampe mendayung, pulang-pulang eh kenak marah ibu, maklum mungkin aku kategori anak bandel kali ya. kalo lagi surut laut, kegiatan kami berkarang mencari kerang laut, jadi kebanyakan masa kecilku banyak bersama alam, masa yang penuh cerita, penuh kebahagian dan belum mengerti tentang kerasnya sebuah hidup, yang aku tahu hanya kebahagiaan seperti bermain, makan, bersekolah dan bermain lagi dan jika malam mulai tiba barulah aku dirumah istirahat di kasur dengan ditemani sebuah kelambu mungil bersamaku, selamat tinggal masa kecilku, masih banyak cerita tentang masa kecilku yang masih melekat dalam ingatan,hanya bisa mengenangmu tanpa bisa kembali ke masa itu.
Tema : KUNJUNGAN BUPATI BERSAMA CERITA DISEKOLAHKU
Penulis :Sri Wulandari
LOMBA BLOG MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN APA YANG AKAN TERJADI
Tepat azan subuh , segera aku bergegas bangun pagi- pagi, seperti kegiatan rutinitas harianku yaitu menunaikan tugas di sekolah. Pagi ini pun terasa berbeda jam 05.20 harus sampai disekolah, harus cepetan, rasanya terburu-buru. Tapi itulah perintah, bergegas motorku melaju kencang,setelah sampai sekolahku mulai terasa ramai,senyuman candaan anak- anak disekolah menghiasi rasa pagi itu. Tiba-tiba Kruk- kruk ehhh ternyata perutku berbunyi, rasa laperku semakin menjadi jadi, tanpa fikir panjang ada penjual nasi bungkus yang berjual disekitar sekolah, aku mengambil 1 bungkus dan setelah dibayar, bergegaslah menyantap makanan itu, alhamdulillah akhirnya perutku sudah terisi. Alhamdulillah guman hati, Terlontar pertanyaan dari seorang teman,"sudah selesai Bu ?"akupun menjawab," Sudah Bu"kataku. Aku melanjutkan perkataannya,"cepat ya? maklum bu lagi laper, semalam nggak makan malam, ketiduran", ujarku. Sembari menyembunyikan rasa malu. Dengan penuh semangat seketika itu aku, bergegas melihat suasana sekolah dan menuju salah satu pintu kelas, anak-anak, apa kalian sudah makan?'' Tanyaku. "Sudah bu" jawab mereka kompak. Dengan seketika akupun menjawab, "alhamdulillah." mendengar jawanban dari anak-anak aku merasa senang" yuk persiapkan air gelas dan permen!"
Pagi ini adalah pagi yang sangat dinanti -nanti, karena pagi ini, orang besar akan berkunjung ke pulau kecil kami. Beliau adalah bapak BUPATI AHMAD FAUZI bersama wakil bupati beserta jajaran FORKOFIMDA, KADISDIK dan para kepala OPD tiba dipulau kami, 3 juni 2022. Antusias anak didik kami terlihat dari senyuman mereka. Setelah penyambutan bapak bupati, kami para pegawai dihimbau untuk mengikuti pengarahan bersama pak Agus Dwi Saputra, selaku kadisdik kami.
Pertemuan berlangsung bersama jajaran guru dan staff rombongan yang datang. Banyak sekali wejangan yang beliau berikan kepada kami,selaku guru yang ditugaskan dipulau terpencil ini. Mulai dari kendala signal, untuk mengakses program-program yang di luncurkan oleh kemendibud ristek, Absensi SIC yang akan digunakan untuk para pegawai, membahas mengenai NUPTK , Tunjangan kepulauan, SK serta memanfaatkan media sosial secara baik dan benar dan masih banyak lagi pengarahan yang beliaubagikan pada rapat 3juni 2022 bersam kami staff guru.
Beliau juga berkata, terkendala signal akan beliau bahas bersama Kominfo, Peran aktif kita untuk mensukseskan program guru penggerak sangat diperlukan, implementasi merdeka belajar walau dikata sulit namun kita wajib mengikuti program ini, beliau juga berkata perlunya mengassasement lidah kita, selaku guru pendidik. Mari berjuang bersama,menggerakkan program ini, sehingga menghasilkan produk yang semakin baik dalam mendidik anak didik kita. Ada Beberapa patah kata yang membuat saya teringat dengan pak agus, beliau berkata program yang kita bahas ini tidak akan berhasil apa -apa, jika kita tidak bersama- sama berjuang, tidak ada superman disini tapi kita adalah supertim. Sungguh sangat menarik pembahasan beliau. Beberapa jam sambutan beliau, tanpa terasa sesi telah berakhir, dan saya pun tidak tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, untuk memiliki dokumentasi bersama beliau.
Berbicara tentang Webiner giat literasi ini yang dimoderatori oleh lilis Ernawati, dengan Narasumber Hebat bernama Maksimus Masan Kian, Mengenai cv beliau siapa beliau silahkan simak pada akun youtube Fajar Trilaksono Banyak sekali cerita yang sangat menginspirasi pada materi kali ini, dimana beliau berjuang untuk menggiatkan literasi ini dengan niat yang tulus, sungguh sangat mulia hati pak maxim ini, disebuah kepulauan terpenci, tepatnya dipulau flores cerita beliau dimulai, banyak suka duka yang beliau rasakan , jatuh dan bangkit yang selama ini beliau rasakan dengan modal serta niat tulus akhirnya pak maksim mendapatkan seorang penerbit yang beliau sendiri rahasiakan, saat menggiatkan literasi ini dalam sebuah karya buku beliau selalu mengalami kemujuran, dan kemudahan dari deadline dari penerbit boleh dikata sangat dipermudah,samapi ke tahap menjadi sebuah karya yang menghiasi giat literasi dipulau flores, beliau juga menjaarkan bayak sekali pihak yang sangat terlibat dalam hal ini, dengan diberikan dukungan penuh akhirnya pak maxim bis amemperluas giat literasi ini dengan berkolaborasi bersama sehingga membentuk kelompok pendukung, sungguh mulia sekali niat beliau. sukses selalu pak maxim, semoga sukses bersama bapak dipulau flores dengan berkolaborasi penuh dari dukungan pihak terkait di pemerintah daerah di pulau diflores.
Materi webiner ini dapat disimak di channel youtube pak Fajar Trilaksono.
Materi yang sangat menginspirasi dan perlu menjadi contoh keteladann dari beliau, salam sehat dan salam literasi.
Berikut Beberapa dokumentasi materi Webiner bersama Narasumber
GURU SEBAGAI JEMBATAN KESUKSESAN BANGKIT INDONESIAKU 114
Sebagai pendidik mampu mengenali karakter dan kebutuhan murid. bagaimana cara kita memaknai dan menghayati pribadi kita sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar,karena kita tahu diera 4.0 murid - murid kita memiliki cara, gaya sendiri dalam menerima pembelajaran, menjadikan internet sebagai sumber ajar yang utama dan mereka bisa menjangkau pengetahuan sekalipun kita tidak mengajarkan. Walaupun demikian murid-murid masih membutuhkan pendididik untuk menuntun, prilakunya menjadi lebih baik, Karena sejatinya guru tidak bisa digantikan oleh kecanggihan teknologi zaman sekarang. Mengingat bagaimana kita menjadi guru, mengerti kebutuhan murid seperti apa, menjebatani bagaimana caranya agar mencapai tujuan dari merdeka belajar dalam mendidik murid menurut ki hajar dewantara . Memotivasi untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Membuat kelas bersama murid lebih terasa hidup dan menyenangkan boleh dikata gampang-gampag susah. Ada yang bilang susah,ada juga yang bilang gampang semua tergantung dari teknik kita mengajar sebagai seorang guru. Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, meliputi
1. Salah satu caranya menggunakan berbagai metode belajar yang menarik
2.Memotivasi murid meningkatkan semangat belajar adalah semangat ini harus dimiliki oleh gurunya terlebih dahulu, karena suasana kelas gurulah sebagai pelaku utama.
Dari kelas belajar menulis dengan didampingi founder hebat bapak Wijaya Kusuma atau lebih dikenal dengan panggilan Om Jay. Dimulai dari sinilah saya pribadi mengenal tentang perlunya guru untuk selalu belajar sepanjang hayat, selalu belajar berinovasi dan mampu memanfaatkan teknologi tepat guna sehingga guru mampu meninggalkan rekam jejak dalam dunia digital seperti sekarang ini.
3.Mengingatkan kembali cita-cita murid kita kedepannya seperti apa, memberi arahan, memberi gambaran begitu sangat pentingnya sebuah cita-cita yang hadir dalam diri mereka sendiri. Dari situlah jika mimpi mereka dipupuk sedari ini, insyaallah semua akan terarah dengan baik kedepannya dan tidak lepas dari peran orang tua dirumah, jadi perlunya kolaborasi antara murid, guru dan orang tua
agar tujuan anak sekolah itu sudah ada, setidaknya jika di pupuk, diwejangi, diarahkan minat dan bakatnya insyaallah murid didik kita akan menjadi lebih baik dan mampu mewujudkan merdeka belajar yang sesungguhnya sesuai dengan norma-norma agama dan menjembatani dengan perisai Al-Qur'an Insya Allah selamat dunia akhirat. Diharapkan Teknologi ada dalam genggaman dan mampu menjadi pengendali Teknologi yang tepat guna.
Banyak sekali informasi yang sangat menarik dan bermanfaat di kanal SatuGuru, jika tertinggal silahkan klik link di bawah ini.
Berbicara tentang mengajar itu menyenangkan, tidak luput dari rasa dalam diri pendidik itu sendiri, karena kita para pendidik masing- masing memiliki cerita yang berbeda- beda.
Mari kita selalu berinovasi, mampu memanfaatkan teknologi dengan mendukung kurikulum merdeka belajar.
Salah satu caranya download platform merdeka belajar, aktifkan akun belajar.id, Platform merdeka Mengajar menawarkan berbagai fasilitas pembelajaran dengan mengerjakan tugas yang telah diperintahkan pada Platform tersebut, setelah menyelesaikan pelatihan, sertifikat otomatis akan terbit, biasanya masuk di e-mail akun belajar.id yang sudah aktif dan tersinkron secara otomatis.
Tepat pada tanggal 20 mei 2022, indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional atau lebih dikenal dengan HARKITNAS ke- 114. Mari bersatu bersama SATUGURU kita bangkitkan semangat guru dalam diri kita dihari HARKITNAS menuju MERDEKA BELAJAR bersama PLATFOM MERDEKA MENGAJAR, PROGRAM GURU PENGGERAK dan program lainnya yang diluncurkan oleh KEMENDIKBUD RISTEK.
Semoga HARKITNAS KE-114, diharapkan tujuan untuk mampu dan terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong masyarakat indonesia, agar kita mampu bangkit dari sengala keterpurukan selama pandemi covid -19, mari bangkit bersama, bangkit indonesianku bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. BHINNEKA TUNGGAL IKA berbeda - beda namun tetap satu juga yaitu PANCASILA.
Profil Penulis
Sri wulandari, S.Si adalah seorang guru pendidik,yang merupakan staff pengajar di SDN Sapeken 2,yang alhamdulillah lulus ASN PPPK 2021, Berdarah jawa dan bajo, ibu asal tuban senori jawatimur, bapak orang bajo sapeken jawatimur, tempat tinggalku di sebuah kepulauan ujung sumenep jarak tempuh 1malam setengah hari tepatnya, untuk sampai ke lokasi kami, menggunakan kapal laut, jika memakai pesawat jarak tempuh kurang lebih 30 menit. Berdomisili di Desa sapeken, kamp.bukut Rt/Rw 003/Rw 004, karangkongo, kec sapeken, kabupaten sumenep, provinsi Jawa Timur. Bahasa sehari hari kami mayoritas bahasa Bajo, bugis, mandar, sebagian kecil bahasa madura dan jawa.
Pendidikan terakhir di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakakarta (UIN SUKA), Fakultas Saintek, Jurusan Biologi.
Status sudah menikah, memiliki suami yang bekerja di Cruise Ship, Serta memiliki 2 anak ganteng juga cantik lahir dikota gudeg. Penulis tepatnya genap berusia 36 tahun.
Prestasi disekolah pembimbing OSN IPA Tingkat Kabupaten dan Kecamatan, Dan alhamdulillah 2 tahun berturut-turut tahun 2017 dan 2019 SDN SAPEKEN 2 mewakili OSN IPA tingkat kecamatan.
ki hajar dewantara mengatakan: apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya dan bermanfaat bagi manusia didunia pada umumnya.
GURU JUGA BERPERAN DALAM SUKSES NYA SEBUAH CITA-CITA
Menulis secara sederhana adalah kebiasaanku. Mengolah bahasa secara baik mungkin kekuranganku, tetapi untuk berbagi cerita bersama rekan penulis hebat adalah impianku.
Seperti biasa awal masuk dan sekolah efektif telah dimulai pada tanggal 9 bulan April 2022. Berjumpa bersama kalian wahai muridku dengan kisah baru, banyak kegiatan bermanfaat yang kita lakukan bersama. Menelisik kegiatan selama ramadhan seperti pondok ramadhan, kegiatan halal bihalal, kegiatan kecil berbagi kado untuk berbuka, kegiatan memasak bersama murid-murid tercinta, berbuka bersama, bermain bersama dipantai, sampai sholat terawih berjamaah, bagiku kagiatan yang sangat berkesan untuk tahun ini.
Menjadi guru sempurna seperti keinginan murid tersayangku mungkin belum bisa terwujud, tapi gurumu berusaha menemani hari harimu dengan semangat baru, membawamu pada mimpi mencapai cita-cita masa depan kalian kelak. Saat menanyakan apa cita-cita kalian, masih banyak murid berfikir, ada juga merespon cepat dan bahkan masih ada beberapa murid yang belum terfikir akan cita-cita mereka dimasa depan. Fikiranku berkata jika murid ini tidak memiliki cita-cita, besarnya mereka akan seperti apa, dan disini peran guru sangat penting jika kita mampu membuat mereka bermimpi akan cita-cita, setidaknya mereka punya motivasi serta semangat dalam belajar, memberi arahan untuk menata pola fikir dan prilaku mereka terutama adab.
Salah satu contoh yang saya lakukan memberi motivasi dan memberi inspirasi dari kisah diri sendiri, bagaimana jatuh bangunnya menjadi murid yang berprestasi dikelas sampai kejenjang pendidikan tinggi. Semua perlu komitmen dan semangat kuat untuk menjadi seseorang yang bermanfaat kelak, baik untuk diri dan untuk lingkungannya, seperti filosofi ki hajar dewantara. Berbicara Tentang Satu Guru, bisa di akses pada link berikut
Materi webiner nguping - 4 Satu Guru, pada kamis 31 maret 2022 jam 19.30 - 22.00 merupakan materi yang sangat menarik banyak arahan dari para pakar hebat dengan narasumber beliau bernama Dr fahruddin Faiz, S.Ag, M.Ag bersama Dr.Cepi Riyana, M.Pd.
Menurut Dr.Cepi di dalam Merdeka Belajar point penting yang dirangkum, hakikatnya bagaimana pendidikan itu harus harmoins, kemampuan knowledge, skill, pembentukan karakter, dan penanaman ahlak pada Murid.
Guru dan Murid harus memiliki rambu-rambu tentang memaknai Merdeka Belajar agar tidak kebablasan atau salah arah, yaitu terletak pada kunci "Dimana kebebasan tersebut ada batasan dan bertanggung jawab, salah satu contoh: Merdeka Belajar Hasyim Ashari menekankan pada Nilai Etik,Paradigma Etika berupa prilaku. Tidak kalah penting rambu-rambu harus diterapkan agar tepat memaknai arti Merdeka Belajar itu sendiri, Mengacu pada Sila ke-5, Budaya atau kultur, Keimanan yang artinya aturan pada AL-Qur'an sangat diperlukan sebagai perisai dalam memaknai Merdeka Belajar .
Menurut Dr. Faiz didalam memaknai Merdeka Belajar , mari dan atur barisan posisikan teknologi sebagai alat yang mempermudah pekerjaan kita dan Harapan beliau jangan sampai kita sebagai pendidik di peralat oleh teknologi itu sendiri. Seperti Ki Hajar Dewantara dan Hasyim As'ari, sejatinya menjadi seorang guru diharapkan mengajar dari hati ke hati dan mari belajar hati-hati karena sejatinya peran pendidik tidak bisa diganti oleh teknologi.
Penguasaan Teknologi harus betul-betul bijak, bukan hanya sebagai alat yang bisa memperbudak penggunanya, namun lebih ke hal kebaikan, semoga Teknologi ini mampu mendekatkan kita kepada kebaikan dan mendekatkan pada sang maha pencipta sesuai tuntunan agama, tutur Dr.Cepi
Memotivasi semangat belajar Murid, setiap guru memiliki tips dan trik yang berbeda di setiap guru untuk mengajar dan mencerdaskan anak didik bangsa. Menjadi guru yang mampu menampilkan sumber belajar yang bervariatif adalah salah satu cara guru untuk mewujudkan merdeka belajar. Salah satu contoh mengenal karakteristik murid dalam menerima pembelajaran sangat diperlukan oleh murid kita. Mengenal karakteristik murid cukup beragam dan sebagai seorang guru wajib bijak, gaya belajar beragam murid wajib kita fahami contohnya:
1. Gaya belaja visual
Karakter murid yang lebih mudah mengenal belajar dengan melihat visualisasi materi.
2.Gaya belajar Auditori
Karakteristik murid yang belajar lebih mudah dengan mengandalkan pada sistem pendengaran dan mampu membahasakan materi dengan bahasanya sendiri
3. Gaya belajar kinestetik
Gaya belajar yang berfokus pada pembelajarannya dilakukan secara langsung misalnya latihan soal dan praktikum
4. Gaya Belajar Baca serta Tulis
Gaya belajar yang berfokus pada membaca dan menulis, contohnya latihan soal dan membuat rangkuman materi
Untuk menjadi guru yang mampu menciptakan suksesnya merdeka belajar guru diharap mampu melakukan dan terus berusaha dalam berinovasi agar guru mampu menciptakan pembelajaran lebih baik lagi, dan guru perlu dituntut untuk memiliki ketrampilan dalam penguasaan teknologi. Dalam kelas pelatihan menulis bersama Om Jay dan PGRI berupakan salah satu contoh bukti nyata guru untuk selalu berinovasi.
Pesan Ki hajar Dewantara:ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Artinya Di depan seorang pendidik harus memberi teladan dan contoh tindakan yang baik
Di tengah dan diantara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide
Dari belakang seorang guru harus memberikan dorongan dan arahan
Bangkit guruku,maju negeriku, indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh
Profil Penulis
Sri wulandari, S.Si adalah seorang guru pendidik,yang merupakan staff pengajar di SDN Sapeken 2,yang alhamdulillah lulus ASN PPPK 2021, Berdarah jawa dan bajo, ibu asal tuban senori jawatimur, bapak orang bajo sapeken jawatimur, tempat tinggalku di sebuah kepulauan ujung sumenep jarak tempuh 1malam setengah hari tepatnya, untuk sampai ke lokasi kami, menggunakan kapal laut, jika memakai pesawat jarak tempuh kurang lebih 30 menit. Berdomisili di Desa sapeken, kamp.bukut Rt/Rw 003/Rw 004, karangkongo, kec sapeken,kabupaten sumenep, provinsi Jawa Timur. Bahasa sehari hari kami mayoritas bahasa Bajo, bugis, mandar, sebagian kecil bahasa madura dan jawa.
Pendidikan terakhir di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakakarta (UIN SUKA), Fakultas Saintek, Jurusan Biologi.
Status sudah menikah, memiliki suami yang bekerja di Cruise Ship, Serta memiliki 2 anak ganteng juga cantik lahir dikota gudeg. Penulis tepatnya genap berusia 36 tahun
Tema : Pengelolaan Blog kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa
Tanggal :Kamis, 28 April 2022 pukul 14:00 WIB
Pertemuan: ke-9
penulis : Sri Wulandari
Pada pertemuan ke-9, di kelas Inovasi Pembelajaran yang pada pertemuann ini, dinarasumberi oleh tokoh, pelopor, seorang Founder Menulis PGRI IGTIK siapa yang tidak kenal beliau, beliau seorang pemimpin Yang inspiratif , baik didalam rumah tangga beliau, di group maupun organisassi yang beliau pimpin seperti Komunitas menulis PGRI Beliau bernama" Dr Wijaya Kusuma, M.Pd kerap dipanggil dengan OM Jay" dan ditemani seorang ibu hebat, berbakat dan aktif sebagai Narasumber baik dalam kelas inovasi pembelajaran maupun Public Speaking, beliau adalah bu Rifatun.
Untuk mengetahui lebih dalam lagi siapa beliau "OM jay" dapat ditemukan dalam mesin pencarian Google. Alamat Website : https://www.wijayalabs.com ; https://gurupenggerakindonesia.com dengan Email : wijayalabs@gmail.com dan Wijayalabs@yahoo.com. Tentang beliau , prestasi beliau , keorganisasian beliau, penulis yang aktif, yang sangat banyak sekali jika diuraikan Siapa beliau, Bagi saya beliau adalah Gurunya Guru, tokoh inspiratif yang suka menebar kebaikan.
Tema yang diangkat" Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampila Menulis" baik Guru maupun Siswa. Dimana materi ini membahas bagaimana pengelolaan blog kolaboratif, langkah-langkah mengeola blog di internet, apakah blog dapat dijadikan media pembelajan untuk meningkatkan ketrampilan siswa dan guru, justru sangat menarik, yuk selanjutnya materi kita mulai.Hasil review Ulang Webiner Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampila Menulis" baik Guru maupun Siswa.
https://youtu.be/TzdPOzqDmdU
Inovasi yang beliau sudah buktikan dengan tema yang diusung, tujuan dan sasaran utama adalah guru dan siswa , dimana terdapat 3 permasalahn yang melatar belakangi penelitian ini, yang dimulai hampir 10 bulan penelitian, memberikan tugas mandiri, Tugas TIK, Posting di Blog bisa dilihat pada review youtube pada link diatas.Pendahuluan, rumusan masalah denagn rancangan blog kolaborasi siswa dan guru secara online,penelitian rancangan bisa dlihat pada gambar, bagaimana pembagian Siklus CAR, Hasil kolaborasi dengan siswa menghasilkan maha karya sebuah buku, bisa melihat hasil penelitian beliau pada grafik dimana peran guru untuk mengajak siswa suka menulis sangat dipentingkan serta keterlibatan semua keluarga besar disekolah baik para guru, kepala dan perangkat pendukung lainnya.
Jika mengalami kendala materi bisa disimak di youtube Fajar Trilaksono
Beliau adalah sosok yang selalu memotivasi para guru guru hebat, sehingga tidak jarang beliau banyak mencetak para guru multitalenta, menemui kesuksesannya sesuai bidangnya. Sepakat seperti kata Mr. Bams bahwa om jay adalah orang hebat yang menghasilkan orang-orang hebat pula. Menulis adalah senjatanya guru, agar kita bisa terdokumentasi apalagi di abad ini kita dituntut harus terus belajar tanpa memandang usia, selalu berinovasi mampu berkolaborasi sehingga mampu memnjadi guru inspiratif seperti yang telah Om Jay contohkan pada webiner ini. Om jay Adalah sosok Gurunya Guru Inspiratif.
Pertemuan ke-7 merupakan materi yang sangat bermanfaat dengan tema"Metode Pengajaran dengan Metode Robbani dan Keteladanan Guru Yang Cerdas, Inovatif, dan Bertaqwa"dengan ditemani narasumber bernama"Umar Sutrisno, S.Pd" yang menjadi permasalahan yang dibahas Narasumber,Apa sich RKIT itu, dan Bagaimana Penerapan Metode RKIT dalam pembelajaran.
CV Narasumber
Beliau bernama Umar Sutrisno,S.Pd, lahir dikota kediri tanggal 11 Februari 1971, seorang guru IPA, pendidikan terakhi S1 UNMUL, Fakultas FKIP Jurusan FIsika, beliau bekerja sebagai seorang gurub sekitar 28 Tahun berpangkat Pembina, Golongan 1V A.
Apa itu RKIT ?
RKIT adalah Robbani, Keteladanan, Inovatif dan Teknologi
Apa Itu Metode ?
Metode adalah Cara pengajaran
Apa Itu Rabbani?
Rabbani adalah pendekatan melalui keyakinan terhadap Allah
Apa Itu Keteladan?
Keteladanan yang dimaksud adalah contoh-contoh yang harus di ikuti(kegiatatan dalam bentuk perilaku sehari-hari)
Apa Itu Inovatif?
Inovatif artinya banyak ide dan gagasan yang baru dan menarik dengan menggunakan teknologi komputer
Pendidikan Keteladanan Bagi Kehidupan Manusia
Metode Keteladanan ini sangat berpengaruh dan terbukti paling berhasil dalam mempersiapkan dan membentuk aspek moral, spiritual dan etos social anak.
wujud prlaku dalam sehari-hari contohnya: Performa guru cara berbicara yang sopan, meminta maaf, mengucapkan terimakasih,menhargai pendapat orang lain, menaati tatatertib, menepati janji, berpakaian rapi dan bersih, memberikan penghargaan kepada yang berprestasi,mendamaikan.
Berikut kelanjutan materi saya dalam link berikut.
https://youtu.be/Xvpl5G4bYbM
Bagi yang tertinggal silahkan menyimak video dibawah ini
Banyak pertanyaan dan materi ini telah dibahas secara detail oleh narasumber kita, Semoga MeTode RKIT dapat juga kita praktikan tentunya.
Beberapa hasil dokumentasi pribadi penulis lampirkan
gambar webiner bersama narasumber dok.pri
Semoga Bermanfaat
#KelasInovasi
#PGRI
# Materi15April.pertemuan ke-8
SALAM SEHAT DAN SALAM LITERASI, MENUJU INDONESIA MAJU
Mengenal Dunia Blog hampir dikata mustahil, tapi takdir mempertemukanku denganmu, Tak kenal maka tak sayang, istilah yang cukup familier didengar. Untuk tau, harus mengenalinya terlebih dahulu bukan. 6 bulan terhitung april membuat blog , gampang -gampang susah di rasa berbekal otodidak dan tutorial di youtube masih juga mengalami kendala dalam menggunakan blog ini. Berbekal pelatihan blog dasar, sangat manjur dan mampu memberi pencerahan kepada kami para bloger pemula. Kegiatan pelatihan yang dinarasumberi dengan narasumber "RAIMUNDUS BRIAN PRASETYAWAN"dengan Tema, PELATIHAN BLOG DASAR materi sangat menarik tentunya. seorang guru yang energik dan penuh semangat dengan segudang prestasi. RAIMUNDUS BRIAN PRASETYAWAN beliau adalah seorang guru SD, memiliki penerbitan sejak juli 2020, membentuk komunitas guru blogger,selalu menjadi narasumber di beberapa pertemuan, beliau merintis pelatihan di PGRI sebagai peserta kemudian menjadi narasumber dan pengurus, seorang kurato antologi membuat kelas pelatihan blog dengan segudang prestasi lainnya. Prestasi yang sangat membanggakan.
Materi yang dilaksanakan secara virtual zoom, sangat membantu kami dalam menata blog secara benar. adapun materi yang dibahas yaitu pertam tama beliau memberikan modul dan dilanjutkan dengan pelatihan blog dasar secara zoom.
Di dalam modul ada materi tentang
1 Pengertian Blog
2 Bagian-bagian blog
3 Cara membuat blog
4 Cara menulis di blog
5 Mengenal tools/fitur pada halaman menulis
6 Cara mengedit Tulisan setelah diposting
7 Cara share postingan blog ke medsos
Syarat peserta mendapat sertifikat 32 jam yaitu:
1. Sudah mengikuti pembiayaan
2. Sudah follow instagram. Bukti sudah follow,
http://www.instagram.com/brianprasetyawan
3. membuat postingan (tulisan) di blog tentang pengalaman mengikuti pelatihan kelas dasar blog.
Syarat no 3 akan menunjukkan bahwa sudah:
- memiliki blog
- bisa menulis di blog
- bisa share link postingan blog dengan tepat
Jika teman teman tertinggal di group pelatihan kemaren silahkan buka link dibawah ini
Aku pun tidak ingin tertinggal dalam bertanya, mulai dari label dan seputar kendala blog aku. ditengah kegiatan padat dirumah tetap menyempatkan mengikuti pelatihan ini. Alhamduillah ternyata kendala yang selama ini dialami, sudah terjawab oleh masternya. Trimakasih banyak pak Brian semoga ilmu yang beliau sampaikan, bisa membuat blog kami semakin cantik dan menarik. Ilmu yang beliau berikan kepada kami semoga menjadi amal jariyah dan selalu berkah.
Gaya adalah suatu kekutan yang mengakibatkan benda yang dikenainya mengalami gera, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk.
gaya juga dapat diartikan sebagai gerakan menarik atau mendorong, yang mampu mempengaruhi keadaa suatu benda.
Macam-maam gaya
1.gaya otot
2.gaya pegas
gaya listrik statis
4. Gaya Magnet
5.gaya gravitasi
6.gaya gesek
1.gaya otot adalah gaya yang dilakukan oleh gerakan otot kita, contoh: saat mendorong meja, menarik pintu
2. gaya pegas adlah gaya yang dihasilkan dari pegas atau karet, contoh: kegiatan memanah
3.Gaya listrik statis adalah gaya yang dimiliki benda bermuatan listrik, contoh; menggosokkan penggaris plastik ke rambut serta dekatkan ke potongn-potongan kertas kecil.
4.gaya magnet adalah gaya yang menyebabkan semua benda dibumi akan jatuh ke tanah, contoh:kelapa tua jatuh, mangga masak yang jatuh dari tangkainya
5.gaya Gesek
gaya gesek dihasilkan dari gesekan antara 2 benda, contoh: telapak kaki menyentuh lantai saay berjalan.
Pengertian Gerak
Gerak merupakan perubahan tempat , gerakan berpindah tempat. Dikatakan bergerak jika benda berpindah dari posisi awal
sifat-sifat gerak
Gerakan mendorong meja, kita mengacu pada posisi awal dinamakan gerak relatif atau gerakannya bersifat menjauh posisi tubuh., terjadi perubahan posisi meja setelah di dorong.
Selanjutnya apa yang terjadi saat meja ditarik, jawabannya meja tersebut akan bergerak
nah terus bagaimana dan apa yang terjadi pada meja saat ditarik? jawabnnya meja tersebut akan kembali ketempat semula brgerak mundur menuju subjek atau mendekati orang yang menariknya. . jadi gerakannya bersifat mendekat.
Perbedaan Gaya dan Gerak
Gaya dan gerak
1. Gaya mampu menyebabkan benda bergerak, gerak disebabkan adanya gaya
2.Gaya mempengaruhi bentuk benda baik berupa tarikan maupun adanya dorongan, sedangkan gesek tidak mempengaruhi bentuk benda
3. Adanya gaya menyebabkan benda bergerak, sedangkan benda bergerak belum tentu memiliki gaya
4. Gaya dipengaruhi oleh gerak, sedangkan gerak tidak dipengaruhi oleh gaya
Berkreasi lewat Youtube dan Blog bersama Narasumber Rita Wati, S.kom, sangat menantang kami sebagai seorang guru, lebih -lebih guru di era 2022 harus penuh dengan inovasi, kreatif dan harus terus belajar dan berkarya serta belajar sepanjang hayat agar bisa dikenang, dalam dunia digital.
PROFIL NARASUMBER RITA WATI S.Kom
Untuk mengetahui dan mengunjungi siapa beliau, banyak sekali ditemukan pada mesin pencarian google. Salah satunya bisa mengunjungi
http://www.ritapinang.my.id/
https://www.cikgurita.com
https://catatangurumilenial.wordpress.com/
Berkreasi lewat youtube dan blog, link https://youtu.be/KKNzHPmIfi4
Materi yang sangat menarik dan Unik, Beliau berbagi banyak hal mulai dari belajar membuat video pembelajaran dengan canva, cara merubah tema di blog sesuai dengan tema pilihan yang diinginkan, serta berbagi saran dan tips agar media pembelajaran dalam blog maupun di youtube selalu dilakukan, biarkan apa adanya tutur narasumber hebat kita. Banyak sekali ilmu yang diperoleh dari webiner BERKREASI LEWAT YOUTUBE DAN BLOG RITA WATI, S.KOM, jika sahabat pembaca tertinggal mengikuti materi, berikut tampilan link youtubenya. banyak sekali respon dari para peserta termasuk saya tentunya, terimaksih bu Rita, sukses selalu untukmu. Semoga kelak bisa sehebat Beliau, aamiin.
Kelas Inovasi IGTIK PGRI is inviting you to a scheduled Zoom meeting.